Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Tips Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris

tips wawancara kerja dalam bahasa inggris

Tips Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris – Semua orang di dunia ini pastinya menginginkan pekerjaan impian. Yang sesuai dengan keahlian, gaji tinggi, nyaman, potensi pengembangan karir dan jaringan, dan lain-lainnya. Maka tidak jarang banyak orang yang berlomba-lomba melamar pekerjaan entah di dalam dan luar negeri. Mungkin bagi kita yang melamar di perusahaan lokal di Indonesia akan nyaman-nyaman saja dengan interview kerja berbahasa Indonesia ( tentunya pengecualian untuk Anda yang melamar kerja sebagai guru english hehehe ). Namun bagaimana jika kamu sedang melamar kerja di perusahaan asing? Bahkan, di era MEA ( Masyarakat Ekonomi ASEAN) seperti ini akan ada banyak perusahaan asing dengan pimpinan orang-orang bule yang tidak lancar berbahasa Indonesia. Pastinya, mulai dari pembuatan CV dan lamaran kerja, wawancara hingga saat bekerja akan membutuhkan skill berbahasa inggris. Minimal untuk berkomunikasi secara profesional di tempat kerja.

Maka, belajar bahasa inggris mulai dari sekarang akan sangat membantu kelak ketika kamu akan melamar kerja dengan menggunakan bahasa inggris. Saat menemui hari wawancara, pasti akan ada perasaan nervous atau tidak percaya diri, apalagi wawancara menggunakan bahasa inggris. But no worries dude! karena di sini kami sudah siapkan beberapa tips untuk kamu yang akan menjalani wawancara kerja menggunakan bahasa inggris. Tips di bawah ini dengan catatan kamu sudah bisa merangkai kalimat dalam bahasa inggris ya. Kalau bahasa inggrismu masih nol, wah plisss belajar dulu deh yang banyak. Atau mulakan dengan membaca artikel ini: Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

1. Kuasai Vocab Tentang Wawancara Kerja

Vocab ibarat batu bata untuk membuat sebuah bangunan. Agar speaking kamu lancar saat wawancara kerja, kamu harus menguasai vocabularies atau kosa kata yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Misalnya, pertanyaan umum saat wawancara kerja akan seputar kelemahan dan kekuatan, pengalaman hidup, yang intinya adalah vocab sehari-hari. Namun lebih spesifik, pewawancara akan menanyakan juga pertanyaan tentang keahlian kita. Semisal kita berasal dari background pertanian, maka kuasai lah vocab tentang pertanian yang berhubungan dengan perusahaan terkait. Kekosongan vocab bisa menyebabkan kita grogi dan lupa dengan jawaban-jawaban yang dipersiapkan. So, jangan lupa belajar vocab yaa.

2. Latihan Interview

Sebelum kamu mengahadapi hari H Wawancara kerja , alangah baiknya untuk mempelajari pertanyaan-pertanyaan seputar interview kerja yang akan kita jalani. Paling tidak, cobalah untuk menerka-nerka pertanyaan apa yang akan diajukan dan kamu maish punya banyak waktu untuk mempersiapkan jawabannya dalam bahasa inggris.

Beberapa contoh pertanyaan interview dalam bahasa inggris yaitu:

  • Tell me about yourself
  • Why do you want to work in our company?
  • What are your strengths?
  • What are your weaknesses?
  • Why should we hire you?
  • Why did you leave or why are you leaving your current job?
  • What is your biggest success?
  • How much salary are you seeking? Or how much salary are you expecting?
  • dan semacamnya

Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan interview, bersikaplah tenang namun meyakinkan. Tidak memberikan jawaban yang bertele-tele. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan pertanyaan dan jawaban serta latihan menjawab dalam bahasa inggris, karena situasinya tentu berbeda dengan wawancara dalam bahasa Indonesia. Namun, jangan juga menjadi kaku dan tidak berimprovisasi saat menjawab, karena bisa bisa kamu ngeblank karena kebingungan.

3. Membaca Pengalaman Interview Orang Lain

Ada jutaan blog di dunia ini, pasti salah satu atau salah sepuluhnya menyediakan artikel yang terkait dengan interview kerja tujuan kita, yang tentunya dalam bahasa inggris. Mulailah dengan melakukan surfing di google dengan kata kunci yang kamu inginkan. Di sana akan keluar berbagai artikel tentang pengalaman wawancara kerja dalam bahasa inggris. Semakin banyak kita baca pengalaman orang maka semakin banyak kita belajar, entah itu pengalaman berhasil maupun pengalaman gagal.

4. Kuasai Tips Umum Saat Wawancara Kerja

Tips umum dalam wawancara kerja entah itu menggunakan english maupun bahasa Indonesia, tetap harus dilakkan. Contoh tips umum yang perlu kamu kuasai adalah:

  • Berpenampilan rapih, sopan dan meyakinkan
  • Tersenyum dan menjabat tangan interviewer dengan hangat
  • Datang 15 -30 menit sebelum wawancara
  • Tidak menunjukkan kegrogian selama interview
  • Mengucapkan terimakasih setelah selesai proses wawancara,
  • dan sebagainya

5. Keep Being Positive

Mental positif akan membawa kekuatan besar untuk diri kita. Mulai dari persiapan, saat wawancara maupun setelahnya. Jangan lupa untuk berdoa dan mneyerahkan semua pada Tuhan yang Maha Berkuasa. Semoga pekerjaan yang diimpikan bisa tercapai dengan baik.

Butuh partner buat belajar interview kerja? Ribuan orang sudah datang ke kampung inggris pare untuk belajar bahasa inggris buat kuliah, interview kerja, dan lain-lainnya. Kamu mau coba juga? Langsung datang aja ke kampung inggris. Di sini kamu bisa belajar vocab, grammar, for interview, belajar speaking, dan lainnya. Semoga beberapa Tips Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris ini bisa bermanfaat untuk kamu. Semoga sukses!!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

2 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *