Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Permainan Asik untuk Belajar Bahasa Inggris

Permainan Asik untuk Belajar Bahasa Inggris

Permainan Asik untuk Belajar Bahasa Inggris – Siapa bilang belajar bahasa inggris harus selalu serius? Dengan sedikit permainan, belajar jadi serasa bermain lho. Kalau kamu guru bahasa inggris, bisa coba berbagai permainan ini untuk dipraktikkan dalam kelas bahasa inggris Anda:

1. Call My Bluff

Bluff, berarti berpura-pura. Namun dalam permainan call my bluff, tidak ada makna negatif di dalamnya. Sebelum mengenal teknis permainan ini, perlu sahabat Kampung Inggris ketahui nih, kalo games ‘call my bluff’  awalnya adalah acara TV game show di US. Namun kita jug bisa memainkannya di kelas kok untuk ice breaking  ataupun  untuk belajar vocab baru. Selain belajar vocab, call my bluff juga bagus untuk kemampuan speaking siswa, karena mereka juga bisa mengucapkan deskripsi kata di depan kelas. Sehingga, Anda, atau sebagai guru bahasa inggris bisa mengomentari pronunciation mereka.

Jenis Permainan: Ice Breaking, speaking, vocabulary

Peserta: Semua umur

Teknis  permainan:

  • Sebaiknya Anda membagi kelas menjadi beberapa kelompok, sehingga mereka bisa berkompetisi skor antar kelompok.
  • Pertama-tama, tentukan terlebih dahulu satu kata yang sekiranya asing bagi peserta.
  • Selanjutnya, buatlah 3 statement (deskripsi) dari vocab/kata yang Anda tentukan sebelumnya. Buatlah 2 statement yang salah, dan satu statement yang benar. Misalnya, Anda memberikan kata “rain”. Statement yang benar: “The rain comes heavily that I can’t see the road well”, sedangkan statement yang salh: “I need rain to write a letter” “The rain that my mom bought is blue”
  • Tuliskan ketiga statement tersebut di papan tulis beserta kata yang dideskripsikan. Lalu minta peserta untuk menebak, sekaligus alasannya. Misal: “It can’t be the statement number 2, because…” “It couldn’t be number 3, because…” “It must be number 1, because…” dan pastikan semua penjelasannya dalam bahasa Inggris, untuk melatih speaking.
  • Setiap kelompok yang menjawab benar akan mendapat poin, sedangkan yang tidak bisa menjawab atau  jawabannya salah, tidak mendapat poin.
  • Kelompok dengan Poin terbanyak adalah kelompok pemenang.
  • Selesai permainan, Anda bisa mereview vocab ataupun memberi saran terhadap speaking peserta.

2. Pictionary

Pictionary, picture dictioanry, adalah permainan untuk belajar bahasa inggris yang tidak membosankan. Anak-anak akan suka permainan ini karena sangat menyenangkan. Sedangkan anak-anak remaja tidak akan merasa mereka sedang belajar bahasa inggris karena serunya pictionary. Sedangkan untuk siswa orang dewasa, akan memberi suasana baru dalam belajar bahasa inggris. So, Anda bisa menggunakan games vocab ini untuk siapa saja, semua umur. Mengapa disebut games vocab? Tentunya karena pictionary melatih peserta untuk mengingat kembali vocab-vocab yang pernah dipelajarinya, dengan cara yang  berbeda.

Jenis permainan: Vocabulary

Peserta: Semua umur

Teknis permainan:

  • Pertama-tama, siapkan banyak kata/vocab dalam bahasa inggris, bisa Anda buat dalam bentuk kartu atau gulungan, lalu masukkan ke dalam kantong.
  • Bagi peserta menjadi 2 kelompok
  • Selanjutnya, minta satu peserta dari salah satu kelompok untuk mewakili kelompoknya untuk maju dan memilih vocab. Peserta tersebut harus mendeskripsikan vocab yang dipilih dengan cara menggambar di papan tulis.
  • Lalu anggota kelompoknya harus menebak deskripsi yang digambar oleh perwakilannya dengan dibatasi waktu yang Anda tentukan sendiri.
  • Pastikan perwakilan kelompok yang menggambar di depan tidak mempraktikkan ataupun berbicara.
  • Kelompok yang bisa menebak  dalam tenggat waktu yang diberikan akan mendapat poin, dan sebaliknya bagi kelompok yang  tidak bisa menebak dengan benar.
  • Lalu berikan kesempatan untuk kelompok kedua.
  • Anda bisa merolling perwakilan peserta dari masing-masing kelompok agar semua peserta bisa merasakan bagaimana mendeskripsikan vocab.

3. What’s my problem?

Games yang satu ini sangat bagus untuk melatih peserta memberikan saran (giving advice expression). Namun permainan what’s my problem ini sebaiknya diberikan  setelah Anda memberikan materi tentang vocab dan expression of giving advice. Selanjutnya, permainan ini bisa menguji ingatan dan pengetahuan mereka tentang materi yang Anda berikan tersebut.

Jenis permainan: Speaking, Listening, Giving Advice

Peserta: Semua umur

Teknis permainan:

  • Tulislah permasalahan yang sudah Anda tentukan sebelumnya di stiky note, lalu tempelkan di bahu masing-masing peserta, sehingga masing-masing peserta tidak tau masalahnya sendiri.
  • Selanjutnya, semua peserta dibagi agar berpasang-pasangan.
  • Dalam satu pasangan, orang pertama akan memberikan saran dalam bahasa inggris kepada partnernya sesuai masalah yang ada di punggung temannya.
  • Selanjutnya, partner  orang pertama harus menebak masalah apa yang ia punya jika dilihat dari saran/advice yang diberikan orang pertama.
  • Anda bisa membuat permasalahan yang sulit agar permainan lebih menantang. Namun untuk anak-anak, Anda bisa berikan masalah yang simpel.

Nah, itu dia Permainan Asik untuk Belajar Bahasa Inggris yang bisa kamu praktikkan. Semoga bermanfaat 🙂

Jangan lewatkan tips belajar menarik: 5 Tips Belajar Bahasa Asing

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *