Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Rise vs. Raise

rise vs raise

Rise vs. Raise – Dua kata tersebut sama-sama merupakan kata kerja dalam bahasa inggris, artinya juga tidak jauh berbeda namun ternyata antara rise dan raise memiliki perbedaan yang perlu diperhatikan. Apa saja perbedaan di antara kedua kata tersebut? Mari kita simak ulasannya berikut ini:

1. Ketahui Perbedaan Artinya

Arti dari rise dan raise memiliki sedikit perbedaan. Oleh karena itu, penggunaan kedua ata tersebut pun harus berbeda. Berikut adalah perbedaan antara rise dan raise:

RISE bisa berati sesuatu yang pindah ke atas atau naik, berdiri, dan semacamnya. Bisa juga, rise diartikan sesuatu yang meningkat. Kata kerja rise merujuk pada dirinya sendiri, artinya yang bergerak adalah benda itu sendiri. Misalnya the sun rises (matahari terbit), atau the hot air rises (udara panas meningkat) menunjukkan bahwa kedua benda tersebut naik sendiri atau meningkat dengan sendirinya.

RAISE berbeda dengan rise. Raise memiliki arti sesuatu yang dipindahkan atau dinaikkan ke level atau posisi yang lebih tinggi. Atau bisa juga dikatakan bahwa raise berarti diimprove / dikembangkan. Melihat dari kata pasif tersebut, raise berati tidak bergerak sendiri melainkan ada subjek yang menggerakkan objek. Misalnya, I raise my hand (Saya mengangkat tangan saya) atau I raise the efficiency of my study (saya meningkatkan efisiensi belajar saya) artinya, tangan dan efisiensi belajar saya dinaikkan oleh sesuatu.

2. Irregular dan Regular Verb

Sahabat LC Kampung Inggris pastinya sudah mengetahui apa itu irregular verb dan regular verb. Irregular = berubah bentuk kata sedangkan regular tidak ada perubahan hanya ada penambahan . Dalam hal ini, RAISE merupakan regular verb sedangkan RISE adalah irregular verb

Kata dasar V1 V2 V3
RAISE RAISE RAISED RAISED
RISE RISE ROSE RISEN

3. Transitive vs. Intransitive

Ada yang sudah lupa apa itu kata kerja transitive dan intransitive? Nah, diingatkan lagi ya, kata kerja transitive merupakan kata kerja yang membutuhkan objek (contoh: I put something / saya meletakkan sesuatu) sedangkan kata kerja intransitive artinya kata kerja tersebut tida mebutuhkan objek (contoh: I am walking / saya berjalan)

Dalam hal yang sedang kita bicarakan, RAISE merupakan Transitive Verb, contoh kalimat:

  • I raised my book from the floor / saya mengangkat buku saya dari lantai
  • They raise their head to take a look at their new classroom / mereka mengangkat kepala mereka untuk melihat kelas baru mereka

Sedangkan kata kerja satunya, RISE adalah Intransitive verb, contohnya:

  • The jewelry’s price now is rising quickly / Harga perhiasan sekarang sedang meningkat dengan cepat
  •  I rise at 5 am everyday, but my son stays in bed till 6 am / Saya bangun jam 5 setiap hari tetapi anak saya masih tidur sampai pukul 6

TIPS: untuk mudah mengingatnya, mungkin kamu bisa merujuk pada salah satu lagu legendaris dari Josh Groban, you raise me up. Josh menggunakan raise bukan rise, karena raise membutuhkan objek yaitu me.

4. Perbedaan Aksen

Seperti yang telah diketahui bersamabahwa perbedaan aksen juga kadang beda vocab yang digunakan. Contoh yag paling terkenal adalah tentang kenaikan gaji atau salary. Terdapat perbedaan antara BrE (British English) dengan AmE (American English) dalam menggunakan rise dan raise:

BrE > Did you get a 4% pay rise last year? / Apakah kamu mendapat kenaikan gaji 4% tahun lalu?

AmEMy boss said he’s giving me a pay raise next month / Bos saya akan memberikan kenaikan gaji saya bulan depan

5. Simple Sentences

Untuk memudahkan kamu membedakan rise dan raise berdasarkan empat perbedaan yang telah dijelaskan di atas, silakan lihat kalimat di bawah ini agar semakin terlihat bedanya!

  • We raise the flag when the sun rises, and we lower it when the sun goes down.
  • Whenever our commanding officer comes in, we rise from our chairs and raise our hands in salute.
  • The helicopter rose into the air, raising the survivors out of the water

Well itu dia perbedaan rise vs. raise. Nah, setelah kamu tahu semua perbedaan antara dua confusing verbs tersebut, kamu bisa sering latihan  dan sering membaca agar terbiasa dengan dua kata tersebut. Keep learning!

Baca juga: Tips Belajar Menulis Artikel Bahasa Inggris

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

2 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *