Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

10 Tips Ampuh Anti Ngantuk Belajar Bahasa Inggris

10 tips ampuh anti ngantuk saat belajar

10 Tips Ampuh Anti Ngantuk Belajar Bahasa Inggris – Ngantuk adalah hal yang wajar bagi setiap orang, apalagi bagi kamu yang suka sekali begadang, pasti ngantuk di pagi hari adalah langganan. Namun bagaimana kalau ngantuk ini tidak bisa dihindari saat bekerja di kantor ataupun di sekolah. Seringkali orang-orang yang datang ke seminar yang materinya membosankan juga pasti akan ngantuk. Belajar terlalu lama juga bisa menyebabkan ngantuk. Kalau sudah begini, apa ya solusinya?

Aktivitas belajar tampaknya adalah yang paling sering menjadi korban ngantuk para siswa. Bahkan, di kampung inggris Pare yang terkenal dengan suasana belajar asik dan menyenangkan saja, ada saja siswa yang ngantuk-ngantuk dalam mengikuti pelajaran. Apalagi di sekolah formal yang biasanya hanya satu arah, kalau itu bukan mata pelajaran favorit, pasti akan kamu tinggal tidur ^_^

Nah, ngantuk yang mengganggu semacam inilah yang perlu kita hindari. Apalagi kalau kamu sedang mengikuti kursus bahasa inggris berbayar, sayang kan uangnya kalau belajar sambil ngantuk. So, mari kita sama-sama lihat solusi untuk ngantuk saat belajar bahasa inggris, atau belajar apapun.

1. Mengatur Jadwal Belajar

Jangan biarkan mata dan otak terlalu lelah dengan membiarkan kita belajar terlalu lama dan tanpa istirahat. Usahakan berhenti belajar tiap maksimal 1 jam. Istirahat sejenak 5 menit cukup untuk menyegarkan kembali otak. Dengan lima menit tersebut kamu bisa minum, olahraga kecil, menghirup udara segar, dll. Mengatur jadwal belajar juga penting agar kita tidak bosan dengan subjek itu-itu saja, terlebih bagi kamu yang suka belajar otodidak, wajib punya planner harian agar tidak bosan dan ngantuk.

2. Makanan Sehat dan Seimbang

Terlalu banyak makan karbohidrat, minyak atau goreng-gorengan di pagi hari bisa bikin aktivitas pagi kamu terganggu karena ngantuk. Berat badan yang over juga bisa menimbulkan hal yang sama. So, faktor makanan ini sangat penting untuk diperhatikan. Kamu bisa makan buah-buahan, sayur, minum air putih yang cukup, atau yang akrab disebut food combining. Dengan begitu, badan terasa bugar dan fit, yang pastinya jadi anti ngantuk.

3. Istirahat yang Cukup

Mau nggak ngantuk? ya tidur. Bukan tidur saat belajar, melainkan tidur yang cukup di waktu yang tepat. Tidur di malam hari itu wajib. Usahakan tidak tidur terlalu larut apalagi sampai tidak tidur. Kurangi aktivitas begadang agar tubuh bugar dan fit. Kurang tidur bisa menyebabkan penurunan kualitas otak lho, nah makanya hati-hati dalam mengatur waktu tidur.

4. Olahraga

Olahraga untuk menghadang ngantuk terbagi menjadi dua; Pertama, olahraga rutin setiap hari agar tubuh terasa lebih ringan, fit dan segar dalam beraktivitas. Kedua, olahraga kecil saat ada serangan ngantuk dalam belajar. Bagi kamu yang berada di kelas, kamu bisa merenggangkan tubuh, atau meremas-remas tangan. Sedangkan lebih fleksibel lagi kalau kamu belajar otodidak. Kamu bisa keluar sejenak untuk menghirup udara segar, lari-lari kecil, atau sedikit senam.

5. Keep Being Positive

Ada beberapa objek pelajaran yang tampaknya menjadi momok bagi para siswa, salah satu contohnya adalah grammar. Katanya, kalau sudah masuk materi grammar, seperti apapun gurunya, dunia berubah jadi seperti belajar fisika yang bikin ngantuk. Benarkah? Wah ternyata itu hanya sugesti saja. Cara paling jitu adalah mengubah mindset negatif menjadi positif. Saat teman-temanmu bilang materi itu membosankan, kamu harus bilang sama diri sendiri bahwa materi tersebut sangat menarik dan dinanti-nanti karena manfaatnya yang luar biasa. Ada juga materi yang terkenal sulit, kamu wajib menanamkan pada diri sendiri bahwa materi tersebut mudah, yang penting belajar dulu.

6. Minum Segelas Kopi

Kopi, sudah menjadi legenda paling ampuh penghilang ngantuk. Selain anti ngantuk kopi juga bisa menambah semangat belajar karena bisa menimbulkan efek tenang dan senang. Kalau kamu tidak suka dengan pahitnya kopi hitam, kamu bisa mencoba berbagai jenis kopi instan yang sekarang marak dijual. Mulai dari cappuccino, mochaccino, latte, dan sebagainya.

7. Tarik Napas dan Atur Posisi Duduk

Ngantuk saat sedang belajar? kendalikan dengan mengganti posisi duduk lalu tarik napas agar lebih segar. Kalau kamu belajar di kelas, usahakan tidak berada dalam posisi yang menyandar pada bangku atau tembok. Belajar di lesehan pun sebaiknya di tempat strategis, seperti duduk paling depan, atau minimal tidak menyandar di tembok.

8. Hindari Main Gadget

Membuka dan memainkan gadget saat ngantuk justru akan menambah tingkat kengantukan seseorang. Selain menambah lelah mata, lama-kelamaan kamu akan tambah bosan dan tambah ngantuk. Jadi sebaiknya, hindari gadget dan lakukan hal lain.

9. Minum Air Putih

Jangan lupa minum air putih sebelum belajar untuk menambah oksigen dalam otak. Bagi kamu yang malas beranjak dari tempat belajar, kamu bisa membawa tumblr atau botol minum berisi air putih. Saat datang rasa kantuk, segera teguk air putih. Namunjangan berlebihan ya, karena bisa menyebabkan kamu bolak-balik ke kamar kecil ^_^

10. Ijin Keluar lalu Cuci Muka

Bagi kamu yang sudah tidak kuat menahan kantuk di kelas, minta ijin keluar lalu pergi ke kamar mandi atau wastafel untuk cuci muka. Jangan malah keluar lalu tidur di musholla ya ^_^

Ekstra tips bagi pecinta bahasa inggris, baca selengkapnya di: Cara Asik Belajar Bahasa Inggris

Semoga 10 Tips Ampuh Anti Ngantuk Belajar Bahasa Inggris ini bermanfaat ya. Kamu juga bisa bikin jurus anti ngantukmu sendiri lho, lakukan saja hal-hal aneh (asal disesuaikan dengan situasi dan kondisi ya) saat ngantuk seperti memakai ikat kepala dan kacamata, melihat teman sekelas yang juga ngantuk berat, makan cabe, dan lain-lain. Selamat belajar ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *