Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Perlunya Mempelajari Sinonim

writing tips

Perlunya Mempelajari Sinonim – Belajar bahasa inggris tidak bisa dilakukan setengah setengah. Artinya, kita tidak hanya bisa jago speaking saja tanpa belajar aspek lain seperti grammar, vocab, dan pronunciation. Oleh karena itu kita perlu memperlajari semua materi dalam bahasa inggris. Di beberapa lembaga kursus di Indonesia sudah menerapkan sistem paket belajar lengkap seperti itu, salah satu contohnya adalah LC Kampung Inggris. Bukan hanya LC, namun juga ada banyak lembaga yang mulai menerapkan sistem belajar menyeluruh. Di antara berbagai materi bahasa inggris, vocabulary merupakan fondasi penting untuk membuat sebuah pidato, kalimat, atau essay. Oleh karenanya, sangat penting mempelajari vocab dalam bahasa inggris. Salah satu tips agar kita bisa cepat belajar vocab adalah dengan mengetahui berbagai sinonim.

Sinonim , secara bahasa artinya persamaan kata. Jika kita sesekali berjalan-jalan di kamus bahasa inggris, kita akan mendapati beberapa kata yang artinya sama persis. Nah, kata-kata tersebut lah yang dinamakan sinonim. Dalam bahasa indonesia, contoh sinonim adalah: harum – wangi, sedih – duka, senang – bahagia dan lain sebagainya. Sedangkan beberapa contoh kosa kata yang memiliki sinonim yaitu:

highbrow intellectual
hint trace, tip
hole gap
home domestic
homicide murder
incidentally by the way
inconsiderate thoughtless
indisputable indeniable
infamous notorious
infantile childish
infect contaminate
lacking missing
last final
leading main
learn memorize
legitimate valid, lega
lethal deadly
liveable habitable
livid furious
mimic imitate
mind intellect
mindless senseless
minimize play down
mirror reflect
about approximately
abstract summary
accomplish achieve
accumulate build up
administer manage
admit confess
almost nearly
animated lively
annoy irritate, bother
answer reply

Mengapa Harus Mempelajari Sinonim?

Mempelajari sinonim bisa dikatakan susah susah gampang, karena kita hanya perlu mencari informasi sinonim di dalam kamus, namun juga kita harus menghafalnya agar bisa menggunakan sinonim tersebut dalam tulisan atau percakapan kita. Kalau kamu tidak mau menghafal, cara lainnya adalah dengan menggunakannya sesering mungkin. Karena setelah terbiasa kita tidak perlu lagi berpkir lama untuk menggunakan sinonim tersebut. Lalu, untuk apa sih sebetulnya kita mempelajari dan menghafal sinonim? Bukankah artinya sama saja? Mengapa kita tidak menggunakan salah satu saja agar lebih simpel? Pertanyaan yang bagus, dan mari kita temukan jawabannya melalui penjabaran berikut ini:

1. Memperkaya Kosakata dan Membuat Tulisan yang Enak Dibaca

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk menuju gelar jago berbahasa inggris, kita harus melewati tahapan belajar yang cukup panjang. Mulai dari mengenal huruf, angka dan kata dalam bahasa inggris, hingga belajar berbicara atau berpidato. Namun, pernahkah kamu membayangkan bahwa tulisan sepanjang apapun terdiri dari ratusan, ribuan bahkan jutaan kata. Oleh karena itu, sebelum kita bisa berbicara panjang lebar dalam bahasa inggris, kita perlu belajar tentang vocabulary atau kosa kata dalam bahasa inggris. Ibarat batu bata yang menyusun bangunan, vocab lah yang menjadi batu bata bagi sebuah tulisan. Nah, dalam membuat tulisan aada nilai estetika juga atau bagaimana feel pembaca saat melihat tulisan kita. Apakah tulisan kita enak dibaca? Atau sebaliknya? Salah satu syarat tulisan yang baik adalah tidak terlalu banyak mengulangi kata dan kalimat. Agar tidak terlalu banyak mengulangi satu kata padahal kita membutuhkan voca tersebut, maka kita menggunakan sinonimya. Inilah mengapa kita perlu belajar sinonim, agar kita kaya akan kosa kata.

2. Speaking English

Sama halnya dengan tulisan, apa yang akan kamu bicarakan juga terdiri dari kata demi kata. Ketika memberikan presentasi atau pidato, tentu akan lebih indah didengar jika kita tidak mengulang-ulang kata yang sama. Karena pasti pendengar akan menjadi bosan. Inilah juga mengapa sangat penting kita belajar sinonim. Ketika speaking, pilihan kita hanya ada dua jika tida mempelajari sinonim: 1) kebingungan mencari sinonim atau 2) membiarkan speech kita membosankan karena terus mengulang kata yang sama.

Baca juga cara belajar listening yang baik: Meningkatkan Kualitas Listening

Sooo, marilah mulai sekarang rajin-rajin membaca kamus bahasa inggris agar bisa mempelajari sinonim demi sinonim. Demikian info penting Perlunya Mempelajari Sinonim. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua 🙂

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

5 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *