Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Term Vs. Word

Term Vs. Word

Term Vs. Word – Banyak yang mengira bahwa term dan word adalah sama-sama kata dan bisa digunakan secara sinonim. Namun keduanya memiliki sedikit perbedaan. Pada intinya, word adalah suatu elemen dalam kebahasaan. Sedangkan term, merupakan kata dengan makna tertentu. Berarti, jelas bahwa term dan word bukanlah sinonim. Simpelnya, semua term (istilah) adalah word (kata), sedangkan semua word belum tentu term. Lebih detil lagi, mari kita bahas perbedaan term dan word lebih mendalam.

Apa itu WORD?

Word, atau dalam bahasa Indonesia berarti ‘kata’. Word adalah elemen paling kecil dalam bahasa, yang  merupakan kombinasi dari huruf-huruf. Word bisa berdiri sendiri. Dan jika satu kata digabungkan dengan kata lainnya, akan membentuk kalimat. Word bisa digunakan dalam bahasa tulisan dan percakapan. Yang membedakan word dengan term adalah, word berarti general atau universal bagi semua speaker-nya, sedangkan term memiliki makna dan situasi spesifik. Meskipun kebanyakan word juga termasuk term.

Sebuah kata bisa menjadi word bukan karena ia panjang ataupun pendek. Salah satu contohnya, ‘a’ adalah kata terpendek dalam bahasa inggris yang berarti sebuah. Namun ada juga kata ‘Antidisestablishmentarianism’ yang panjang, namun juga disebut sebagai word.

Selain arti dasarnya, word juga punya penggunaan lain. Salah satunya adalah perpendekkan dari phrase “my word is my bond” yang berasal dari para penghuni penjara di US. Kemudian dipendekkan lagi menjadi “word is bond”, hingga saat ini yang biasa digunakan adalah “word”, artinya bicara benar atau jujur, entah untuk bertanya (mengkonfirmasi) maupun interjection (pernyataan). Contoh: “the man who hit a girl in front of her school deserved to go to prison / pria yang menabrak gadis di depan sekolahnya pantas dipenjara” “word! / Betul!”

Word juga bisa menjadi verb (kata kerja). Artinya adalah mengatakan, menulis atau menggunakan kata. Contoh: “I don’t know how to word my apology properly for telling him a lie / saya gak tau bagaimana mengatakan maaf karena telah mengatakan kebohongan padanya”. Dan terakhir, word juga digunakan dalam keagamaan, khususnya kristiani, yang berarti firman Tuhan atau bagi umat kristen ‘word’ tertuang dalam bibel.

Apa itu TERM?

Sederhananya, term (istilah) adalah word. Namun term adalah kata yang memiliki makna khusus dan digunakan dalam situasi spesifik. Misalnya, dalam bidang keilmuan seperti kedokteran, biologi, pertanian, sosiologi dan psikologi biasanta memiliki istilah-istilah khusus yang hanya sesuai digunakan dalam konteks bidang tersebut. Term digunakan untuk mengekspresikan ide, pemikiran, konsep, dan sebagainya. Contohnya, istilah cholecyst digunakan dalam kedokteran untuk menyebut kantong empedu. Satu kata bisa menjadi kata biasa namun juga bisa menjadi term (istilah). Misalnya pada kata sentence. Secara umum kita tau bahwa sentence berarti kalimar, namun dalam bidang hukum sentence berarti putusan hukuman yang dijatuhkan pada terdakwa.

Term juga lebih sering diidentikkan dengan bidang ilmu pengetahuan tertentu, sehingga term digunakan lebih formal dari word dan akan sering ditemui di tulisan-tulisan maupun diskusi di bidang science.

Kita ulang sekali lagi ya. Word dan term memiliki perbedaan, dimana word bersifat basic, umum, dan sering ditemui sehari-hari. Sedangkan term merupakan kata spesifik yang digunakan dalam situasi khusus juga. Sifatnya lebih formal dan tidak kita temui dalam percakapan sehari-hari. Semoga penjelasan word vs. term ini bermanfaat untuk sahabat kampung inggris.

Jangan lewatkan juga: Beside vs. Besides.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *