Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Pidato Bahasa Inggris, Siapa Takut?

weekly meeting LC kampung Inggris

Satu-satunya cara agar kita jago speaking bahasa inggris adalah dengan bicara. Just Speak up! Inilah yang menjadi semangat sahabat LC Kampung Inggris untuk  hadir dalam agenda rutin weekly meeting LC yang biasa diadakan tiap hari sabtu pagi. Weekly meeting merupakan bagian dari ekstra program yang disediakan oleh LC untuk menambah ruang bagi siswa dalam mengaplikasikan bahasa inggrisnya. Selain itu, weekly meeting juga diharapkan bisa mempererat persaudaraan di antara keluarga besar LC karena semua siswa dapat berkumpul dalam suasana yang lebih santai.

Kali ini, weekly meeting LC memberi kesempatan pada siswa untuk berpidato dalam bahasa inggris. Acara yang diadakan selama satu setengah jam ini dipandu langsung oleh tutor speaking LC. Para siswa diminta mempersiapkan teks pidato mereka selama beberapa hari sebelumnya, kemudian menyampaikannya di hadapan siswa LC lainnya . Siswa diberikan kebebasan untuk memilih tema pidato yang akan disampaikan agar mereka lebih nyaman dan menguasai materi. Karena dalam berpidato, pembicara harus memahami isi materi yang disampaikan untuk memberi hasil yang baik.

Dengan adanya latihan pidato atau speech ini akan membiasakan siswa tampil di depan umum dalam bahasa inggris. Karena speech tidak hanya soal percaya diri, siswa juga dituntut mempersiapkan speechnya dengan baik. persiapan yang dilakukan sebelum hari H pidato dimulai, siswa membuat teks pidato dalam bahasa inggris. Dimulai dengan mencari tema, kemudian siswa membuat mind map dengan tema yang sudah dipilih. Mind map merupakan metode pengembangan ide agar lebih mudah membuat, memahami, dan mengingat poin-poin yang dikembangkan dari satu tema. Selanjutnya, dari mind map ini siswa membuat teks pidato. Selama beberapa hari, siswa kemudian latihan pidato yang biasanya dilakukan bersama siswa lainnya di camp LC.

Menurut Mr. Imam, salah satu tutor LC, dalam mempresentasikan sesuatu dalam bahasa inggris, hal penting yang harus diingat yaitu: Pertama, persiapkan materi sebaik mungkin. Inilah mengapa di LC Kampung Inggris, siswa diajarkan membuat mind map agar mereka bisa lebih mudah menguasai materi. Dengan penguasaan materi, kita akan lebih pede dalam berpidato atau presentasi. Kedua, penampilan prima.  Karena setiap mata akan tertuju padamu, maka pastikan penampilan kamu tidak mengganggu pandangan banyak orang. Penampilan yang dimaksud mulai dari pakaian, tata rambut atau jilbab, ekspresi wajah, dan sebagainya. Ketiga, Buatlah waw effect dengan gerakan tubuh sehingga semua audiens melihat kita untuk mengembalikan konsentrasi mereka. Waw effect juga bisa dilakukan dengan mengatur volume dan intonasi suara kita. Intinya adalah, kita harus sepandai mungkin melakukan improvisasi agar audiens tidak bosan dan materi yang kita sampaikan bisa terekam dengan baik. Keempat, mengatur suara dan posisi bicara. Pastikan gaya bicara tidak monoton, sehingga audiens tidak bosan dengan penampilan kita.

Usai melakukan pidato di weekly meeting, para siswa dan tutor biasa melakukan gathering agar mereka semakin akrab. Tidak harus pergi ke luar, namun hal simpel seperti ngerujak bareng juga bisa dijadikan alternatif membangun suasana kekeluargaan. Dengan weekly meeting, kita bisa mendongkrak pede berbahasa inggris sekaligus menguatkan persaudaraan.

rujak after weekly meeting kampung inggris LC

Suasana weekend kampung inggris, baca selengkapnya di: Serunya Malam Minggu di ‘Kota Paris’

Nah, sekian reportase weekly meeting LC Kampung Inggris. Bagi kamu yang masih takut ngomong inggris, silakan join dengan LC dan rasakan pengalaman belajar yang seruu. Dan pastinya, dengan weekly meeting ini bakal terapi kamu berani pidato bahasa inggris ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

Share this Post



 
 
 

4 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *