Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Siapkan Diri Menuju Tes IELTS

Siapkan diri menuju tes IELTS

Siapkan Diri Menuju Tes IELTS – Kamu mau kuliah ke luar negeri? So, bersiaplah menghadapi tes bahasa inggris yang satu ini: IELTS. Jika sebelumnya kita telah membahas apa itu IELTS, maka kali ini kita akan mengulas persiapan tes IELTS yang digunakan untuk membuktikan bahwa kita memiliki kemampuan berbahasa inggris . Bukan hanya bagi mereka yang akan kuliah di LN, tapi juga bagi orang-orang yang hendak bekerja dan tinggal (imigrasi) ke negara lain, seperti UK mensyaratkan IELTS untuk penerbitan visa. Karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional, maka di hampir seluruh negara bahasa ini akan digunakan sebagai bahasa pengantar orang asing. Apalagi, jika kamu berada dalam dunia akademisi atau bekerja di perusahaan internasional.

Hampir sama seperti TOEFL, tes IELTS juga terdiri dari beberapa sesi seperti writing, reading, speaking dan listening. Bagi mereka, para native speaker mungkin tampak mudah mengerjakan soal IELTS karena bahasa inggris adalah bahasa asli mereka. Lalu bagaimana dengan mereka yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa kedua, atau malah bahasa asing seperti di Indonesia? Rasanya akan seperti menghadapi perang. Kita butuh persiapan panjang, dan pastinya perlu menyisihkan uang karena tes IELTS membutuhkan biaya yang tidak sedikit yaitu Rp 2.700.000. Nah, agar tidak menyia-nyiakan uang segitu banyaknya dengan mendapatkan skor rendah, maka sangat diperlukan banyak persiapan sebelum tes. Berikut ini kami berikan beberapa langkah untuk mempersiapkan tes IELTS. Cekidot ^_^

1. Cek Website Resmi IELTS, dan Pelajari Format Tesnya

Website resmi IELTS tepatnya di alamat www.ielts.org, namun tes tersebut dilaksanakan dalam kerjasama tiga lembaga yaitu IDP (www.idp.com/prepare-for-ielts.aspx), British Council (www.britishcouncil.org) dan Cambridge English (www.cambridgeenglish.org). Di keempat website tersebut, kamu bisa mengakses berbagai informasi mengenai biaya, lokasi, mengapa tes IELTS, penilaian, dan yang terpenting adalah format tes. Ada berapa sesi, berapa lama, bahkan kamu juga bisa mendapatkan info untuk IELTS preparation. Pelajari semua info basic tentang IELTS, lalu beranjak ke step kedua!

2. Kumpulkan Materi IELTS, atau Ikuti Kursus IELTS Preparation

Setelah kamu mengetahui apa aja yang harus dipelajari untuk tes IELTS, kamu bisa mulai mengumpulkan materi IELTS. Bisa berupa e-book yang bisa kamu dapatkan di internet, entah itu gratis ataupun berbayar. Kalau kamu kurang pede dengan belajar otodidak, kamu bisa banget ikutan kursus persiapan tes IELTS. Tempat kursus yang menyediakan IELTS Preparation memang tidak se-banyak general english atau TOEFL. Beberapa tempat populer yang menyediakan IELTS prep yaitu di British Council, IDP, dan Kampung Inggris Pare. Di kampung ini, kamu bisa lebih bebas memilih tempat kursus, karena ada beberapa lembaga yang menyediakan IELTS Prep. Silahkan dipilih, dan cari yang paling cocok dengan target kamu!

3. Ketahui Kelemahan Kamu

Sejauh ini, pada aspek linguistik apa kamu punya kelemahan dan kelebihan? Misalnya, ada orang yang sangat mudah menyerap materi speaking dan gampang untuk bicara seperti native speaker. Namun di sisi lain, ia sangat sulit menguasai grammar, maka dalam aspek menulis, khususnya academic writing, ia mengalami kesulitan. Nah, coba evaluasi diri dan temukan kelemahan kamu. Kalau sudah, kamu bisa memberikan perhatian lebih pada titik lemah kamu agar bisa diperbaiki dan seimbang dengan aspek lainnya.

4. Mulailah dengan MEMBACA

Dengan membaca, berarti kita sedang mempelajari pengalaman orang lain dalam bentuk tulisan mereka. Artikel bahasa inggris yang sebaiknya menjadi referensi adalah yang mengandung bahasa formal atau academic writing, seperti tulisan dalam koran cetak ataupun koran online berbahasa inggris, jurnal ilmiah, atau text book ilmiah berbahasa inggris. Dengan membaca tulisan-tulisan tersebut, kamu bisa mendapatkan berbagai vocab baru dan pelajaran grammar. Semakin sering membaca semakin luas pengetahuan tentang bahasa inggris, maka semakin mudah mengdapai aspek writing dalam IELTS karena kita sudah pernah membaca puluhan bahkan ratusan topik artikel. Dan yang pasti, kemampuan reading juga akan semakin meningkat.

5. Dengarkan Berita, Radio, dan Musik Berbahasa Inggris

Dalam tes IELTS, terdapat sesi Listening. Kita bisa memanfaatkan video atau audio berita untuk mengasah kemampuan speaking. Karena IELTS kebanyakan digunakan di daerah Eropa, maka ada baiknya kita juga sering mendengarkan aksen British, misalnya pada channel BBC, podcast British Council atau film-film British seperti Sherlock Holmes dan Harry Potter.

6. Tentukan Target Band Score

Jangan lupa menentukan target skor IELTS! Apa tujuan kamu mengambil tes IELTS? Sebagai persyaratan pendaftaran kuliah? Pastikan kamu tau berapa skor yang dibutuhkan untuk memenuhi syarat tersebut. Dan jika kamu akan berada dalam lingkungan akademik di luar negeri, maka kamu akan butuh skill bahasa inggris yang sangat baik, oleh karena itu kamu membutuhkan skor IELTS yang tinggi juga. Karena pada dasarnya, masing-masing level band score IELTS mewakili tingkat kemampuan bahasa inggris seseorang.

7. LATIHAN

Practice makes perfect! Tidak ada sukses yang instant, yang ada adalah: latihan, latihan dan latihan. Kamu sudah mengumpulkan semua bahan belajar, mulai dari buku, paper, audio, film, video, dll. Maka, yang perlu dilakukan sekarang adalah latihan! Atur waktu agar dalam satu hari kamu bisa berlatih beberapa aspek (writing, reading, listening, speaking), sambil berlatih general english (bukan soal IELTS), seperti latihan mendengarkan BBC, CNN, DWTV, Australia+, dan lainnya.

8. Latihan dengan Waktu Terbatas

Dalam menghadapi tes IELTS nanti, “musuh” besar kita adalah: WAKTU. Penguji akan memberikan jatah waktu yang terbatas. Maka, latihan dengan waktu yang limit akan membantu kita mengerjakan dengan cepat dan tidak panik ketika waktu saat tes IELTS tidak seperti saat latihan (pastinya dong, latihan dan real test akan sangat berbeda).

9. Latihan FOKUS

Mengapa perlu FOKUS? Maksudnya adalah ketika sesi listening, kita akan mendengar audio berbahasa inggris beberapa lama, lalu ada pertanyaan terkait audio tersebut. Kita tidak akan diberi kesempatan untuk mendengar ulang audio, maka satu-satunya cara adalah dengan fokus dan ingat baik-baik informasi dalam audio yang telah disetel.

10. Latihan dengan Text Book atau Forum IELTS

Beberapa text book yang terkenal sebagai referensi para IELTS learner yaitu “Cambridge Practice Test for IELTS”, karena secara resmi IELTS berada di bawah lembaga Cambridge English University of Cambridge. Selain text book, ada juga cara menyenangkan dan efektif belajar IELTS yaitu dengan mengikuti forum-forum chatting di FB, atau milis, Whatsapp, Telegram, dan lainnya yang memungkinkan kamu diskusi tentang IELTS dengan semua pemburu skor tinggi IELTS dari seluruh dunia.

Itu dia berbagai langkah persiapan menuju tes IELTS. Semakin pisau diasah, semakin ia tajam. Semakin sering kamu latihan, semakin tinggi deh band skor nya! Break a leg!

Baca juga: Perbedaan TOEFL dan IELTS

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *