Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Peribahasa dalam Bahasa Inggris

Peribahasa dalam bahasa Inggris

Peribahasa dalam Bahasa Inggris – Dalam bahasa Indonesia, kita mengenal “Lempar batu sembunyi tangan”, atau “Karena nila setitik, rusak susu sebelanga” dan peribahasa lainnya. Peribahasa merupakan ungkapan yang secara tersirat menyatakan suatu maksud tentang nilai-nilai kehidupan sosial dan kehidupan sehari-hari. Bagi kamu yang sekolah di Indonesia, pastinya paham donk, apa dan bagaimana peribahasa, karena tentu materi ini diajarkan dalam pelajaran bahasa Indonesia. Lalu bagaimana dengan peribahasa dalam bahasa inggris?

Bicara soal ungkapan, dalam bahasa inggris dikenal beberapa jenis ungkapan. Ada yang namanya quotes atau quotation, saying, proverb. Apa saja pengertian ketiganya? Yuk kita ulas lebih lengkap.

QUOTE

Istilah ‘quote’ merupakan noun (kata benda) yang digunakan untuk mewakilkan rangkaian kata yang dikatakan atau ditulis oleh seseorang, yang biasanya ada sumber asli dalam quote tersebut. Maka, biasanya kita mengenal quote dengan kutipan, karena quote umumnya menggunakan tanda petik “..” yang juga disebut ‘quotation’ untuk menunjukkan bahwa kalimat tersebut dikutip dari perkataan seseorang, dan bukan perkataan saya. Misalnya: “Friends should be like books, few, but hand-selected (C. J. langenhoven)”

Sebuah quote bisa berupa frase, kalimat atau paragraf. Quote bisa saja dikutip dari buku, pidato seseorang, pernyataan resmi, ataupun perkataan informal. Biasanya, quote diambil dan diulang-ulang karena maknanya yang bermanfaat, penting atau menginspirasi, atau bisa juga quote ini pertama kali ditulis ulang oleh seseorang yang terkenal sehingga quote tersebut digunakan oleh banyak orang.

Contoh quote yang diambil dari beberapa movies:

“A boy’s best friend is his mother”  ~Norman Bates/Anthony Perkins (Psycho)

“It’s a fool looks for logic in the chambers of the human heart.” ~Everett/George Clooney (O Brother, Where Art Thou?)

“I’m Ready, I’m Ready, I’m Ready…” ~Spongebob Squarepants

“You control your destiny — you don’t need magic to do it. And there are no magical shortcuts to solving your problems” ~Merida (Brave)

“A true hero isn’t measured by the size of his strength, but by the strength of his heart.” ~ Zeus (Hercules)

“Today is a good day to try” ~ Quasimodo (The Hunchback of Notre Dame)

“Happiness is the richest thing we will ever own” ~ Donald Duck

SAYING

Sedangkan istilah “saying” bisa diartikan sebagai ungkapan terkenal, singkat, mengandung makna tentang kebijaksanaan dan kebaikan. Saying biasanya merupakan konotasi, dimana kalimat tersebut memiliki arti yang berbeda dari arti kata jika diartikan satu per satu. Ekspresi yang satu ini biasanya digunakan untuk menyampaikan suatu kebenaran ataupun saran tentang kehidupan. Contoh: “Blood is thicker than water” artinya, hubungan darah (keluarga) adalah yang paling kuat dan paling penting.

Ada banyak tipe dari saying, yaitu: Aphorism, Adage, Cliche, Epigram, Epithet, Gnome, Idiom, Mantra, Maxim, Motto, Proverb, Platitude, Quip, Saw, dan Witticism. Berikut ini contoh dari saying:

  • Try not to become a man of success, but rather try to become a man of value (Albert Einstein) / Jangan hanya berorientasi sukses, tapi bagaimana kita bisa bermanfaat untuk orang lain.
  • Ask not what your country can do for you. Ask what you can do for your country (John F. Kennedy) / Jangan tanyakan apa yang negara ini berikan pada mu, tapi tanyakan apa yang bisa kamu lakukan untuk negaramu.
  • A good beginning makes a good end (Loius L’Amour) / persiapan yang baik akan menjadikan proses dan hasil yang baik pula.
  • Many hands make light work (John Heywood) / kerja bersama-sama membuat pekerjaan menjadi ringan.

PROVERB

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa proverb merupakan bagian dari saying. Proverb berasal dari bahasa Latin Proverbium. Proverb berarti peribahasa, kalimat atau frasa singkat yang populer di kalangan masyarakat. Seperti saying, proverb berisi saran kebaikan, hal-hal inspirasional, kebijaksanaan. Contoh proverb:

  • The apple never falls far from the tree / anak-anak karakternya tidak jauh dari orang tua mereka
  • All cats love fish but hate to get their paws wet / semua orang ingin sukses, tapi mereka malas bekerja dan tidak disiplin
  • Bloom where you are planted / daripada selalu memulai sesuatu yang baru, lebih baik mengembangkan dan meneruskan apa yang telah dimulai
  • Every cloud has a silver lining / setelah hal-hal buruk akan selalu ada hal-hal baik

Nah, sob kampung inggris, itu dia berbagai jenis Peribahasa dalam Bahasa Inggris. Sama seperti saat kita belajar menghafal pepatah dan peribahasa dalam Bahasa Indonesia, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Semakin banyak membaca, semakin banyak menulis, semakin banyak berdiskusi, lama kelamaan kita akan banyak tau tentang quotes, saying dan proverb. Ganbatte!

Baca juga: 8 Idioms about World

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *