Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Talk About Over

talk about over

Talk About Over – Halo sahabat Kampung Inggris! Terfikir untuk belajar vocab baru? Oke, kali ini kita akan talk about over. Dalam kamus bahasa inggris online, Cambridge Dictionary Online, over bisa digunakan dalam berbagai fungsi. Bisa sebagai preposition dengan berbagai definisi, bisa juga sebagai adverb (used to describe the way an object moves or is moved so that a different part of it is facing up; changing position; down) atau juga sebagai noun yang umumnya digunakan dalam olahraga kriket (a set of six bowls (= throws) from the same end of the field). Over juga digunakan sebagai prefix (imbuhan di depan), misalnya “overplayed”. Dengan adanya prefix over, suatu kata bisa diartikan sebagai: too much or more than usual (terlalu atau melebih-lebihkan sesuatu dari biasanya). Sangat penting bagi teman-teman untuk mengetahui berbagai penggunaan vocab baru, khususnya prefix. Karena dengan tambahan prefix, suatu kata jadi punya arti baru. Kali ini, mari kita belajar berbagai ekspresi dengan menggunakan kata over sebagai prefix. Cekidot ^_^

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, prefix over = too much. FYI, Dalam bahasa inggris, setiap kata yang mendapat keterangan “too” memiliki sense negatif karena artinya terlalu. Sebagai prefix, over bisa digunakan untuk berbagai kata, di bawah ini kami akan memberi beberapa contoh dan penjelasannya;

React – overreact = bereaksi berlebihan. Contoh: “You shouldn’t overreact like that. It’s only a book fallen down from cupboard / kamu gak perlu bereaksi berlebihan, ini cuma buku terjatuh dari lemari”

Used – overused =  sesuatu yang digunakan secara berlebihan, misalnya handphone sehingga HP tersebut bisa cepat rusak. Contoh: “Unfortunately, my smartphone is no longer usable anymore because it is overused / Sayang sekali, Hp saya rusak karena terlau sering digunakan”

Played – overplayed = terlalu sering dimainkan. Contoh: “The song that I loved the most is overplayed on that channel. What a boring channel! / lagu yang saya suka terlalu sering dimainkan di channel itu, membosankan!

Worked – overworked = terlalu banyak bekerja. Contoh: “I’m overworked now and am going to quit shortly / Sekarang saya terlalu banyak kerja dan akan segera keluar”

Booked – overbooked = fully booked. kuota penuh hingga tidak ada kursi tersisa, biasanya digunakan di pemesanan hotel, restoran, tiket konser, dan semacamnya. Contoh: “I’ve called the hotel number but they said that all of rooms was overbooked / Saya sudah nelfon hotelnya tapi semua ruangan sudah dipesan”

My head – over my head = tidak bisa dimengerti, Contoh: “All that he just told me before, It was over my head / Apa yang barusan dia bilang, saya gak mengerti sama sekali”

Drawn – overdrawn = biasa digunakan di bank, jika rekening kita kehabisan uang karena terlalu banyak diambil. Contoh : “You should pay the overdrawn fee first / Sebaiknya Anda membayar uang tambahan (karena rekening kosong)”

Load(ed) – overload(ed) = terlau banyak beban. Contoh: “Diana seems overloaded since she became the head of our project / Diana tampak kelebihan beban sejak ia menjadi kepala proyek kita”

Stocked – overstocked = terlalu banyak stok, misalnya di supermarket lalu mereka akan menjual dengan harga murah. Contoh: “I got discount for this way expensive chocolate bar, I think they are overstocked of it / saya dapat diskon untuk coklat mahal ini, sepertinya mereka kelebihan stok”

Ekspresi Lain Menggunakan Over

All over – selesai.

Contoh: “The game is all over / permainan selesai”

Knock someone over / Fall over- memukul seseorang / terjatuh

Contoh: “Oh man! He did it again, knocking someone over then the person who he kicked fell over / Ya ampun! dia melakukannya lagi, memukul orang sampai orang yang dipukul terjatuh

Take over – mengambil alih, mendominasi.

Contoh: “He’s taking over again our task. It’s somewhat unfair for us / Dia mengambil alih lagi tugas kita. Agak tidak adil”

Start over – memulai lagi, start from beginning.

Contoh: “We have to start over this business from zero / Kami harus memulai lagi bisnisnya dari nol”

Over and over (slang) – again and again, lagi dan lagi, namun bersifat informal.

Contoh: “He got F on his test over and over / lagi lagi dia mendapat nilai F ”

Nah itu dia penjelasan tentang penggunaan prefix Over. Semoga bermanfaat ^_^

Baca juga: Singkatan Gaul dalam Bahasa Inggris

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *