Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Tips Pintar Bicara Bahasa Inggris

Tips pintar bicara bahasa inggris

Tips Pintar Bicara Bahasa Inggris – Bisa cas cis cus bahasa inggris, siapa sih yang nggak mau? Apalagi bagi kita yang tinggal di Indonesia di mana bahasa inggris bukanlah bahasa asli, melainkan bahasa asing. Maka, lancar bicara bahasa inggris merupakan hal yang butuh perjuangan. Namun jangan khawatir, kami akan memberikan beberapa tips pintar agar kamu bisa jago ngomong bahasa inggris.

1. Jangan Terlalu Fokus Pada “Keanehan” Dalam Bahasa Inggris

Kadang-kadang, kita bisa melihat pola grammar dalam bahasa inggris, sehingga  lebih mudah untuk dipahami. Namun, di lain waktu kita bisa melihat banyak “keanehan” terjadi dalam bahasa inggris. Misalnya, pada kata “read” /reed/ dan “read” /red/ merupakan kata yang sama, tapi diucapkannya berbeda tergantung saat kapan kamu mengucapkannya, past atau present tense. Atau, kenapa “mice” menjadi bentuk jamak “mouse”, padahal “book” mempunyai bentuk jamak “books”.

Yap, ada banyak pengecualian dalam bahasa inggris. Jika kita terus mempertanyakan alasan kenapa begini mengapa begitu, kita bisa terjebak dengan “mengapa bahasa inggris bisa terbentuk sedemikian rupa”. Karena target kita adalah agar jago berbahasa inggris, maka lupakan keanehan yang sulit untuk dijelaskan, lalu hafalkan saja berbagai aturan tersebut dan belajar hal lainnya.

2. Belajar Secara Total

Belajar bahasa inggris selama satu jam penuh seminggu sekali tidaklah cukup membuat kita jago berbahasa inggris. Cara terbaik untuk meningkatkan skill bahasa inggris yaitu belajar paling tidak beberapa menit setiap hari. Usahakan untuk belajar dengan total. Artinya, tidak hanya belajar latihan soal, atau hanya belajar grammar. Namun gunakan semua indera untuk belajar bahasa inggris. Belajar dengan listening, membaca, bahkan cobalah untuk melakukan hal-hal yang menurut kamu sulit, tapi cobalah! Misalnya, skypean dengan native speaker.

Bisa bicara bahasa inggris sebetulnya bukanlah karena seseorang  IQnya tinggi atau genius. Semua orang bisa belajar bicara bahasa apapun. Ini terbukti dengan paling tidak, semua orang di seluruh dunia bisa bicara satu bahasa. Minimal bahasa asli (mother tongue). So, meskipun kamu secerdas Albert Einstein atau pun seorang yang minim IQ, kamu tetap bisa belajar bahasa.

Kemampuan berbahasa bisa didapatkan dengan berinteraksi dengan bahasa inggris setiap saat. Misalnya nih, kita yang sedari kecil tinggal di Indonesia secara otomatis bisa berbahasa Indonesia dengan sempurna. Mereka yang jago bahasa inggris, biasanya karena mereka sekolah di Sekolah bilingual yang menggunakan pengantar bahasa inggris. Mereka bukan jago english karena belajar di “sekolah speaking bahasa inggris” melainkan karena mereka “dikelilingi” oleh bahasa inggris setiap waktu. Mereka punya lingkungan berbahasa inggris yang mewajibkan mereka ngomong inggris setiap saat.

Kita tidak perlu pergi ke mana-mana, apalagi sampai ke luar negeri hanya untuk menjadi fluent english speaker. Kita hanya perlu “menenggelamkan diri” dalam bahasa inggris.  Artinya buatlah lingkungan bahasa inggris untuk kita sendiri. Misalnya janjian dengan teman agar selalu ngobrol dan chatting menggunakan bahasa inggris atau mendengarkan audiobook atau podcasts kemana-mana. Lihat deh, perkembangan skill english kamu akan meningkat dengan cepat!

3. Kamu Bukan Lagi Pemula!

Orang yang sukses dan gagal bisa terlihat dari sikapnya. So, berhenti berfikir bahwa kamu hanyalah seseorang yang belajar bahasa inggris (english learner). Mulailah belajar berpikir bahwa kamu adalah seseorang yang berbicara bahasa inggris (english speaker). Mungkin menurut kamu ini hal sepele, tapi percaya deh dengan berpikir bahwa kamu adalah english speaker, kamu akan merasa lebih pede dan bisa membantu kamu mengaplikasikan ilmu bahasa inggris yang kamu miliki dengan baik.

Satu hal yang penting jika kamu berpikir bahwa kamu adalah english speaker, maka kamu juga harus mulai mengisi otak kamu dengan bahasa inggris. Misalnya, ketika kamu melihat sebuah rumah, maka yang keluar dalam otak kamu adalah bahasa inggris dari rumah, bukan bahasa indonesia. Sama halnya ketika kamu sedang selftalk (bicara pada diri sendiri), mulailah menggunakan bahasa inggris. Lancar bicara bahasa inggris hanya akan terjadi jika saat kita bicara, kita tidak mendadak menerjemahkan bahasa indonesia ke dalam bahasa inggris. Inilah yang disebut automatically thinking.

4. Gunakan Pola Grammar Dalam Bahasa Inggris

Dengarkan baik-baik jika seseorang bertanya pada kamu dalam bahasa inggris, dan kamu akan bisa menjawabnya dengan mudah, karena bahasa inggris memiliki pola seperti cermin:

  • Does he…..?                       Yes, he does.
  • Can she….?                         Yes, she can.
  • Is it….?                                  Yes, it is.

So, jika ada orang yang bertanya dalam bahasa inggris, jangan diam apalagi lari karena takut tidak bisa menjawab, tapi jawablah dengan pede! Jika kamu tidak yakin, pikirkan pertanyaan apa yang digunakan oleh orang tersebut, dan itulah jawabannya. Kalau kamu termasuk orang yang kesulitan menghafal grammar, maka cara ini bisa jadi lebih praktis. Calm down, ada banyak cara praktis kok dalam bahasa inggris yang bisa mempermudah kita menguasai grammar dan vocab.

5. Perbanyak Listening

Ketika kita mendengarkan native speaker bicara, mungkin kita hanya fokus pada “apa arti kata yang sedang diucapkan”, alias menerjemahkan apa yang native speaker katakan. Listening dengan cara ini sangat penting, tapi ada yang harus kita pelajari lebih dari itu saat listening. Selain mengerti arti kata, cobalah memahami bagaimana cara native speaker mengucapkan kata demi kata (pronounciation). Perhatikan bagaimana mereka menyambung antara satu kata dengan yang lain, atau ketika mereka mengatakan “ya” dan bukan “you”. Ingat baik-baik cara mereka bicara secara formal dan informal, dengan begitu, cara bicara kamu juga akan terdengar lebih natural.

Biar listening tambah oke, baca tips selengkapnya di: Cara Meningkatkan Kualitas Listening Bahasa Inggris

6. Gunakan Bahasa Inggris

Ada sebuah peribahasa dalam bahasa inggris, “Use it or lose it” yang artinya, jika kita tidak menggunakan sebuah kemampuan yang kita miliki, lama kelamaan kita akan lupa. Nasehat yang satu ini sangat cocok dikaitkan dengan belajar vocab, grammar dan speaking. Cara terbaik untuk menghafal vocab, grammar atau bicara seperti native speaker adalah dengan menggunakannya. So, jika kamu mendapat vocab baru, cobalah untuk menggunakannya dalam bicara sehari-hari –meskipun bicara pada diri sendiri-, menulis diary, blog dan lainnya.

7. Jangan Hanya Belajar Vocab

Lancar bicara bahasa inggris berarti kita bisa mengekspresikan ide, pikiran, dan perasaan kita. Jika tujuan kita adalah untuk bicara satu kalimat penuh, so kenapa hanya belajar vocab satu per satu? Kamu akan merasa efek yang berbeda jika mempelajari phrase ketimbang vocab. Pelajari phrase dan ucapkan!

Phrase bisa terdiri dari collocation, yaitu pasangan kata yang biasa digunakan secara bersamaan dan tidak bisa berpisah. Misalnya, “green house” yang berarti rumah kaca, bukan “glass house”; Phrasal verbs yang merupakan kombinasi verb dan partikel seperti “get up” “run out of”; berbagai idiom, seperti “Watch the world go by” dan ekspresi umum yang digunakan dalam bahasa verbal seperti “see you later” “nice to meet you” “I’m sorry to hear that”, dan lainnya.

8. Jangan Terlalu Fokus Pada Grammar

Salah satu kunci dalam belajar suatu bahasa yaitu menyeimbangkan antara belajar dan latihan. Lancar bicara bahasa inggris berbeda dengan mengetahui seluk beluk grammar dengan sempurna. Bahkan, native english speaker juga membuat kesalahan dalam grammar lho! Fluency atau kelancaran bicara berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk berkomunikasi. Inilah mengapa, kadang kita perlu menjauhkan diri dari grammar. Karena jika kita fokus berlebih pada grammar, akhirnya kita akan takut salah berbicara. So, just speak up, semakin sering bicara kita akan tau dimana kesalahan grammarnya dan bisa memperbaiki.

9. Jangan Takut Salah

Kadang, memang sulit menyatukan aturan grammar + vocab ke dalam satu kalimat. Namun, jangan sampai rasa takut salah itu menghentikan kita bicara bahasa inggris. Meskipun saat latihan speaking kamu membuat kesalahan, teruskanlah dulu. Orang lain tetap akan mengerti kok apa yang kita katakan, meskipun secara gramatically salah atau kita lupa beberapa vocab. Semakin sering kita bicara, semakin sering salah, maka semakin cepat kita belajar menjadi benar.

10. Belajar Dari Native Speaker

Belajar bahasa inggris tidak selau harus dari textbook, buku grammar atau dari guru di kelas kok. Siapapun yang bisa ngomong inggris, bisa membantu kita latihan bicara bahasa inggris. Coba saja bayangkan jika kamu dimintai bantuan sama orang Korea untuk mengajarkan bahasa Indonesia. Pastinya dengan senang hati kamu membantunya dong? Nah sama halnya jika kamu meminta bantuan native english speaker untuk latihan speaking, mereka akan senang membantu. So, jika kamu         punya teman yang merupakan english speaker, jangan sia-siakan kesempatan tersebut untuk belajar speaking english.

Nah, kalau kamu mau mempraktikkan 10 Tips Pintar Bicara Bahasa Inggris ini, maka Kampung Inggris Pare adalah pilihan tepat karena di sini kamu akan ketemu dengan partner, lingkungan, dan guru terbaik untuk belajar bahasa inggris. Try this!

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

3 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *