Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Tips Sukses Speech atau Presentasi Bahasa Inggris

 

Tips Sukses Presentasi bahasa inggrisTips Sukses Speech atau Presentasi Bahasa Inggris – Apakah kamu pernah melakukan speech dan presentasi? Speech atau dalam bahasa Indonesia disebut pidato, biasanya berisi topik yang menarik untuk disampaikan ke banyak orang. Sedangkan presentasi biasanya lebih formal dan kontennya sedikit membosankan, karena topiknya seputar bisnis dan materi sekolah. Meskipun membosankan, presentasi ini bisa 100% oke kalau kamu bisa membawakannya dengan baik.

Ya, menjadi yang terbaik dalam ajang speech atau melakukan presentasi di depan orang penting adalah satu hal yang membanggakan. Caranya? Pertama-tama, kamu harus tau teori sukses presentasi dan tipsnya. Kalau sudah, kamu bisa latihan latihan dan terus latihan. Karena pada dasarnya sesuatu yang terus dilatih pasti menjadikan seseorang expert. Nah, yuk kita lihat gimana caranya biar all out dalam presentasi dan speech kita.

Pilih Topik yang Menarik

Hal pertama sebelum kita berpidato atau presentasi yaitu memilih topik. Topik merupakan poin inti dari keseluruhan materi yang akan disampaikan. Sebaiknya, kamu mengambil topik yang menarik bagi orang banyak. Coba bayangkan kalau kamu menjadi pendengar sebuah speech. Kalau kamu ngerti topik yang sedang dibicarakan, pasti kamu akan mengikutinya dengan baik. Ditambah dengan topik yang menurutmu itu menarik dan bermanfaat, kamu pasti akan memunculkan wajah exciting dan tidak bisa membelokkan pandangan sedikitpun dari sang pembicara. Bagaimana kalau kamu kehabisan topik untuk dibicarakan? Well, silakan gunakan topik yang sudah ada, atau topik yang kata orang membosankan, tapi pastikan kamu menyampaikannya dengan sudut pandang yang berbeda dan dengan cara yang berbeda. Hasilnya, para audiens akan tersulap dan mereka bisa mendapat pencerahan “oooh, iya ya, ternyata seperti itu”. Ya, kuncinya adalah make it different.

Topik yang menarik bukan hanya untuk para pendengar, tapi juga buat kamu sebagai speaker. Misalnya, kamu pembicara dalam suatu acara, maka pilihlah materi yang kamu juga tertarik dengan topik tersebut. Boleh juga memilih topik sesuai dengan latar belakangmu. So, kamu bisa lebih gampang menguasai materi. Dengan topik yang kamu sukai saat presentasi, audiens akan melihat wajah exciting dan mereka juga akan ikut semangat mendengarkan sampai selesai.

Kuasai Topik dan Materi

Penting banget nih, jangan sampai kamu melakukan presentasi tanpa persiapan apapaun. Artinya, kamu maju ke depan 0% itu sama saja mau berperang tapi tidak membawa senjata apapun. Meski persiapan 5 menit sebelum tampil, itu akan membuat kamu terlihat lebih siap saat bicara di depan. Biasanya, setelah materi selesai disampaikan juga ada sesi tanya jawab dan diskusi dengan penonton. Nah, kalau kamu sudah menguasai materi, kamu tidak perlu khawatir gagal menjawab pertanyaan mereka.

Menguasai materi/topik bisa dilakukan dengan meriset, mengakses website, koran, jurnal, buku, membaca, diskusi dengan ahli, dan apapun yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan informasi detil tentang topik yang kamu bawakan. Menguasai materi ini sangat penting untuk meningkatkan level pede selama di depan. So, jangan lupa pahami materi dengan sempurna.

Kenali Audiens

Jangan grogi kalau kamu menghadapi presentasi/speech pertamamu dalam bahasa inggris. Keep calm, begitu kata anak muda jaman sekarang. Agar lebih tenang, pastikan kamu mengenali audiens dengan baik. Bukan hanya menguasai materi, presentasi yang baik juga harus bisa menguasai audiens. Kalau audiens adalah anak-anak atau seumuran, maka sampaikan dengan bahasa mereka yang lebih mudah dimengerti. Mungkin bisa bersifat informal, lebih banyak joke, dan nasehat. Sedangkan presntasi/speech yang pendengarnya adalah bisnisman, dosen, para profesional, atau pejabat, sampaikan presentasi dengan bahasa yang formal. Jadi, ingat-ingat ya, sebelum tampil kamu harus tau siapa yang akan jadi audiensnya.

Presentasi yang Menarik dari Awal Hingga Akhir

Seklai lagi, kamu harus membuat presentasi dan speech kamu berbeda. Make it different! dan audiens tidak akan mau berpaling mata sedikit pun ^_^ Caranya, bisa menggunakan slideshow, gambar, alat peraga, musik, ice breaking dan lainnya. Intinya adalah jadikan presentasimu tidak bosan didengar namun tetap berisi.

Kuasai Perhatian Audiens

Detik-detik awal di podium, apa yang kamu lakukan? terdiam? nervous? atau langsung menyampaikan materi? Beberapa menit awal setelah berdiri di depan audiens adalah golden time buat kamu. Kalau kamu bisa menguasai audiens, maka mereka akan memusatkan seluruh konsentrasi hanya pada pembicara di depan. Caranya, bisa kamu mulai dengan memberikan pertanyaan sederhana dan menarik. Misal; “Oh, it’s a truly the most shiny day in a week, isn’t it? Do you need more cold water? or do you prefer ice tea?” atau sekadar sapaan “Hallo, my dearest friends, Good morning, How’s your live? Have you had breakfast this morning?”. Jangan lupa tampakkan wajah semangat, exciting, dan tersenyum

Problem dan Tips dalam Presentasi Bahasa Inggris

Siapa sih yang tidak nervous kalau disuruh melakukan presentasi di depan umum dengan bahasa yang baru. Menggunakan bahasa inggris misalnya, apalagi kalau itu adalah presentasi pertama bagi kamu. Maka perasaan grogi adalah wajar. Tapi, jangan sampai kebablasan ya groginya. Kamu harus mengontrol diri sendiri. Beberapa saat sebelum presentasi, buat nyaman dirimu dengan melakukan hal-hal positif, termasuk memerintahkan hati dan otak untuk tetap positif. Jangan katakan “duh, gimana kalau aku gagal? gimana kalau kau diketawain kalo salah” karena itu hanya akan membuat kamu tambah takut. Sebaiknya, ganti kata-kata dalam pikiran dengan “wah, kalau berhasil, pasti ayah saya sangat bangga” dan kamu jadi lebih nyaman berpidato/presentasi. Hal lain yang bisa membuat nyaman misalnya mendengarkan musik sebelum tampil, sehingga kamu bisa lupa dengan nervous dan tetap rileks. Lalu bagaimana kalau kita nervous saat sedang presentasi? coba untuk mengalihkan fokus dengan membuat gerakan. Dengan sedikit berjalan, berpindah tempat, membuka jas/blazer, mengambil bangku, atau hal lain yang bisa menghilangkan kekakuan, tapi tetap tidak membuat kamu tampak aneh ^_^

Di samping itu, ada hal lain yang jauh lebih penting untuk dilakukan, yaitu LATIHAN. semakin banyak kamu berlatih, semakin kamu menguasai materinya dan semakin pede berbicara di depan umum. Biar tambah sempurna, berikut ini ada tips agar presentasi be rjalan sukses:

1. Bicara dengan Jelas

Say word clearly. Gunakan volume yang tepat, jangan sampai para audiens harus mengerutkan kening untuk menebak-nebak apa yang pembicara sampaikan. Selain volume, pengucapan juga harus jelas agar tidak ada missundertanding. Semakin kamu pelan dan tidak jelas, makan audiens bisa semakin bosan. Lebih parah lagi, mereka bisa pergi dari ruangan.

2. Kontak Mata

Saat ada di depan, lakukan kontak mata dengan semua orang. Bukan dengan hanya satu atau dua orang. Bukan dengan lantai, langit-langit, kertas. Pastikan kamu melihat mata semua orang yang hadir. Para penonton akan merasa sedang diajak bicara oleh speaker, dan mereka jadi lebih berkonsentrasi. Selain itu, kamu bisa menemukan audiens yang tidak fokus, ngantuk atau bahkan tidur untuk diimprovisasi agar mereka kembali fresh.

3. Catatan Kecil

Lupa adalah salah satu sifat manusia. Jadi, tidak masalah kalau pembicara dalam sebuah presentasi lupa. Yang jadi masalah adalah kalau kamu lupa si tengah-tengah, kemudian gugup, kaku, dan mengacaukan seluruh presentasi. So, keep calm and relax. Tetap tenang dan kamu bisa melihat kembali poin-poin yang kamu buat dalam sebuah kartu/note kecil. Ya, kartu kecil yang hanya berisi poin inti bukan penjelasan panjang lebar.

Ini dia cerita siswa LC Kampung Inggris yang belajar presentasi, baca selengkapnya di: Belajar Presentasi Bahasa Inggris

Well, kamu sekarang bisa mencoba Tips Sukses Speech atau Presentasi Bahasa Inggris ini. Semoga sukses ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *