Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Talk About WORRY

Talk about WORRY

Talk About WORRY – Bahasa inggris merupakan alat komunikasi. Sama halnya dengan bahasa Indonesia, bahasa inggris juga digunakan untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Oleh karena itu, selain untuk keperluan pekerjaan atau pendidikan, kita juga wajib menguasai bahasa inggris untuk kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah dengan menguasai berbagai ekspresi dalam bahasa inggris yang biasa digunakan dalam keseharian, yaitu WORRY.

Apa itu WORRY? Coba kamu buka kamus bahasa inggris. Dalam Cambridge Dictionaries Online,  Worry /ˈwɝː.i/ merupakan verb (kata kerja) yang berarti ” to think about problems or unpleasant things that might happen in a way that makes you feel unhappy and frightened” dan bisa diartikan “memikirkan masalah atau hal-hal yang tidak menyenangkan yang mungkin terjadi dan bisa membuat kamu merasa galau dan takut”. Selain sebagai verb, worry juga merupakan noun (kata benda). Dengan bentuk jamak; worries. Makanya kita seringkali mendengar ekspresi “Don’t worry!” sebagai verb, dan “No worries” sebagai noun. 

Worry, sederhananya adalah kekhawatiran. Pernahkah kamu merasa khawatir? entah karena kejadian yang menakutkan tau sedang menunggu sesuatu. Ada beberapa ekspresi dalam bahasa inggris yang bisa kamu gunakan untuk menunjukkan kekhawatiran, yaitu:

1. I’m (so) worried about…

Kata worried menunjukkan bentuk pasif, yaitu saya khawatir atau saya begitu takut. Worried, sama juga artinya dengan anxious /ˈæŋk.ʃəs/, yaitu sama-sama khawatir, grogi, takut. I’m worried about diikuti oleh noun dan phrase Contoh: “I’m so worried about the final test / Saya grogi akan menghadapi ujian akhir”

2. I’m afraid (that)…

I’m afraid biasanya diikuti oleh “that”, namun bisa juga tidak. Ekspresi yang satu ini bisa digunakan dalam dua fungsi, 1) sebagai apology (permintaan maaf), contohnya: “I’m sorry, I’m afraid I lost your pen again today / Maaf ya, kayaknya saya menghilangkan pulpen kamu lagi hari ini” dan yang kedua yaitu 2) menunjukkan bahwa seseorang takut akan terjadi hal buruk di masa yang akan datang, contoh: “I’m afraid that our teacher will not come again tomorrow and we’ll pass so many lessons / Saya khawatir guru kita absen lagi besok dan kita akan ketinggalan banyak pelajaran”

3. I can’t help thinking…

I can’t help thinking bukan berarti Saya tidak bisa menolong memikirkan?  namun kata help dalam ekspresi tersebut sama artinya dengan STOP. Jadi, artinya saya tidak bisa berhenti memikirkan sesuatu, aias khawatir. Contohnya “What’s going on? I feel that you can’t help thinking how to finish our paper on time / Ada apa? Kayaknya kamu tidak bisa berhenti memikirkan bagaimana menyelesaikan essay kita tepat waktu”

4. I can’t stop thinking about…

Mungkin, kamu baru saja mengalami hal buruk, atau kamu membayangkan hal-hal aneh terjadi besok, dan kamu tidak bisa berhenti memikirkannya. Maka kamu bisa gunakan ekspresi ini, I can’t stop thinking about… Bisa digunakan untuk hal yang lampau (past) maupun yang akan datang (future).  Contoh: “How can I sleep tonight? I can’t stop thinking about my job interview tomorrow / Bagaimana saya bisa tidur malam ini? Saya tidak bisa berhenti memikirkan wawancara kerja besok”

5. I’ve been worried sick about…

Pertama, kita lihat ada tenses I’ve been >> past. Artinya, kita mengkhawatirkan kejadian yang sudah berlalu. Dan kita memikirkannya sejak kejadian tersebut hingga sekarang. Selanjutnya, ada kata “sick” >> kekhawatiran tersebut membuat kita menjadi sakit/menderita. So, bisa disimpulkan bahwa ekspresi tersebut menunjukkan kekhawatiran tingkat tinggi. Namun, I’ve been worried about biasa digunakan untuk suasana informal. Contoh: “My mom has been worried about her broken porcelain. That was a heritage from joseon, an old era of Korea  / Ibuku masih saja mengkhawatirkan gucinya yang pecah. Guci itu benda peninggalan jaman joseon, jaman kuno Korea”

6. It’s been keeping me up at night

Ekspresi yang satu ini digunakan untuk level kekhawatiran cukup rendah, hanya karena kamu sedang memikirkan banyak hal dalam satu waktu, sampai kamu tidak bisa tidur. Biasanya digunakan di dunia kerja, ketika ada banyak seki pekerjaan dnegan deadline sempit, maka kamu bisa gunakan ekspresi “It’s been keeping me at night” namun, penggunaan ekspresi ini adalah dalam suasana informal. Contoh: “Mr. Yoshi gave me a lot of works today. It’s been keeping me at night / Mr. yoshi memberiku banyak sekali pekerjaan hari ini. Saya tidak bisa tidur dibuatnya”

7. I’m dreading / I’m really nervous

Dread = fear, atau takut. Bisa dikatakan, dreading adalah grogi tingkat tinggi. Sama dengan really nervous. Contoh:

  • I’m dreading seeing the man who often follows me when I was heading home / Saya takut ketemu dengan orang yang sering ngikutin saya kalau pulang ke rumah.
  • I’m really nervous about my presentation tomorrow / Saya benar-benar grogi dengan presentasi besok

Oke deh, sob kampung inggris, itu dia beberapa ekspresi tentang WORRY yang bisa banget kamu praktikkan dalam kehidupan sehari-hari ^_^

Mau tau ekspresi lainnya? Baca selengkapnya di: Talk About Over

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *