Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Sukses Belajar Bahasa Inggris? Penuhi dulu Kriteria ini

kriteria sukses belajar bahasa inggris

Sukses Belajar Bahasa Inggris? Penuhi dulu Kriteria ini – Belajar bahasa inggris bisa dari mana saja. Mulai dari belajar online menggunakan berbagai media teks, audio dan tulisan, belajar otodidak dengan mengumpulkan materi-materi bahasa inggris secara mandiri, atau mengikuti kelas bahasa inggris di sekolah maupun di tempat kursus bahasa inggris. Kali ini, LC Kampung Inggris akan membahas tentang pilihan ketiga, yaitu belajar di kelas (sekolah maupun tempat kursus). Di mana kamu akan menemui suasana belajar dengan adanya teman-teman satu kelas, ruang kelas tempat belajar, dan pastinya tutor atau guru bahasa inggris.

Belajar bahasa inggris di kelas, ada nilai plus dan minusnya. Kamu bisa belajar langsung dari tutor yang memang ahli dalam bidang bahasa inggris, juga bisa bertemu dengan partner belajar yang akan saling mendukung. Misalnya saat latihan speaking, teman sekelas akan membantu kita menjadi lawan bicara maupun saling mengoreksi. Namun, ada beberapa orang yang sulit mengikuti kelas ini, apalagi jika kelasnya memiliki jumlah siswa yang besar. Ada yang sulit konsentrasi, atau malah tidak konsen karena ngobrol dengan teman. Atau, sebagai guru bahasa inggris juga bingung bagaimana caranya agar semua siswa dengan tipikal yang berbeda bisa menguasai bahasa inggris dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa kriteria kelas bahasa inggris yang sukses. Bukan hanya kriteria, tapi juga bisa dijadikan tips belajar mengajar bagi siswa dan guru. Satu tips lagi nih guys! Semua kriteria ini bisa kita dapatkan setelah guru menerapkan suatu sistem di kelas. Kalau Anda guru bahasa inggris, Anda bisa menerapkan sistem immersion. Immersion dalam bahasa Indonesia bisa diartikan “menenggelamkan diri”. Jadi, biarkan para siswa ‘tenggelam’ dalam bahasa inggris. Biarkan mereka terbiasa dengan bahasa Inggris. Bicara dan Menulis dalam bahasa inggris. Meskipun pada awalnya akan terasa sangat sulit, bahkan ada yang tidak mengerti bahasa inggris, namun setelah semua terpaksa ‘tenggelam’ maka mereka akan terbiasa. Mungkin di awal-awal mereka hanya akan menjawab pertanyaan gurunya dengan bahasa isyarat, atau hanya dengan ‘yes’ atau ‘no’. Lama kelamaan, kita –sebagai siswa- akan merasa nyaman dengan bahasa inggris, dan akhirnya bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan bahasa inggris. Silahkan dicek beberapa kriteria tersebut, berikut ini:

1. Tidak ada Lagi Siswa yang Takut SALAH

Salah satu masalah klasik dalam belajar bahasa inggris adalah perasaan takut salah karena takut ditertawakan. Padahal, takut salah sama sekali tidak membantu siswa belajar bahasa inggris. Bahkan, native english speaker sekalipun masih bisa melakukan kesalahan. Dengan menenggelamkan diri dalam Bahasa Inggris, para siswa akan lupa dengan rasa takut salah dan malah terbiasa bicara bahasa inggris. Yap, kunci melawan penyakit takut salah ini adalah dengan terus berbicara. Just speak up! Semakin sering bicara, semakin baik skill english kita. Namun jika kita terkungkung dengan takut salah dan hanya diam, dijamin deh, ga akan berkembang!

2. Mendengar Bahasa Inggris dengan Baik

Belajar speaking bisa dimulai dengan listening (mendengarkan). Jika kamu mau bisa ngomong inggris seperti native speaker, maka pertama-tama dengarkan dengan baik cara mereka berbicara. Dengan class immersion, mungkin pada awalnya para siswa akan merasa sulit dan hanya sedikit-sedikit memahami apa yang orang lain katakan. Sama seperti kita berada di luar negeri di mana semua orang menggunakan bahasa Inggris. Namun lama kelamaan siswa akan bisa mengerjakan instruksi guru dengan baik dan bisa mendengarkan/memahami percakapan bahasa inggris. Untuk belajar, kita tidak perlu tertekan dengan harus mengetahui setiap kata yang orang lain katakan (dalam bahasa inggris), namun kita bisa mengira-ngira dari beberapa kata yang kita paham, lalu menghubungkannya dengan konteks pembicaraan.

3. Mudah Menyesuaikan Diri

Immersion class seperti membawa para siswa berjalan-jalan ke negara berbahasa inggris. Ada lingkurang yang baru bagi mereka, di mana mereka harus menyesuaikan diri dengan bahasa Inggris. Kelas yang sukses akan membuat siswa mau mengikuti peraturan yang ditetapkan di dalam kelas, lalu mampu menyesuaikan diri dengan bahasa inggris. Misalnya, untuk siswa anak-anak, jika gurunya mengatakan ‘run’ lalu gurunya berakting lari, maka siswa akan segera paham bahwa run adalah berlari. Mereka akan lebih mudah memahami bahasa inggris melalui kelas tersebut.

4. Menyadari Pola Bahasa Inggris

Tak jarang, grammar menjadi ketakutan tersendiri bagi para siswa. Namun dengan menggunakan lebih dulu bahasa inggris baru belajar grammar secara lebih detil, akan membuat mereka mempelajari pola kalimat dan ekspresi dalam bahasa inggris, lalu bisa menggunakannya sehari-hari. Contohnya, ketika sang guru setiap pagi bertanya “What day is today?” maka murid-murid akan merekam kalimat tersebut sebagai kalimat yang benar. Sehingga, lain kali mereka juga akan menggunakannya. Begitulah mereka belajar bahwa bahasa inggris memiliki pola.

5. Tidak ada yang Malu Bertanya

Selain takut salah, banyak siswa juga yang malu bertanya dan akhirnya memendam ketidaktahuannya. Padahal, bertanya di kelas bisa membantu english learner dalam belajar. Bisa jadi, satu pertanyaan yang diajukan oleh teman kita ternyata juga ingin kita tanyakan, hanya saja kita takut. Dengan bertanya dan guru memberi penjelasan, maka kita akan mendapat informasi tambahan ataupun memperjelas informasi sebelumnya. Selain itu, dengan bertanya (dalam bahasa inggris) akan memperlancar speaking kita. So, don’t be afraid to ask questions!

6. Tidak Semua harus Diketahui

Bahkan kita, sebagai native Indonesian, tidak mengetahui semua seluk beluk bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD. Sama halnya dengan bahasa inggris. Jangan memforsir diri sendiri dengan mencaritau semua hal tentang bahasa Inggris. Yang perlu dilakukan adalah do your best. Belajar sedikit demi sedikit lebih baik daripada belajar sampai overload. Misal suatu hari kamu tidak tau bahasa inggris sesuatu, kamu bisa menjelaskannya dengan kata-kata lain dalam bahasa inggris. Contohnya, untuk menggantikan kata curtain (gorden), kita bisa gunakan “something that is usually made by textile and is used to cover the window so our room will not be seen by people outside”.

Oke, sahabat kampung inggris, itu dia kriteria yang bisa kamu gunakan juga sebagai tips tambahan untuk belajar bahasa inggris. Semoga kriteria sukses belajar bahasa inggris ini bermanfaat 😀

Jangan lewatkan tips belajar bahasa inggris secara efektif, di sini.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *