Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Tips Mudah Menghadapi Confusing Words

tips menghadapi confusing words

Tips Mudah Menghadapi Confusing Words – Memasuki dunia bahasa inggris, seperti menjelajah dunia baru yang banyak tantangan. “Belajar bahasa Indonesia dan bahasa Daerah aja udah susah, nilai tes belum tentu bagus, apalagi ditambah bahasa inggris” begitu kira-kira beberapa keluhan yang terdengar dari banyak orang. Bahasa inggris adalah sesuatu yang sulit dan merepotkan. Padahal, jika kita kenali bahasa internasional tersebut lebih dalam lagi, pasti kita akan tertarik. Paling tidak, sebaiknya kita mengetahui manfaat belajar bahasa inggris agar lebih semangat. Selengkapnya, kamu bisa baca di artikel: 10 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Salah satu kendala yang menakutkan banyak orang untuk belajar bahasa inggris adalah adanya jutaan vocab baru bahasa inggris yang perlu diketahui. Uniknya, banyak sekali vocab dalam bahasa inggris yang memiliki bentuk serupa tapi memiliki makna berbeda. Ada juga yang memiliki cara pengucapan sama namun artinya berbeda. Kata-kata semacam ini biasa disebut confusing word. Confusing dalam bahasa Indonesia artinya memusingkan, word = kata. Sehingga, confusing word bisa diartikan kata-kata yang memiliki persamaan bunyi dan bentuk namun penggunaan dan maknanya berbeda, sehingga seringkali membuat kesalahan. Tapi, jangan khawatir karena kami sudah menyiapkan beberapa tips dan trik agar kamu tidak ikut bingung dengan confusing word ini. Yuk, kita simak ulasannya berikut ini.

1. Cari Tau Apa Saja Confusing words

Kata-kata yang membingungkan itu jumlahnya ada banyaaak sekali. Bisa ada ratusan. Nah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tau, apa saja yang termasuk dalam confusing word. Ibarat orang mau perang, harus tau dulu medan dan musuhnya, agar tau strateginya. Sama saja dengan menyikapi confusing word, cari tau dan kenali, lalu pahami perbedaan maknanya. Cari tau di mana?? The simple one, cari saja melalui professor google. Masukkan kata kunci tentang confusing word, dan semua kata terkait akan muncul di halaman PC/laptop kamu. Kalau mau artikel berbahasa Indonesia, kamu hanya perlu menambahkan kata kunci, misalnya: “confusing words adalah” “apa saja confusing words” “berbagai macam confusing words” dan lain sebagainya. Contoh dari beberapa confusing words yang mungkin sering kita temui yaitu:

A while

Awhile

Few

A few

Adapt

Adept

Adopt

Fabric

Factory

Advice

Advise

Practice

Practise

Like

As

Color

Colour

Borrow

Lend

Watch

Clock

Quiet

Quite

Listen

Hear

Rise

Raise

See

Look at

Among

Between

Sell

Sale

2. Kenali dan Pahami Maknanya

Oke, sudah cari tau ya apa saja confusing words di dunia ini? Step selanjutnya adalah mengenali dan memahami makna plus penggunaannya. Umumnya, kalau kamu mencari confusing words via internet, maka website terkait juga akan menjelaskan penggunaan, arti, kesalahan umum terkait confusing words tersebut. Dengan mengetahui perbedaan penggunaan dan arti, kamu akan lebih mudah memvisualisasikan dalam otak, sehingga kita akan mengingatnya terus. Beberapa contoh artikel yang juga mengulas lengkap confusing word yaitu: Loose vs. Lose, Fun or Funny, drug vs. medicine, specially dan especially.

3. Menggunakan Confusing Words

Dengan adanya ratusan confusing words, mungkin akan sangat sulit untuk kita hafalkan. Namun mau tidak mau kita memang harus mengingatnya, hingga lama kelamaan kita akan menggunakannya secara otomatis tanpa berpikir lagi. Tanpa menghafal satu per satu, kita bisa menggunakannya langsung. Caranya adalah: setelah mencari tau dan mengenali maknanya, langsung kita tulis menjadi list of confusing words. Secara bertahap, gunakan confusing words tersebut satu per satu menjadi kalimat demi kalimat. Setelah ditulis, kemudian diucapkan. Kalau bisa, ditambah dengan membayangkan dan mempraktikannya. Dengan menggunakan semua indera, maka sesuatu bisa terekam oleh otak dalam jangka waktu yang lebih panjang. Dan pada akhirnya lama kelamaan kita menjadi hafal dengan confusing words yang awalnya membingungkan.

4. Rajin Membaca

Membaca artikel bahasa inggris sangat banyak manfaatnya. Selain menambah kosa kata baru, membaca artikel in english juga bisa menguji kemampuan kamu memahami confusing words. Semakin banyak membaca akan semakin banyak kamu tau, dan semakin jago. Sebaiknya membaca artikel yang bahasanya formal/baku secara gramatikal, misalnya koran, jurnal, teks pidato pejabat, dan sebagainya. Dengan tulisan formal, kamu bisa melihat pola penggunaan vocab secara baik dan benar. Misalnya, ada satu kata yang kamu tidak ketahui artinya, namun sebelum buka kamus, kamu bisa tau maknanya dari konteks kalimat. Nah, hal semacam inilah yang akan menambah cepat ingatan kamu terhadap kata tersebut. Try it!

5. Take it Easy

Penting banget untuk tidak pusing dengan confusing word. Just take it easy, jangan diambil pusing karena nanti malah akan terasa sulit. Asalkan kamu rajin belajar, rajn latihan dan rajin membaca, pasti kamu akan mudah menguasai sebanyak apapun vocab, seperti para native speakers. Apalagi, media belajar sudah semakin canggih. Kita tidak tergantung lagi pada guru di sekolah atau tempat les, namun informasi terkait belajar bahasa inggris semakin mudah didapat.

Masih banyak pertanyaan? Pingin tau lebih banyak tentang confusing words? Stay tune di web LC Kampung Inggris dan kita akan belajar banyak dari ulasan lengkap berbagai confusing words. Semoga Tips Mudah Menghadapi Confusing words ini bermanfaat yaa ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

17 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *