Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Pilih Grammar atau Speaking?

grammar atau speaking?

Pilih Grammar atau Speaking? – Belajar bahasa baru terkadang memunculkan tantangan bahkan kesulitan. Tidak terkecuali belajar bahasa inggris. Mungkin, beberapa kendala bagi pemula adalah banyaknya vocab yang harus dihafalkan, grammar yang tampak susah dengan berbagai aturan yang sangat berbeda dengan bahasa Indonesia, belum lagi cara pengucapannya yang punya metode tersendiri biar fasih seperti para native speakers, dan lain sebagainya. Bahasa inggris merupakan satu paket lengkap alat komunikasi. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa komunikasi menggunakan kosa kata, tata bahasa, cara pengucapan, dan berbicara. Maka, sama halnya dengan bahasa inggris kita wajib mempelajari grammar, speaking, vocab, pronunciation sebagai satu paket. Karena semua materi tersebut saling membutuhkan satu sama lain.

Ada yang mengejar nilai TOEFL, sehingga hanya fokus belajar grammar tanpa berniat belajar speaking. Dan sebaliknya, ada yang ingin interview kerja menggunakan bahasa inggris dan hanya ingin belajar speaking dengan membenci materi grammar. Mungkin ada juga yang menghindari keduanya, atau mempelajari semuanya. Kalau kamu, pilih yang mana?

Belajar Grammar dan Speaking

Grammar dan speaking memang sama-sama punya tingkat kesulitan tersendiri. Namun mempelajari keduanya tidak menjadikan kita tambah pusing, karena antara grammar dan speaking saling berhubungan. Misalnya, speaking digunakan untuk apa sih? Presentasi? Interview kerja? Ngobrol sama orang inggris? Penyiar? Nah, yang semacam itu pasti membutuhkan cara ngomong, atau tata bahasa, atau yang biasa kita sebut grammar. Bayangin kalau kamu presentasi bisnis dengan grammar acak-acakan, kira-kira para audiens paham atau bingung? Nah, oleh karenanya belajar grammar dan speaking adalah penting. Terlebih lagi kalau kamu mau ikut tes IELTS atau TOEFL iBT yang saat ini digunakan oleh kampus-kampus top dunia. Kedua tes bahasa inggris tersebut menggunakan interview dan menulis sebagai salah satu komponen ujiannya. Hal ini menunjukkan bahwa untuk mendapatkan gelar jago bahasa inggris dengan skor tinggi, butuh kemampuan grammar (menulis dan structure), vocab, juga speaking (interview oleh penguji).

Mempelajari keduanya tidak harus secara bersamaan. Kamu bisa membuat jadwal belajar secara mandiri dengan mengatur schedule untuk grammar pada jam sekian dan speaking jam sekian. Lagipula, cara belajar grammar dan speaking tentu berbeda, yang otomatis membuat aktivitas belajarmu semakin beragam. Usahakan setelah belajar grammar, langsung dipraktikkan melalui bicara. Kamu bisa ngomong di depan cermin seakan-akan ada audiens di sana, atau bisa menggunakan skype untuk bicara dengan teman/guru jarak jauh. So, speaking kamu lama kelamaan akan mengalir mengikuti kaidah grammar. Tidak masalah jika awal-awal hanya speaking semampu kamu dengan banyak kesalahan pada grammarnya. Namun dengan latihan latihan dan latihan kamu pasti semakin bisa mengoreksi diri dan suatu hari menjadi speaking yang sempurna secara gramatikal dan pronunciation.

Bagi kamu yang masih ada di bangku sekolah, tidak perlu terlalu khawatir karena kurikulum di sekolah cukup lengkap meliputi keduanya. Namun, perlu ada tambahan belajar bahasa inggris karena sekolah umum rata-rata hanya menyediakan beberapa jam pertemuan dalam satu pekan. Kamu bisa belajar mandiri bersama keluarga atau teman-teman. Atau mungkin mendaftar kursus bahasa inggris untuk menambah jam belajar.

Baca juga: Tips Mudah Belajar Grammar

Paket Lengkap Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa inggris bisa dilakukan di mana saja. Di sekolah, di rumah, atau di tempat kursus. Di manapun itu, pastikan kamu mempelajari semua aspek bahasa inggris. Kamu bisa mencari tempat belajar bahasa inggris atau lembaga kursus yang punya kriteria tersebut. Ada vocabnya, speakingnya, grammarnya, dan pronnciationnya. Salah satu lembaga yang ada di Indonesia dan menyediakan paket lengkap tersebut yaitu LC (Language Center) di Kampung Inggris Pare Kediri. Mungkin banyak yang sudah tau, bahwa kampung inggris adalah pusat belajar english yang punya banyak pilihan lembaga dan metode. Sedangkan di LC sendiri, memiliki motto “complete packages for better learning” yang artinya paket lengkap untuk belajar bahasa inggris. Sesuai namanya, LC menyediakan paket belajar bahasa inggris intensif selama 3 bulan. So, pulang dari LC para siswa diharapkan mampu ngomong inggris formal dan informal. Kalau kamu berkunjung ke kampung inggris, kamu juga bisa memilih banyak lembaga kursus lho, karena di sini ada ratusan lembaga lain selain LC yang juga punya program belajar bahasa inggris.

Nah, gimana, sudah tau kan betapa pentingnya belajar secara lengkap dan menyeluruh. Jadi, kamu pilih yang mana? Pilih grammar atau speaking? Atau keduanya? Whatever you choose now, just make yourself sure to be expert on both of them. Happy learning dude ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

5 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *