Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Ujian Bahasa Inggris, Siapa Takut?

Ujian Bahasa Inggris, Siapa Takut

Ujian Bahasa Inggris, Siapa Takut? – Menjelang  ujian bahasa inggris, banyak siswa yang stres. Apalagi, bagi mereka yang menggunakan sistem SKS alias sistem kebut semalam. Bukan hanya soal SKS, tapi banyak juga anak-anak yang tidak tahu bagaimana mereka belajar sebagai persiapan ujian bahasa inggrs. Maklum saja, karena bahasa Inggris di Indonesia merupakan bahasa asing. Sehingga, banyak juga siswa yang masih asing dengan bahasa internasional tersebut, lalu takut meghadapi ujiannya.

Kali ini LC Kampung Inggris bakal membahas strategi dan tips mempersiapkan ujian bahasa inggris dengan baik. Entah kamu seorangsiswa SMP, SMA, maupun di bangku kuliah. Karena beberapa tips  yang akan dibahas sifatnya umum da bisa dipraktikkan oleh semua  kalangan.

1. Menghafal Vocabulary

Hampir setiap ujian bahasa inggris –kecuali TOEFL/IELTS– memiliki topik vocabulary yang spesifik. Misalnya, di SMA, kamu baru menyelesaikan materi tentang expression of giving advice, maka saat ujian kamu bisa fokus belajar vocab tentang giving advice. Nah, apa saja yang bisa kita lakukan untuk belajar vocab?

  • Menggunakan flashcard – pastinya kamu tau flashcard donk! Yap, flashcard merupakan kumpulan kartu yag terhubung menjadi satu, lalu di masing-masing vocab berisi vocab dalam bahasa inggris, lalu artinya dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris, bisa juga terdapat gambar yang berkaitan. Flashcard , saat ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi di smartphone. Entah itu manual maupun digital, flashcad bersifat simpel da mudah dibawa kemana-mana, sehingga kamu bisa menghafal vocab di mana pun.
  • Belajar kata dasar dan imbuhan (prefix dan suffix) – Kata dasar yaitu katabiasa yang bisa diberi imbuhan, seperti kata kerja thought, care, happy. Selain mengetahui dan menghafal vocab tunggal, sebaiknya kita juga mampu menguraikan prefix (imbuhan di awal), dan suffix (akhiran). Dengan mengetahui peraturan dasar dari prefix dan suffix, kita tidak perlu menghafal semua kata dalam bahasa inggris, namun bisa menebak artinya hanya dengan mengetahui makna penggunaan prefix dan suffixnya. Misal, care menjadi careless dan cereful, understanding menjadi misunderstanding, used menjadi misused dan disused. Selengkapnya tentang imbuhan dalam bahasa inggris, baca di: Prefix dan Suffix
  • Tuliskan vocab yang kamu hafal – Menggunakan semua indera untuk belajar suatu bahasa adalah cara yang sangat baik. Maka, kamu juga bisa menghafal vocab dengan menulisnya, menghafalnya, juga mengucapkannya. Tulis lah  list vocab yang sedang kamu hafal beserta arti dan contoh kalimatnya.

2. Membaca!

Membaca bisa memperkaya vocab dan grammar. Bahkan meski kita tidak tau arti vocab yang baru, namun dengan membaca suatu teks kita bisa menebak artinya melalui konteks.  Apa saja yang perlu dibaca? Cekidot 😀

  • Baca ulang catatan materi pelajaran – cerita, essay, tulisan atau puisi yang kamu pelajari di kelas, sebaiknya kamu baca ulang sebelum ujian. Khususnya pada tulisan yang sering dibahas oleh guru di kelas. Jika kamu punya coret-coretan atau catatan tentang materi bahasa inggris, kamu bisa membaca catatan itu lebih dulu, baru membaca teksnya. Agar lebih sistematis, sebaiknya kamu juga mengecek kembali materi apa saja yang akan kamu pelajari, sebagai garis besar. List materi ini bisa kamu dapatkan dalam silabus maupun daftar isi. Untukk membantu kamu dalam tulisan panjang, kamu bisa fokus pada judul, paragraf awal di paragraf akhir karena di sanalah inti tulisan berada.
  • Bantuan Belajar Online – Selain mempelajari textbook yang diwajibkan oleh guru, kamu juga bisa membaca tulisan bahasa inggris online. DI internet, ada banyak sekali artikel berbahasa inggris yang bisa kamu gunakan untuk mengasah vocab dan grammmar. Caranya dengan membaca, mengetahui artinya, lalu membuat reviewnya. Baca tips membaca artikel bahasa inggris, selengkapnya di sini

3. Mengetahui Kisi-kisi Materi Ujian

Untuk yang satu ini, guru kamu pastinya sering memberikan kisi-kisi atau gambaran apa saja  jenis soal yang akan keluar dalam ujian nanti. Namun jika itu tidak terjadi, berikut ini ada tipsnya agar kamu juga bisa mengira-ngira sendiri jenis soal apa yang akan keluar.

  • Review Silabus – Silabus merupakan kumpulan materi sebagai bahan belajar di kelas. Silabus bisa saja diberikan oleh guru, ataupun bisa kita lihat dalam textbook. Dengan mengetahui silabus materi bahasa inggris yang sudah dipelajari, kita akan tau berapa lama persiapan ujian yang dibutuhkan, sehingga tidak ada lagi sistem SKS.
  • Review buku catatan – Mencatat selama pelajaran adalah sangat penting. Kadang, guru kita menjelaskan sesuatu yang tidak ada dalam buku. Bahkan, kadang kala guru kita juga membuat penekanan-penekanan selama mengajar dan bisa jadi itulah soal yang akan dikeluarkan.
  • Konsultasi dengan guru – Cobalah untuk mencari kesempatan bericara dengan guru bahasa inggris  kamu untuk  Bicaralah dengan sopan dan minta arahan beliau bagaimana caranya menghadapi ujian bahasa inggris. Jangan langsung meminta kisi-kisi ujian jika memang guru kamu tidak memberikannya. Namun paling tidak, kamu tau materi dari bab mana saja yang akan diujikan.
  • Belajar dari soal ujian sebelumnya – Umumnya, guru kita membuat soal dengan format yang tidak jauh beda  dari semester ke semester. Dengan mempelajari soal-soal tahun lalu atau soal semester lalu, kamu bisa belajar pola pembuatan soalnya dan juga kamu bisa mengevaluasi pada bagian mana kah kelemahan kamu. Dengan cara  ini, kita juga bisa tau  format soal seperti apa yang akan diujikan. Misal ujiannya open book, berarti kita perlu membawa buku. Jika ujian dalam sistem komputer, berarti kita tidak perlu membawa alat tulis, dst.

4. Belajar Kelompok Sebelum Ujian

Di masa sekolah, belajar kelompok adalah suatu kebiasaan yang bermanfaat, mengasikkan sekaligus membuat semangat. Dengan belajar kelompok, kita bisa  berbagi pemikiran dan ide agar pelajaran lebih sempurna.

  • Cari teman untuk belajar bareng –Kenyataannya, kamu bukanlah satu-satunya orang yang stres menghadapi ujian bahasa inggris. Teman-teman di kelas pastinya juga memiliki kesulitan tersendiri. Nah, belajar kelompok adalah salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas belajar dengan saling mengoreksi, melengkapi info, dan saling menyemangati jika mengantuk. Namun belajar kelompok bisa saja tidak efektif untuk beberapa orang, misalnya mereka yang  tidak bisa belajar dalam keadaan ramai.
  • Saling berbagi catatan pelajaran – Apa yang ditangkap satu siswa bis jadi berbeda dengan siswa lainnya. So, buku catatan kamu bisa jadi berbeda isinya dengan teman sekelasmu. Maka beragi informasi dari buku catatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedean sebelum ujian.
  • Diskusi dan mengerjakan soal bersama – Jika kita tidak bisa menyelesaikkan satu persoalan, bisajadi teman kita yang lainnya bisa menyelesaikan soal tersebut. Jadi, cobalah mendiskusikkan artikel bahasa inggris, atau mengerjakan soal ujian tahun lalu dan saling mengoreksi.

Oke, itu dia beberapa tips menghadapi ujian bahasa inggris. Semoga bermanfaat 😀

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *