Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Situs Kamus Bahasa Inggris Online

Kamus bahasa inggris online

Situs Kamus Bahasa Inggris Online – Memasuki jaman modern dimana semua hal serba praktis, maka tidak ada salahnya jika belajar bahasa inggris pun menggunakan teknologi modern. Pesan antar barang-barang elektronik saja bisa, mengapa tidak untuk belajar bahasa inggris? Ada banyak sekali media belajar bahasa internasional ini di internet. Bukan hanya internet di PC, tapi kini sudah merambah ke gadget ataupun handphone pintar (smartphone). Yang tak kalah menariknya, sekarang ini semua bisa didownload gratis. So, kalau kamu tidak sedang dalam koneksi internet, kamu tetap bisa menggunakan aplikasi belajar bahasa inggris tersebut .

Bukan hanya media belajar bahasa inggris, saat ini ada juga Online Dictionary, atau kamus bahasa inggris online. Kalau dahulu kalau para siswa malas membawa kamus karena tebal, atau banyak juga yang enggan membuka-buka kamus berbentuk hardcopy. Tapi sekarang, kita sudah bisa menikmati kamus bahasa inggris digital, baik melalui situs kamus bahasa inggris ataupun mendownloadnya melalui gadget. Hal ini sangat memudahkan, lho! bayangkan, hanya dalam hitungan detik kita sudah bisa mencari arti kata, lengkap dengan penjelasan dan contohnya. Well, kali ini kami akan berbagi situs apa aja sih yang bisa kamu kunjungi sebagai kamus bahasa inggris online?

1. Cambridge Dictionaries Online (dictionary.cambridge.org)

Siapa sih yang nggak kenal dengan CAMBRIDGE? Pastinya banyak yang sudah tau bahwa Cambridge adalah sebuah universitas tersohor di UK. University of Cambridge ini juga memiliki Cambridge University Press yang mengeluarkan kamus bahasa inggris. Nah, saat ini kamu bisa menikmati kamus tersebut melalui PC atau pun gadget. Untuk kamus online via PC kamu bisa mengunjungi website “dictionary.cambridge.org”. Kamus Cambridge online ini cukup lengkap dengan keterangan kelas kata, arti dalam bahasa inggris, contoh kalimat, juga pronunciation dalam audio dan phonetic symbol versi British (BrE) dan American (AmE).

2. www.dictionary.com

Dictionary.com merupakan kamus inggris-inggris online yang dibuat oleh Brian Kariger dan Daniel Fierro pada tahun 1995 sebagai bagian dari perusahaan yang bergerak di dunia digital dan internet, Lexico Publishing. Dan sejak tahun 2008 diambil alih oleh Ask.com. Selain Dictionary.com yang merupakan kamus inggris-inggris online, ada juga thesaurus.com yang berisi sinonim dan antonim dari suatu kata. Konten yang ada dalam “www.dictionary.com” berdasarkan kamus bahasa inggris  Random House Unabridged Dictionary, Collins English Dictionary, American Heritage Dictionary, dan lainnya. Oleh karena itu, konten dalam Dictionary.com cukup lengkap yaitu meliputi kelas kata, audio, phonetic symbol, arti dalam bahasa inggris, contoh kalimat, dan sejarah kata tersebut.

3. Merriam-Webster (www.merriam-webster.com)

Merriam-Webster merupakan perusahaan ternama di Amerika yang bergerak dalam penerbitan buku referensi, terutama kamus. Perusahaan tersebut didirikan pada tahun 1831 oleh George dan Charles Merriam. Hingga kini, kamus Merriam-Webster juga sudah memiliki kanal kamus online di “www.merriam-webster.com”. Konten kamus online yang satu ini juga cukup lengkap, meliputi: penjelasan satu kata dalam tiap kelas kata-nya, juga mengkalsifikasikan satu kata dalam berbagai penggunaan, misalnya kata “speed” dalam definisi umum, untuk anak-anak, kedokteran, dan sebagainya. Dalam kamus online ini, juga terdapat penjelasan sinonim-sinonim terkait, asal muasal kata, persamaan bunyi dengan kata lain, popularitas kata, dan tak ketinggalan audio, phonetic symbol dan contoh kalimat.

4. Oxford Dictionaries (www.oxforddictionaries.com)

Oxford English Dictionary (OED), awalnya merupakan kamus hardcopy terbitan Oxford University Press. Versi online dari kamus ini mulai hadir pada tahun 2000. Kamus online oxford bisa kamu kunjungi di situs “www.oxforddictionaries.com”. Dalam kamus online tersebut, kamu bisa mendapatkan arti kata dalam bahasa inggris, audio dan phonetic symbolnya, penjelasan dan contoh tiap kelas kata, phrase dan idiom yang berkaitan dengan kata tersebut, asal muasal kata, dan kata lain yang memiliki bunyi yang sama. Dan satu lagi, karena OED berbasis aksen UK, maka dalam kamus oxford online juga tersedia link untuk kamus bagi pengguna American English (US).

5. Longman English Dictionary Online (www.ldoceonline.com)

“www.ldoceonline.com” merupakan kamus online yang juga memiliki kamus hardcopy longman. Longman sendiri merupakan perusahaan publishing yang didirikan pada tahun 1724 di London, UK oleh Pearson PLC. Dalam kamus Longman versi online, memberikan penjelasan yang lengkap. Berbeda dari kamus lainnya, longman menawarkan pilihan topik kata yang lebih spesifik ketika kita mencari satu kata. Longman mengklasifikasikan ke berbagai kelas kata dan penggunaan. Lalu, akan muncul penjelasan tentang arti kata, contoh kalimat, collocations, dan penjelasan kata dalam berbagai penggunaan.

6. Macmillan Dictionary Online (www.macmillandictionary.com)

Macmillan merupakan perusahaan publishing internasional yang sudah tersebar di 41 negara. Didirikan pada tahun 1843 oleh Daniel Macmillan dan Alexander Macmillan di UK. Saat ini, Macmillan dictionary juga sudah ada versi online-nya di “www.macmillandictionary.com”. Dalam kamus online tersebut, ada penjelasan kata dalam berbagai penggunaan, pronunciation dan audio, juga sinonim.

7. www.thefreedictionary.com

The free dictionary merupakan kamus bahasa inggris-inggris online sekaligus ensiklopedia. Konten dari kamus tersebut berisi dari berbagai sumber, seperti American Heritage, Collins English Dictionary, Random House Kernerman Webster’s College Dictionary, Similes Dictionary, 1st Edition, dan lainnya. Berbeda dengan kamus bahasa inggris online lainnya, jika kamu menggunakan “www.thefreedictionary.com” , untuk satu kata yang kamu cari, kamu akan mendapatkan berbagai penjelasan dari berbagai sumber. Dan mereka mencantumkan juga sumber tersebut, sehingga penjelasannya begitu lengkap mulai dari kelas kata, idiom, phrase, arti kata dalam bahasa inggris, berbagai penggunaan kata, dan pronunciation + audio dalam versi UK dan US.

8. Collins English Dictionary (www.collinsdictionary.com/dictionary/english)

Collins merupakan kamus bahasa inggris – inggris hardcopy dan online yang dipublikasikan oleh HarperCollins di Glasgow, UK. Kamus versi online kamu bisa dapatkan di “www.collinsdictionary.com/dictionary/english”. Kamus online tersebut meliputi pronunciation dan audio, definisi kata, kelas kata, bentuk dasar, dan contoh kalimat.

9. Urban Dictionary (www.urbandictionary.com)

Urban dictionary merupakan kamus online yang cukup unik yang bisa kamu kunjungi di “www.urbandictionary.com”. Pendiri sekaligus owner dari urban dictionary, yaitu Aaron Peckham pada tahun 1999. Kamus online ini memiliki sistem sumber terbuka, dimana pengguna Facebook dan Gmail bisa memberi masukkan definisi kata dalam urban dictionary, dan akan direview oleh volunteer untuk kamus online tersebut. Dengan slogan “Define your word”, menurut Wikipedia, urban dictionary merupakan kamus yang fokus pada konten slang word (kata-kata gaul dan informal), phrase, dan idiom. Karena kamus ini merupakan crowdsourced (banyak penyumbang definisi), kamu bisa membandingkan berbagai definisi kata dari berbagai pendangan. So, kalau kamu kurang paham dengan defini dan contoh dari penulis X kamu bisa scroll ke penulis Y dan seterusnya.

Baca juga: Kamus Bahasa Inggris, Penting Gak Sih?

Oke, sahabat kampung inggris akan pilih Kamus Bahasa Inggris Online yang mana nih untuk digunakan sebagai teman belajar english? 🙂

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

3 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *