Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Tips Belajar IELTS Gratis

belajar IELTS gratis

Tips Belajar IELTS Gratis – Menguasai bahasa asing adalah harapan bagi kebanyakan orang, khususnya bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Kegunaan bahasa inggris bukan hanya sebagai formalitas belaka mata pelajaran di Sekolah. Tapi hari ini, bahasa Inggris sudah menjadi tren dan juga kebutuhan sehari-hari. Bahasa anak gaul saat ini, banyak yang mulai mengadaptasi bahasa asing, seperti btw (by the way), sorry, envy, omg (oh my god), bff (best friend forever), dan lain sebagainya. Lebih jauh lagi, bahasa Inggris dibutuhkan di berbagai bidang seperti dunia akademik. Bagi kamu yang akan kuliah ke luar negeri, bahasa Inggris adalah syarat mutlak mendaftar kuliah. Biasanyamereka meminta sertifikat TOEFL atau IELTS. Ketika kita membuat jurnal ilmiah, tesis atau skripsi, kita juga dituntut membuat abstrak dalam bahasa Inggris. Kalau sudah begini, maka bahasa Inggris sudah seharusnya kita kuasai.

Menguasai Bahasa Inggris dibuktikan dengan test profisiensi bahasa Inggris. Dengan mengikuti test tersebut, berarti kita adalah English user yang tersertifikasi oleh lembaga resmi secara Internasional. Salah satu test profisiensi Bahasa Inggris yang saat ini sangat populer adalah IELTS (Internasional English Language Test Service) yang diselenggerakan oleh 3 lembaga yaitu University of Cambridge, IDP, dan British Council. Apa dan bagaimana itu IELTS, sebaiknya kamu membaca dulu artikel yang satu ini: IELTS, Tes Tersulit Sepanjang Sejarah?

Banyak yang mengeluh betapa sulit dan mahalnya tes IELTS. Maklum saja, sekali tes kita harus membayar RP 2.700.000 sekali tes, berapapun skornya. Belum lagi untuk kursus IELTS, textbook, dll. Wah, bagaimana ya kalau keuangan mepet padahal kesempatan kuliah LN di depan mata. Berikut ini beberapa tips yang bisa kami share bagaimana bisa belajar IELTS secara gratis, atau minimal lebih murah ketimbang harus kursus berjuta-juta. Untuk itu, memang butuh effort lebih besar, namanya juga gratis. hihi. Dan hampir semuanya merupakan belajar mandiri, makanya butuh kedisplinan tinggi. Yuk Cekidot 😀

1. Download E-Book Gratis

Jika kamu minim dana untuk membeli buku-buku IELTS preparation, kamu hanya perlu bermodalkan laptop dan wifi, lalu download e-book gratis. Mulai dari Cambridge, textbook dari penyelenggara resmi IELTS, hingga pengarang lain seperti Barron. Bukan hanya textbook IELTS, namun sebaiknya kamu juga belajar dari e-book lainnya yang berisi materi bahasa Inggris. Karena sekali lagi, IELTS merupakan test seberapa jauh kemampuan bahasa Inggris kita secara natural. So, belajar sebanyak-banyaknya tentang bahasa Inggris.

2. Kursus Online Gratis atau Website Belajar IELTS

Website seperti British Council dan edX biasanya menyediakan kursus Online gratis. Misalnya pada kursus online Futurelearn dari British Council. Selama 6 minggu, kita akan mengikuti pelajaran IELTS lewat video oleh tutor Futurelearn, dan juga ada forum diskusi untuk tanya jawab. Selain mengikuti belajar bahasa inggris online, kita juga bisa belajar dari website yang menyediakan materi-materi untuk IELTS. Dua website yang populer untuk belajar IELTS yaitu ieltliz.com dan dcielts.com

3. Belajar Lewat Video Gratis

Belajar dari video oleh native english speaker cukup efektif. Selain mendapat materi baru, kita juga seperti sedang berkomunikasi dengan native speaker, dan mempelajari cara mereka bicara. Ini akan sangat berguna untuk listening IELTS. video gratis ini banyak sekali yang beredar di Youtube. Salah satu video native speaker yang sering digunakan untuk belajar bahasa Inggris adala engvid dan ieltsliz.

4. Mengikuti Komunitas IELTS Preparation

Komunitas Belajar Bahasa Inggris, kenapa tidak? Karena dengan bergabung dengan komunitas orang-orang yang juga sedang belajar IELTS, kita bisa saling share tips dan materi IELTS. Bahkan, dalam grup whatsapp IELTS Preparation yang sudah ada, mereka share soal yang baru didapatkan lalu membahas bersama-sama. Mereka juga sering videocall untuk latihan speaking. Dan pastinya, semua komunikasi dalam grup tersebut menggunakan bahasa Inggris.

5. Latihan Secara Mandiri

Setelah semua materi IELTS terkumpul, tidak ada lagi yang bisa dilakukan selain berlatih. Latihan setiap hari bisa membuat kita terbiasa dengan bahasa Inggris. Apalagi dengan academic english yang sifatnya formal dan tidak biasa kita gunakan sehari-hari, jika tidak dilatih setiap hari, tentunya kita mudah kehabisan kata saat test IELTS. Dengan latihan, kita juga akan belajar dari kesalahan demi kesalahan yang kita buat. Pada akhirnya, kesalahan itu semakin sedikit bahkan sempurna. Jadi, buatlah planning untuk latihan IELTS tiap hari, mulai sekarang juga!

Well, Sahabat Kampung Inggris. itu dia 5 Tips yang bisa kamu gunakan untuk belajar IELTS Gratis. Jangan lupa bahwa IELTS membutuhkan skill bahasa inggris secara natural maupun strategi menghadapi soal IELTS, makanya kamu perlu latihan, latihan, dan latihan setiap hari.

Baca juga: Persiapkan diri menuju IELTS

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *