Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Strategi Menghadapi Soal Reading

strategi menghadapi soal reading

Strategi Menghadapi Soal Reading – Untuk memenuhi berbagai persyaratan beasiswa, kuliah, bekerja atau mengurus visa kita akan dihadapkan pada salah satu tes profisiensi bahasa inggris yaitu TOEFl dan IELTS. Bagi kamu yang sudah pernah mengikuti latihan TOEFL atau bahkan tes TOEFL itu sendiri, pastinya sudah paham betul apa saja komponen soal dari tes tersebut. Bagi kamu yang belum tau, jangan khawatir, baca selengkapnya tentang tes TOEFl di: Apa itu TOEFl?

Saat mengikuti ujian TOEFL maupun IELTS, kita akan dihadapkan pada soal reading. Seperti namanya, soal reading ini mengharuskan kita membaca teks bahasa inggris lalu menjawab soal yang berkaitan dengan teks tersebut. Namun, tidak semua teks yang ada harus kita baca karena dalam setiap sesi ujian, waktu yang kita punya sangat terbatas. Seperti sesi reading TOEFL PBT ini, kita hanya diberikan waktu 55 menit untuk 50 soal. Satu teks reading umumnya diikuti oleh 10 soal. Jika kita membaca secara menyeluruh 5 teks ditambah 10 soal, maka tidak akan cukup waktu 55 menit. Apalagi jika kita menemui banyak vocab yang aneh dan tidak familiar, apakah kita akan memikirkannya terus? Nah, Oleh karena itu kita harus pintar-pintar mengatur waktu dalam mengerjakan semua soal TOEFL. Simak beberapa tips mengerjakan soal reading berikut ini, agar waktu 55 menit bisa lebih efektif.

1. Baca dulu Pertanyaannya

Saat kamu membaca dulu teks reading, kamu hanya akan membaca teks secara utuh seperti biasa, tanpa tau “APA SIH YANG SEBETULNYA HARUS DICARI DALAM TEKS?”. Dan tentunya that’s somewhat wasting time. Tapi kalau caranya dibalik, dengan membaca dulu pertanyannya maka kamu akan tau apa yang perlu didapatkan di dalam teks. Kamu akan langsung meluncur ke paragraf yang dicari. So, pastikan kamu baca dulu pertanyaannya.

2. Ingat Kata Kuncinya

Setelah membaca pertanyaan, kamu akan tau kata kunci atau keyword dalam teks. Sehingga kamu tidak perlu bersusah payah membaca keseluruhan teks. Contohnya, misal kamu menemui soal berikut di bawa teks:

Where does the story take place?

A. London                                       D.   Jakarta

B. Puerto Rico                               E.   Buenos Aires

C. Indonesia

Kalau kamu baca dulu pertanyaannya, kamu akan tau kata kunci dari yang kamu cari yaitu: place / location (tempat), country name (nama negara). Sehingga, kamu tinggal baca sekilas dan mencari paragraf-paragraf yang sekiranya mengandung kata kunci tersebut.

3. Scanning Teksnya

Kamu pernah lihat mesin scanner? Yap, dia bekerja dengan cepat, hanya membaca sekilas namun mendapatkan hasil pembacaan maksimal. Begitu juga dengan teknik scanning dalam soal reading. Karena sebelumnya kamu sudah punya kata kunci dari yang akan dicari, maka hanya perlu membaca sekilas dan kamu akan tau inti dari bacaan.

4. Jangan Membaca Terlalu Lama

Mungkin ada banyak kata-kata sulit dalam teks reading, namun jangan berpaku pada satu hal yang sulit dan menghambat semua soal. Move on dari kata-kata sulit. Kamu bisa menerka-nerka arti katatersebut dengan melihat konteks kalimat yang ada di kanan kiri kata tersebut. So, jangan membaca terlalu lama atau malah mentranslatenya hehehe.

5. Don’t Panic

Jangan panik jika: 1) teks yang diberikan bukan dari latar belakang pendidikanmu. Misalnya kamu anak biologi lalu tiba-tiba mendapat soal pajak. No worries, sekali lagi tujuan soal reading ini bukan untuk menguji wawasan kamu tapi untuk menguji seberapa kamu memahami teks! Karena semua jawaban sebetulnya ada dalam teks. Kalau kamu cakap dalam membaca teks bahasa inggris, maka pasti dengan mudah kamu temukan jawabannya.

2) Jangan panik jika waktu yang tersisa tingga sedikit. Karena dalam skema tes TOEFL, jawaban yang salah TIDAK MENGURANGI NILAI. So pastikan semua nomor terisi entah itu benar atau salah. Jika kamu mau menebak, jangan menebak terlau asal ya (misal dengan teknik hitung kancing). Tetap tenang bahkan di 2 menit terakhir. Seberapapun itu, kamu masih ada waktu untuk berpikir, coba terka dengan berdasarkan scanning singkat, atau kamu bisa pakai teknik eliminasi. Hilangkan jawaban yang tidak masuk akal dan pasti salah, lalu pilih jawaban pertama dari sisa jawaban yang mungkin benar.

3) Jangan panik kalau ternyata skor kamu masih jauh dari yang diharapkan. Selama masih ada waktu dan kemauan, silakan coba lagi sampai sukses 🙂

Sekian tips menghadapi soal reading. Semoga bermanfaat sahabat LC semua ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

2 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *