Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Tips Penting Buat Kamu yang Mau Tes IELTS

Tips Penting Buat Kamu yang Mau Tes IELTS

Tips Penting Buat Kamu yang Mau Tes IELTS – Bagi kamu yang berencana kuliah ke luar negeri, pastinya sudah tidak asing lagi dengan tes IELTS. Tes bahasa inggris ini memang didesain untuk membuktikan bahwa seseorang yang khususnya tinggal di negara di mana bahasa inggris merupakan bahasa asing, dapat berkomunikasi menggunakan bahasa internasional tersebut dengan baik. Selain sebagai alat komunikasi, bahasa inggris juga menjadi banyak persyaratan administrasi untuk akademik maupun pekerjaan. Oleh karena itu, bisa jadi target skor IELTS untuk tiap orang berbeda. Ada universitas yang mengahruskan calon mahasiswanya memiliki skor 7 di masing-masing bagian test. Ada yang mensyaratkan overall skor band 7 atau 8. Tentu saja, semakin tinggi skor IELTS semakin sulit mendapatkannya. Peserta tes IELTS harus mulai melakukan berbagai persiapan agar target skornya tercapai.

Bagaimana dengan pengalaman kamu dalam mempersiapkan tes IELTS? Barangkali, ada banyak sekali tips IELTS yang pernah kalian dapatkan dan berjalan efektif, namun ada yang tidak. Karena cara belajar satu dan orang lainnya tentu berbeda. So, coba yuk cek tips penting berikut ini, semoga bisa membantu kamu yang sedang prepare IELTS!

3 Hal Penting yang Harus Kamu Tau Tentang IELTS

1. IELTS merupakan tes kemampuan bahasa inggris

Menguasai kemampuan bahasa inggris secara umum dengan menguasai materi IELTS merupakan dua hal yang berbeda. Kalau kamu sudah punya skill berbahasa inggris yang baik, maka kamu bisa bicara baik secara formal maupun informal, dan tentunya bisa melewati tes IELTS dengan baik. So, jangan hanya mempelajari soal-soal IELTS berbulan-bulan tanpa belajar bahasa inggris secara umum. Menguasai bahasa inggrs + materi IELTS adalah dua kunci agar skor IELTS kamu bisa mencapai target.

2. Semakin baik skill bahasa inggris, semakin mudah melewati tes IELTS

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menguasai bahasa inggris secara umum baik untuk berbicara, menulis, mendengarkan dan membaca bahasa inggris, akan sangat membantu kita dalam mengikuti tes IELTS.

3. Jangan hanya fokus pada textbook dan latihan soal IELTS

So, mulai sekarang, pelajari bahasa inggris mulai dari dasar hingga advance dalam secara umum. Semakin natural kita jago bahasa inggris, semakin gampang deh tes IELTSnya! Tentu saja textbook dan latihan soal IELTS sangat diperlukan. Namun yang paling penting, jangan hanya terpaku pada materi IELTSnya tapi juga skill bahasa inggris secara umum.

Jadi, poin pentingnya adalah, jangan hanya fokus pada tes IELTS, namun yang lebih penting adalah keahlian bahasa inggris itu sendiri, karena IELTS merupakan tes kemampuan bahasa inggris. Jika kamu hanya belajar pada materi IELTS, bisa jadi kamu akan mendapat skor tinggi (mungkin saat itu kamu sedang beruntung), namun bagaimana dengan tujuan setelah mengikuti IELTS? Misalnya untuk kuliah atau bekerja di luar negeri. Setinggi apapun skor IELTS, namun jika kemampuan kita untuk berkomunikasi dalam bahasa inggris kurang mapan, bisa-bisa kita kebingungan di negeri orang. Setuju?

Tips Penting untuk Persiapan IELTS

1. Buatlah lingkungan bahasa inggris di sekitarmu. Jika kau berada di negara berbahasa inggris, tentunya semua akan jadi lebih mudah karena kamu akan terbiasa dengan bahasa inggris. Jika luar negeri terlalu jauh, kamu bisa tinggal beberapa lama di Kampung Inggris Pare. Di kampung tersebut, kamu akan menemukan orang-orang berbahasa inggris di manapun dan kapan pun. Namun jika tidak, tenang saja karena kita bisa memanfaatkan internet maupun aplikasi belajar bahasa inggris untuk membiasakan diri dengan bahasa inggris.

2. Saat ini, ada banyak komunitas bahasa inggris, komunitas hobby, ataupun komunitas orang-orang yang juga sedang mempersiapkan IELTS yang hanya menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar. Dengan bergabung dalam komunitas ata grup tersebut, kamu bisa melatih speaking bahasa inggris sesering mungkin. Banyak grup semacam itu dalam social chat seperti whatsapp dan telegram. Dan tidak jarang, ada grup yang isinya orang-orang dari berbagai negara, bahkan native english speaker. Peraturannya hanya satu: ENGLISH ONLY! Dengan begitu kamu bisa belajar banyak dari grup ini.

3. Lakukan aktivitas “beraroma” bahasa inggris setiap hari. Misalnya, dengarkan radio BBC atau Australia+, menonton film berbahasa inggris dengan subtitle bahasa inggris, membaca koran online berbahasa inggris, ataupun chating dalam bahasa inggris. Jadikan hal-hal ini menjadi sesuatu yang menarik untuk kamu lakukan tiap hari, dan ENJOY IT!

4. Kamu punya kesempatan menjadi relawan pengajar bahasa inggris! GRAB IT! Misalnya mengajar bahasa inggris di Sekolah Dasar atau hanya mengajar kursus bahasa inggris, dan sebagainya. Jadikan momen tersebut untuk mengimprove bahasa inggrismu.

5. Pertukaran bahasa juga bisa menjadi alternatif cara menguasai bahasa inggris. Di beberapa website seperti interpal, kamu bisa temukan teman baru dari berbagai negara untuk menjadi teman chatting via email atau snail mail (pos). kamu bisa mencari teman yang tertarik untuk bertukar bahasa. Kamu mengajari mereka bahasa Indonesia sedangkan kamu akan mendapatkan banyak pengalaman berbahasa inggris.

6. Latihan sedikit-sedikit namun setiap hari, lebih baik daripada latihan seharian namun seminggu sekali.

7. Jangan takut salah. Dalam proses belajar, semakin banyak kesalahan maka kita bisa belajar dari kesalahan tersebut dan memperbaikinya. Sehingga, lama kelamaan kita akan menguasai bahasa inggris dengan benar.

Nah, itu dia tips penting dalam mempersiakan IELTS. Viele gluck ^_^

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *