Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Street and Road

perbedaan street dan road

Street and Road – Pernahkah kamu berjalan-jalan ke Negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya? Misalnya saja di Amerika. Mungkin kamu akan menemui  plang – plang di jalanan dengan berbagai singkatan. Ada St. (street), ada Road, ada juga Ave. (Avenue), boulevard, dan lainnya. Barangkali di Indonesia kita hanya mengenal nama jalan dengan menggunakan jln. dan atau gang, misalnya jln. raya Bogor, gang melati, gang kelinci, dll. Oleh karena itu, bakal bermanfaat banget kalau kita juga kenalan dengan istilah jalanan-jalanan dalam bahasa inggris. Siapa tahu, sahabat kampung inggris bakal bepergian ke US nanti. Nah, scroll terus ulasan LC Kampung Inggris kali ini!

Untuk memulai, mari kita beajar membedakan nama jalan dalam bahasa inggris yang seringkali muncul, yaitu road dan street. Secara literal, keduanya berarti “jalan”. Apalagi kalau teman – teman hanya menengok kamus bahasa inggris – Indonesia. Coba deh, sering-sering melihat kamus bahasa inggris –  inggris. Umumnya kamus – kamus inggris-inggris online atau by application akan  memberikan penjelasan lebih detil tentang satu kata. Misalnya pada aplikasi dictionary.com, atau Advenced English Dictionary dan Thesaurus. Nah, kalau masih belum puas juga, sahabat bisa mencoba mencari sinonim kata melalui thesaurus, sehingga bisa melihat perbedaan-perbedaannya.  

Kembali ke “jalan”, street dan road, meskipun kelihatannya sama, namun sama seperti confusing word yang telah kita bahas sebelumnya, juga memiliki perbedaan.  Sekilas perbedaan antara keduanya adalah, road merupakan jalanan yang menyambungkan dua titik atau dua kota. Misalnya, dulu ada yang namanya Texas road yang menghubungkan Oklahoma (dulu disebut Indian territory) ke Texas. Sedangkan street, adalah jalanan umum yang ada di tengah kota, yang kanan kirinya dipenuhi rumah dan bangunan.  Namun selebihnya, ada perbedaan yang khas antara street dan road. Apa saja itu?

Arti dan Penggunaan Street

Street berasal dari bahasa latin “strata”, bahasa inggris kuno “strǣt” dan bahasa inggris pertengahan “strete”. Hingga kini, dikenal dengan street, yang berarti “a road in a city or town that has houses or other buildings on one or both sides” (Merriam – Webster). Secara umum, street adalah jalanan yang di tepiannya terdapat trotoar (sidewalk / pavement) dan di kanan kiri street terdapat bangunan rumah. Biasanya street tidak dikellingi dengan bangunan kantor, tempat bisnis atau bangunan lainnya, tapi ada juga yang dikhususkan untuk bisnis, misalnya wall street di kota New York, US. Tidak seperti road yang rangenya sangat luas karena menghubungkan dua kota / tempat, namun street kisarannya lebih kecil, sehingga lebih mudah jika kita ingin mencari alamat-alamat di sekitarnya. Ciri khas lainnya, selain street digunakan oleh kendaraan – kendaraan bermotor, namun juga dilewati oleh pejalan kaki. Maka, di kanan kiri steet biasanya ada pertokoan.

Arti dan Penggunaan Road

Jika street adalah jalanan yang berada di dalam sebuah kota, maka road merupakan istilah jalanan yang meghubungkan dua tempat atau dua kota. Karena road kisarannya lebih luas dari street, maka road biasanya didesain  khusus untuk kendaraan. Sedangkan street lebih ramah untuk pejalan kaki. Di sekitar jalanan yang disebut “road” ini,  akan lebih ramai dengan gedung-gedung. Misalnya, gedung bioskop, pusat perbelanjaan, taman bermain, dan gedung lainnya.

So, dari mana kamu akan memulai perjalananmu? Street atau road? Yang paling penting, jangan nyasar ya. Dan jangan lupa untuk belajar bahasa inggris agar bisa bertanya di manapun kamu berada. Good luck!

Baca juga: Affect or Effect??

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *