Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Tips Debat dalam Bahasa Inggris

Tips Debat dalam Bahasa Inggris

Tips Debat dalam Bahasa Inggris – Bahasa internasional adalah bahasa pengantar yang digunakan seluruh orang di dunia jika mereka bertemu dalam satu forum, meski mereka memiliki latar belakang daerah, suku, dan bahasa yang berbeda. Yap, dengan bahasa internasional, semua perbedaan bahasa disatukan. Sama halnya dengan prinsip bhineka tunggal ika di Indonesia, bahasa inggris juga bisa mewakili seluruh bahasa di dunia, karena bahasa inggris telah disepakati menjadi bahasa internasional yang dipakai di banyak negara. Termasuk di Indonesia, arus bahasa inggris sudah masuk ke sekolah-sekolah hingga perguruan tinggi, seakan-akan pemerintah ingin mempersiapkan para pemuda Indonesia agar mampu menguasai bahasa inggris dan menggunakannya kelak untuk kemajuan bangsa. Benar saja, seperti adanya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) ternyata tidak hanya membutuhkan skill yang meyakinkan namun juga bahasa inggris untuk bersaing dengan negara tetangga.

Nah, oleh karena itu bahasa inggris menjadi sangat familiar dengan masyarakat Indonesia. Satu demi satu lembaga kursus bahasa inggris bermunculan. Bahkan, hingga saat ini ada pusat belajar bahasa inggris yang berlokasi di Jawa Timur, yaitu Kampung Inggris Pare Kediri dengan pilihan ratusan tempat kursus di sana. Salah satu metode belajar bahasa inggris yang ditawarkan di kampung inggris dan lembaga kursus lainnya yaitu debat menggunakan bahasa inggris.

Apa itu Debat?

Menurut kamus besar bahasa Indonesia(KBBI), debat berarti pertukaran pendapat mengenai suatu hal dan memberikan berbagai alasan untuk mempertahankan argumen masing-masing. Debat yang dilakukan untuk belajar bahasa inggris  bukanlah debat kusir (debat yang dilakukan secara serampangan, emosional dan tanpa alasana) melainkan debat aktif untuk membiasakan para siswa mengemukakan pendapat menggunakan bahasa inggris. Dengan debat, siswa akan berpikir logis sambil merangkainya menjadi kalimat-kalimat dalam bahasa inggris. Selain itu, debat juga bisa meningkatkan tingkat percaya diri para siswa, karena biasanya kegiatan debat ini ditonton oleh siswa lainnya atau bahkan oleh umum.

Ini dia contoh kegiatan debat di LC Kampung Inggris: Debat Seru di Gathering Night Class

Dalam proses kegiatan debat, dua orang atau dua kelompok masing-masing diberikan topik atau yang biasa disebut dengan motion. Selanjutnya mereka akan mendiskusikan dengan tim apa saja isi pendapat yang akan disampaikanagar meyakinkan juri dan penonton. Umumnya, proses diskusi ini disebut case building. Setelah selesai diskusi tim, masing-masing speaker dari tiap tim diberikan waktu oleh moderator untuk menyampaikan pendapatnya sesuai dengan topik. Biasanya, terdapat dua kelompok yaitu affirmative team (tim yang pro) dan Negative team (tim kontra). Dengan seluruh proses debat ini, para peserta bukan hanya diuji kemampuan logikanya namun juga wawasan terkait topik yang disediakan, dan tidak ketinggalan mengasah kemampuan berbahasa inggris secara professional.

Tips Sukses Debat Bahasa Inggris

Dalam kegiatan debat, bisa jadi ada salah satu pemenang yang berhasil mengambil hati dewan juri dengan opini mereka yang logis, solutif, dan cara menyampaikan pendapat yang lugas. Namun sebetulnya, kesimpulan dari debat bisa saja berada di tengah-tengah antara pro dan kontra. Tetapi terlepas dari kesimpulan yang netral, kita harus tetap tampil professional sebagai peserta debat dalam mempertahankan pendapat. Well, berikut ini tips sukses tampil cemerlang di podium debat bahasa inggris:

1. Get prepared

Ibaratnya, menyiapkan amunisi sebelum berperang. Sebelum debat kita juga perlu mempersiapkan diri. Apa saja yang dipersiapkan?  Pertama, adalah persiapkan materi. Persiapan wawasan umum adalah hal yang sangat membantu, dengan luasnya wawasan seseorang ia akan lebih mudah menjalankan logikanya ketika debat. Apalagi kalau topik yang ditentukan mendadak saat debat dimulai. Dengan waktu terbatas, kita diminta melakukan case building, nahloh, kalau wawasan luas pastinya case building 10 menit pun pasti lancar. Kedua, cari tau tentang teknik debat dengan baik. Misalnya adalah bagaimana cara mencari titik kelemahan lawan debat, nah tentunya itu sangat bermanfaat saat debat nanti. Ketiga, yaitu persiapan bahasa inggris. Ketahui vocab-vocab seputar topik yang mungkin keluar, penguasaan grammar, idiom dan sebagainya. Kita juga bisa menonton video-video debat bahasa inggris untuk memperkaya wawasan.

percaya diri

2. Latihan, latihan dan latihan

Practice makes perfect! Kalimat tersebut 100% betul. Karena mempersiapkan diri saja tidaklah cukup, butuh latihan, latihandan latihan. Entah itu latihan berbicara bahasa inggris, latihan presentasi topik, latihan skimming artikel, dan sebagainya. Kita bisa memulai dengan latihan di depan cermin, atau mengajak lawan bicara untuk latihan. Lebih bagus lagi sering-sering berkumpul dengan kelompok dan melakukan simulasi debat bahasa inggris. Semakin sering latihan, semakin kita bisa mengoreksi mana kekurangan yang perlu diperbaiki.

3. Tenang, Sopan dan Kendalikan Emosi

Keep calm, tetap tenang dan jangan grogi. Untuk mencapai ketenangan tersebut, memang dibutuhkan jamterbang tinggi. Karena semakin biasa melakukan debat di depan umum kita akan semakin pede. Namun bagi kamu yang baru saja memulai debat, jangan khawatir karena dengan sering latihan akan membuat kamu nyaman alias pede berbicara di depan audiens. Berdiri dan bicaralah dengan santai. Jangan tunjukkan gelagat grogi seperti terlalu banyak bergerak.

Sopan berarti, tetap menghargai forum dan juri. Bicaralah dengan nada yang tidak meninggi. Jika ada teman kamu yang sedang mengemukakan pendapat cobalah untuk mengangguk atau menunjukkan raut wajah menghargai. Dan sebaliknya jika kamu mendengar lawan kelompokmu mengungkapkan pendapat yang menurut kamu tidak benar, jangan tunjukkan raut wajah merendahkan, karena itu adalah bumerang bagi kelompokmu. Oleh karena itu, dibutuhkan pengendalian emosi. Jangan biarkan ketidaksetujuan menjadikan kita bicara seenaknya atau malah marah-marah di depan forum. Hal tersebut bisa sangat mengurangi nilai. Pun pendapat yang kamu kemukakan dengan emosi akan justru semakin tidak logis dan mengada-ada.

5. Tampil meyakinkan

Salah satu cara meyakinkan dewan juri dan penonton adalah dengan menyampaikan pendapat secara jelas dan sistematis. Ungkapkan dengan poin-poin yang jelas, misalnya “I’d like to deliver my two responses of this case. My first point is… The second point is…” Sampaikan dengan data dan fakta yang telah kamu persiapkan sebelumnya. Selain cara bicara, kamu juga perlu memperhatikan penampilan. Mulai dari dandanan, dress code, kerapihan.

6. Berdoa

Kalau semua usaha sudah dilakukan, jangan lupa untuk menyerahkan semua prosesnya pada Yang Maha Mengatur. Berdoa bisa menenangkan pikiran dan perasaan. Berdoa juga bisa merubah x faktor yang buruk menjadi hal yang baik. And the last, kamu siap beraksi.

Nah itu dia Tips Debat dalam Bahasa Inggris Mau mencoba? langsung datang aja ke LC Kampung Inggris Pare dan kita belajar debat bahasa inggris bersama-sama!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *