Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Talk About Gardening

talk about gardening

Talk About Gardening –  Haloo sahabat kampung inggris. Siapa yang suka berkebun? Pastinya tau dong apa itu garden? Yap, dalam kamus bahasa inggris – indonesia, garden berarti taman atau kebun. Sedangkan gardening, menurut Cambridge Dictionary Online, yaitu “the job or activity of working in a garden, growing and taking care of the plants, and keeping it attractive” atau sederhananya, gardening adalah kegiatan berkebun. karena gardening juga meliputi aktivitas memelihara tanaman agar tetap tampak cantik dan menyegarkan, maka banyak orang yang punya hobi berkebun. Nah kali ini kita akan membahas vocabulary apa saja yang biasa digunakan dalam aktivitas gardening, mulai dari alat dan benda yang biasa digunakan, hingga kegiatannya. Let’s see ^_^

Watering can – bukan kaleng air, melainkan semacam teko untuk menyiram tanaman. Biasanya, memiliki leher yang panjang menuju nozzle (ujung keluarnya air). Dan nozzle nya menyebar sehingga saat menyiram air, airnya pun menyebar dengan baik. water bukan hanya menjadi kata benda, tapi juga menjadi kata kerja. Contoh: “You had better water your plants every day or it will be died / Kamu harus menyiram tanaman setiap hari kalau tidak tanamanmu akan mati”

watering can

 

Trowel – yaitu sekop kecil yang digunakan satu tangan. Biasanya untuk menggali tanah dengan ukuran kecil, atau untuk menyingkirkan gulma.

Spade – dalam berkebun, kita membutuhkan cangkul untuk menggali tanah. Spade hampir sama bentuknya seperti trowel, hanya saja lebih besar seperti cangkul. Ada dua jenis cangkul dalam bahasa inggris, shovel dan spade. Shovel adalah cangkul yang ujungnya rata dan fungsinya untuk memindahkan sesuatu. Di Kanada, ada snow shovel karena cangkul tersebut hanya untuk menyerok salju dan bukan menggali salju. Sedangkan spade, bentuk ujungnya agak menyudut atau meruncing sehingga fungsinya adalah untuk menggali tanah.

Fork – coba lihat kamus, fork artinya garpu. Eit, tapi bukan garpu kecil untuk memakan tanaman, melainkan perkakas seukurang sapu dengan gagang kayu dan ujungnya berbentuk garpu. Fungsinya untuk memisahkan tanaman-tanaman mati, kering atau gulma yang selesai dicabut. Selain fork, kita juga mengenal nama lainnya yaitu pitchfork.

Prunners and Shears – prunners merupakan gunting yang digunakan untuk memangkas tanaman atau semak belukar. bentuknya besar dengan pisau lebih pendek, sehingga menggunakannya perlu dengan dua tangan. Sedangkan shears, juga merupakan gunting, hanya saja semacam fancy scissors, shears memiliki model yang berbeda dengan gunting biasa. Kita juga bisa menggunakan shears untuk memangkas tanaman. So, kita tidak menggunakan scissors untuk berkebun melainkan prunners atau shears, ok!

Hose – hose, yaitu selang biasa untuk mengalirkan air dari sumbernya ke tanaman.

Wheelbarrow – yaitu semacam gerobak untuk memindahkan sesuatu seperti tanah, pasir, sisa tanaman, dan lainnya. Ada satu roda di depan dan pegangan di belakangnya untuk mendorong.wheelbarrow

Lawnmower – Could you guess? Yap, lawnmower adalah mesin pemangkas  rumput yang bentuknya besar lalu ada gagang panjang untuk pegangan penggunanya.

Pull out the weeds – weeds berarti gulma, yaitu tumbuhan yang tidak diharapkan keberadannya dan mengganggu tanaman utama. Misalnya, kita menanam tomat, lalu di sekitarnya ada banyak rerumputan. Maka, kita akan membuangnya. Nah, kegiatan itulah yang disebut pull out the weeds : membersihkan tanaman dari gulma.

Dig a hole – sebelum memasukkan benih ke dalam tanah, maka kita perlu membuat lubangnya. Dig a hole berarti menggali lubang. Bisa menggunakan trowel atau spade.

Plant a tree – plant bisa menjadi noun (kata benda) yang berarti tanaman, dan bisa juga menjadi verb (kata kerja) yang artinya menanam.  So, plant a plant atau plant a tree artinya menanam tanaman.

Mow the lawn – lawn berarti rerumputan, kata lainnya yaitu yard. Namun alat untuk memangkas rumput adalah lawnmower dan bukan yardmower. Mow the lawn berarti memangkas rerumputan.

Nah, demikian talk about gardening kali ini. Semoga bermanfaat ^_^

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *