Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Tips Ngobrol Bahasa Inggris (Wanna dan Gonna)

tips ngobrol bahasa inggris

Tips Ngobrol Bahasa Inggris – Belajar bahasa inggris memang gak ada habisnya. Termasuk yang satu ini, ngobrol bahasa inggris. Kamu pernah percakapan langsung dengan native speaker? Pertama-tama mungkin agak kesulitan, karena mereka berbicara dengan sangat cepat dan sering mereduksi kata. Untuk membantu kita -non- native english speaker- mendengarkan para bule berbicara panjang lebar, maka ada beberapa materi yang kita butuhkan. Misalnya, pronunciation (cara pengucapan bahasa inggris), linking word (menyambung kata saat mengucapkannya), juga word reduction (pengurangan). Nah, dalam kesempatan ini kita akan belajar yang terakhir. Yaitu, pengurangan huruf dalam sebuah kata bahasa inggris. Karena reduction word sering kali diucapkan oleh para native speaker, khususnya dalam percakapan Informal. Contoh simpel reduction word adalah Want to menjadi Wanna. seperti apa selengkapnya? mari kita simak ulasan reduction word berikut ini ^_^

1. Wanna

Ada beberapa kesalahan dalam common reduction atau kata-kata yang biasa dikurangi. Pertama, yaitu “Want to menjadi Wanna”. Kesalahan umum yang terjadi yaitu subjek She, He, It tetapmenggunakan wanna, misalnya She wanna eat meatball. Padahal aturan umum yang seharusnya yaitu:

Subjek

Want to       >>           Wanna

Subjek

Wants to     >>        Wantsta

I

He

You

She

We

It

They

Contoh:

  • I wanna take a pillow from my bedroom
  • They wanna try some new menus in that restaurant

Sedangkan untuk subjek She, He, It jangan lupa menggunakan Wants to:

  • She wants to get a free coffee
  • He wants to be a millionaire

Dalam pengucapannya, want to, wants to, dan wanted to akan terdengar seperti:

“want to” = “wanna”
“wants to” = “wantsta”
“wanted to” = “wantedta” or “wannedta”

2. Gonna

Kira-kira, apa yang biasa menjadi kesalahan umum dalam penggunaan gonna? seringkali kitamenggunakan gonna tanpa memperhatikan tata bahasa yang benar, yuk lihat kalimat berikut:

I gonna go somewhere without you / Saya mau pergi ke suatu tempat tanpa kamu

She gonna buy something for her mom / Dia mau beli sesuatu untuk ibunya

Coba perhatikan dua kalimat di atas, khususnya yang digarisbawahi. Gonna merupakan bentuk informal dari  going to, yang artinya akan melakukan sesuatu dengan perencanaan sebelumnya atau dengan disengaja. Namun, untuk membuat kalimat dengan going to kita tidak boleh melupakan to be, karena rumus seharusnya adalah: S + to be + going to + V1, jadi kalimat di atas seharusnya adalah:

I’m gonna go somewhere without you

She’s gonna buy something for her mom

Selanjutnya, mari kita lihat subjek dan to be yang tepat sesuai dengan kaidah grammar, sekaligus cara pengucapan yang biasa dilakukan native speaker:

Subjek

To be Going to

Cara pengucapan

I

Am Going to I’m gonna

She

He

Is

Going to

He’z gonna

She’z gonna

It

Is

Going to

It’s gonna

They

We

you

are

Going to

They’re gonna

We’re gonna

You’re gonna

Contoh:

  • I’m gonna visit Mr. Kou’s home for a while / Saya akan mengunjungi rumah Mr. Kou sebentar
  • She’s gonna (diucapkan: she’z gonna) buy new PC next month / Dia akan membeli komputer baru bulan depan
  • This cat was sick for long time. It’s gonna be moved to new place / Kucing ini sudah sakit sejak lama. Ia akan dipindah ke tempat baru
  • We’re gonna have fun holiday on the next summer vacation / Kami akan berlibur dengan senang pada liburan musim panas nanti

Baca juga: Will vs. Be Going to

Oke, itu dia Tips Ngobrol Bahasa Inggris kali ini. Kamu akan terbiasa dengan cara pengucapan seperti ini jika sering mendengar native speaker berbicara. So, jangan bosan untuk mendengar audio atau podcast berbahasa inggris. Kamu juga bisa mempraktikkan ngobrol informal ini dengan partner belajar, seperti di Kampung Inggris Pare yang penuh dengan suasana ngobrol bahasa inggris. karena praktik dan berlatih adalah kunci untuk bisa lancar bicara bahasa inggris.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *