Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Tips Membaca Artikel Bahasa Inggris

tips membaca artikel bahasa inggris

Tips Membaca Artikel Bahasa Inggris – Haloo sahabat kampung inggris! Apakah kamu bosan membaca koran berabahasa Indonesia? Mengapa tidak mencoba tantangan baru; membaca artikel berbahasa inggris. Artikel semacam itu bisa didapatkan di berbagai media, misalnya koran offline The Jakarta Post, atau pun banyak koran online seperti Wall Street Jornal, Huffington, dan banyak lagi. Salah satu aplikasi online bawaan google untuk koran gratis yaitu di google newstand. Di sana ada berbagai kanal berita online yang pastinya berbahasa inggris. Kalau kamu gak bisa mengerti isi artikel bahasa inggris, no worries karena kami akan membahas tips nya kali ini. Yuk cekidot ^_^

Dalam bahasa inggris, kita mengenal COMPREHENSION. Cambridge Dictionary Online menjelaskan, comprehension (noun) adalah “the ability to understand completely and be familiar with a situation, facts, etc.” atau kemampuan seseorang untuk mengerti sesuatu dengan baik. Makanya, di beberapa ujian bahasa inggris mungkin kita akan menemui listening comprehension atau reading comprehension. Ini artinya, ujian tersebut untuk mengukur kemampuan peserta dalam memahami dialog maupun bacaan berbahasa inggris. Nah, sama halnya dengan membaca artikel berbahasa inggris, sangat penting untuk memiliki kemampuan comprehension itu.

Trik simpel untuk bisa mengasah comprehension adalah, terbiasa dengan CONTEX (konteks bacaan) dan tidak terlalu tergantung pada kamus bahasa inggris. Bisa saja, dalam suatu kalimat, ada beberapa kata yang asing bagi kita. Namun dengan membaca kalimat sebelum dan sesudahnya kita bisa mengira-ngira apa maksud kata tersebut. Selengkapnya, yuk kita bahas step by step menmpertajam kemampuan kita membaca artikel bahasa inggris.

1. Membaca Cepat Tanpa Kamus + Note

Step pertama, yaitu dengan membaca artikel secara cepat tanpa menggunakan kamus. Kemudian catat kata-kata yang terasa asing dan sulit bagi kamu. Lalu, kamu bisa menjadikan list kata-kata tersebut sebagai vocab baru. Proses pertama ini untuk memberi gambaran kita, bacaan tentang apa sih ini? Temanya apa? Intinya adalah untuk mendapatkan gambaran isi artikel secara garis besar. Selain itu, membaca cepat tanpa kamus bisa melatih kemampuan kita membaca konteks. Nah, selanjutnya masuk ke step kedua.

2. Membaca dengan Kamus + Summarize

Di step kedua, akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun jangan khawatir, semakin sering kita berlatih membaca dengan tiga step ini, maka langkah kedua dengan membaca plus membuka kamus akan semakin cepat. Misalnya, biasanya kamu membaca dengan kamus untuk satu halaman membutuhkan waktu satu jam, lama kelamaan kamu hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk satu halaman.

Pada langkah ini, baca kembali artikel bahasa inggris lalu artikan kata yang tidak kita tau artinya dengan membuka kamus. pastikan kita mengetahui semua kata dalam artikel. Lalu, lakukan summarize atau ringkasan dalam bahasa inggris untuk tiap paragraf. Dengan membaca dan menulis, kamu menggunakan dua indera untuk belajar bahasa inggris, dan ini sangat baik untuk memasukkan informasi daam otak. Semakin sering membaca -menulis – membaca – menulis, maka kita akan semakin terbiasa dengan frasa, idiom, kata, jenis kalimat, dan grammar.

3. Baca Lagi + Summarize

Setelah mengetahui arti tiap kata dan inti tiap paragraf, pada step ketiga kita membaca lagi artikel tersebut lalu membuat ringkasan dalam bahasa inggris untuk satu artikel. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan semua informasi artikel secara lengkap dan memastikan tidak ada misunderstanding. Then, tugas membaca selesai dengan baik. Yeay!

Menghadapi reading comprehension? Baca tips nya di sini: Strategi Menghadapi Soal Reading

Sekian Tips Membaca Artikel Bahasa Inggris. Kunci utama nya adalah dengan berlatih, berlatih, dan berlatih. Luangkan waktu setiap hari untuk mengulang tiga step di atas. Lama kelamaan, kamu hanya akan membaca artikel sekali dan bisa mengerti semuanya. Keep learning ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

4 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *