Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Some vs. Any

some vs any

Some vs. Any – Jika kita melihat dalam kamus bahasa Inggris – Indonesia, some berarti beberapa. Sedangkan any berarti sedikit. Keduanya berada dalam kelas kata quantitative adjective, yaitu kata sifat yang menerangkan kuantitas benda. Some dan any bisa digunakan untuk menerangkan countable noun (bend yang dapat dihitung) maupun uncountable noun (benda tidak dapat dihitung). Misalnya, dalam bahasa Indonesia: beberapa buku, sedikit apel, sedikit minyak dan seterusnya. Secara umum, kita menyebut some sama seperti a few / a little sedangkan any berarti none dalam kalimat bermakna negatif ataupun sama seperti a few / a little dalam kalimat tanya. Namun penggunaan some dan any tidak sesederhana itu, kita masih bisa menggunakan some dan any pada beberapa kondisi. Apa saja itu? Yuk cekidooot ^_^

1. Using Some

Bersamaan dengan aturan quantitative adjective seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Some biasa digunakan untuk kalimat yang bermakna positif. Contohnya:

  • I ate some bread for this breakfast / Saya makan sedikit roti sarapan tadi pagi
  • My mother bought some apples from the market / Ibu saya membeli beberapa apel di pasar
  • I wouldn’t spent RP 5000 only for some plain water / Saya tida mau bayar RP 5000 hanya untuk sedikit air putih
  • I would give him some help if only he didn’t do any silly things / Saya alan membantu dia seandainya saja dia tidak melakukan ahal-hal bodoh

2. Using Any

Dalam membuat kalimat bermakna negatif, kita biasa menggunakan any. Namun perlu diperhatikan ya, kalimat yang hanya mengandung kata any saja tidak cukup untuk membuat kalimatnya menjadi negatif. Kita tetap perlu menambahkan not. Hanya saja, any merupakan quantitative adjective yang digunakan dalam kalimat negatif tersebut. So, pastikan ada not dan any. Contoh:

  • I haven’t cooked any foods for today / Saya belum sempat masak apapun hari ini
  • They are not going to buy any drinks, whereas they only buy some body soap / Mereka tidak  akan membeli minuman, mereka hanya membeli beberapa sabun mandi.
  • We won’t lose any tournaments, so that we’d better go now before we’re late / Kami tidak ingin melewatkan pertandingan, jadi sebaiknya kami pergi sekarang sebelum terlambat
  • She doesn’t have any coffee in her house / Dia tidak punya kopi di rumahnya

3. Compound Words

Compound word merupakan penggabungan kata menjadi kata baru. Dalam hal ini, some dan any bisa menjadi compound words yaitu:

  • something / anything (sesuatu)
  • someone / anyone (seseorang)
  • somewhere / anywhere (suatu tempat)

Perlu diperhatikan bahwa some dan any harus berdiri bersama noun (e.g. some money) sedangkan compound words di atas bisa berdiri sendiri, contohnya:

  • I need something to buy / Ada sesuatu yang perlu saya beli
  • We’ve been here since 3 hours ago  but there wasn’t anyone appeared / Kami sudah di sini 3 jam yang lalu tapi tidak ada seorangpun yang muncul

Ada lagi nih. Some dan any tidak selalu ditulis sebelum noun. Kadang-kadang, kata benda nya ditulis lebih dulu dan tidak diulang di kalimat selanjutnya. Bingung? Yuk kita liat contohnya:

  • You don’t have to buy milk. I have already bought some (milk) / Kamu tidak perlu membeli susu, saya sudah membelinya

4. Exceptions

Kalimat Positive dengan Any

Biasanya, kita menggunakan some hanya untuk kalimat positif. Namun perlu diingat nih, beberapa kata, meskipun positif namun dengan adanya kata tersebut bisa menimbulkan makna negatif. Yaitu: never, without, hardly, barely, scarcely, dan sejenisnya. So, kalau kita menemui kata-kata tersebut, gunakanlah ANY. Contoh:

  • She never goes anywhere / Dia tidak pernah pergi kemana-mana
  • There are hardly any possibilities / Hampir tidak ada kemungkinan

Selain itu, umumnya any digunakan untuk IF CLAUSE. Contoh:

  • If she had known anything to buy, she wouldn’t have asked you

Kalimat Tanya dengan Some

Biasanya kita menggunakan any untuk kalimat tanya. Tapi, ada pengecualiannya nih. Jika kita mengharapkan jawabannya “yes” maka kita pakai some. dan sebaliknya, jika jawabannya tidak bisa ditebak gunakan any. Contoh:

  • Would you like some bread? / Apakah kamu mau roti?  >> Kita menawarkan sesuatu yang kemungkinan besar jawabannya iya
  • Have you ever won any chess tournaments? / Apakah kamu pernah menang lomba catur? >> pertanyaan ini bisa jadi iya atau tidak. Tidak bisa ditebak.

Nah, sudah jelas kan bagaimana penggunaan some dan any. Gak pake ketuker lagi donk. Kalau sahabat sekalian masih kurang jelas, langsung datang dan belajar pada ahli grammar di LC Kampung Inggris Pare . Kapan lagi belajar bahasa inggris bersama tutor yang asik dan seru? ^_^

Pelajaran vocab lainnya? Baca selengkapnya di: Talk About Shopping

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *