Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Waktu yang Tepat untuk Memulai Belajar Bahasa Inggris

waktu untuk memulai belajar bahasa inggris

Waktu yang Tepat untuk Memulai Belajar Bahasa Inggris – Bagi kamu yang suka dengan dunia sejarah dan penemuan-penemuan menakjubkan dunia, pasti tidak asing dengan nama satu ini: Alan Mathison Turing, ahli matematika Inggris penemu mesin turing yang pada jamannya merupakan mesin yang sangat rumit. Hingga kini, mesin itu dikembangkan menjadi sahabat kita semua: yap, komputer. Kalau kamu melihat cara kerja mesin turing yang sangat kompleks (karena merupakan dasar pembuatan komputer), kamu akan terkagum-kagum sambil memikirkan, bagaimana bisa ya seorang Alan Turing memecahkan kode canggih enigma saat perang dunia II lalu menemukan mesin serumit turing. Atau bagaimana mungkin Sir Isaac Newton berhasil merumuskan teori gravitasi yang sampai saat ini menjadi andalan para fisikawan dan astronom, hanya karena apel yang jatuh. Maka jawaban dari semua itu hanya satu: BELAJAR.

Ya, belajar adalah satu-satunya jalan agar dari yang tidak mampu menjadi mampu. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Belajar artinya berusaha mendapatkan kepandaian atau ilmu. Sama halnya dengan belajar bahasa inggris. Artinya dari kamu yang hanya expert (ahli) menggunakan bahasa ibu / bahasa Indonesia dan sama sekali tidak mengerti apa itu water, door, you, we, home, dll kemudian bisa berbahasa inggris dengan lancar. Nah, itulah belajar. Lalu pertanyaannya, sejak kapan kah sebaiknya kita memulai belajar bahasa inggris?

Kapan Memulai Belajar Bahasa Inggris?

Semakin banyaknya tren belajar bahasa inggris, juga semakin tinggi minat para ibu-ibu untuk belajar bahasa asing tersebut. Salah satu alasannya yaitu agar bisa mengajari anaknya juga bahasa inggris. Sudah banyak balita-balita atau anak kecil yang meluncurka kata-kata dalam bahasa inggris. Bahkan, tidak jarang orang dewasa kalah jago dengan anak tersebut. Sebut saja Muntaz Halilintar yang merupakan hasil didikan orang tua gen halilintar. Muntaz yang berumur 6 tahun sudah fasih berbahasa inggris, bahkan menjadi presenter berbahasa inggris. Kira-kira apa rahasianya?

“Belajar di waktu muda bagai mengukir di atas batu. Belajar di waktu tua bagai mengukir di atas air”

Sebait kalimat bijak yang terkenal sebagai lirik qasidah ini mungkin bisa menjawab pertanyaan besar kita: Sejak kapan sebaiknya kita memulai belajar bahasa inggris? Tentu saja jawabannya saat masih muda, masih kecil, dalam usia yang masih fresh. Mengajarkan bahasa asing pada anak di usia dini akan lebih mampu diserap lebih cepat dan bertahan sangat lama, bahkan hingga ia dewasa. Namun semua butuh proses. Tidak sesimple sang ibu mengajak anak nonton Finding Nemo atau the Karate Kid lalu sang anak akan jago berbahasa inggris. Tapi butuh waktu yang panjang dan beragam metode mengenalkan bahasa inggris pada anak.

Menurut Barbara Z. Pearson, penulis buku Raising a Bilingual Child, waktu yang bagus untuk mengenalkan bahasa asing pada anak adalah sebelum ia berusia 10 tahun. Semakin besar, akan semakin sulit seseorang menyerap ilmu baru. Namun yang paling penting adalah, orang tua tetap harus mengenalkan bahasa ibu (bahasa Indonesia) pada anak paling tidak hingga ia berusia 2 tahun. Sebelum usia tersebut, sebaiknya orang tua tetap full menggunakan bahasa Indonesia agar anak mampu berkomunikasi dengan teman-temannya nanti. Waktu yang sangat baik mengenalkan bahasa inggris pada anak adalah pada saat “golden age” kedua mereka, yakni umur 3-6 tahun. Dimana saat itu, kemajuan bahasa sang anak sangat cepat beriringan dengan perkembangan otaknya.

Namun, Barbara meneruskan bahwa tidak ada kata terlambat untuk belajar bahasa asing (bahasa inggris). Bagi kamu yang mungkin dari kecil tidak pernah tersentuh oleh bahasa inggris, tidak masalah mbelajar di usia berapapun. Karena di dunia ini, tidak ada orang yang bodoh melainkan yang ada hanya orang malas. So, berapapun usia kita saat ini, tidak ada kata sia-sia untuk belajar bahasa inggris. Dengan kesungguhan, keseriusan, dan latihan setiap hari. Kamu pasti bisa!

Baca tips belajar ini, biar kamu makin pede: Cara Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

Kalau kamu masih kurang pede juga, langsung aja datang ke tempat kursus dan kamu bisa temukan partner belajar bahasa inggris. Contohnya, di Kampung Inggris Pare di Kediri Jawa Timur, terkenal sebagai pusat belajar bahasa inggris terbesar di Indonesia. Di sini kamu akan menemukan metode cepat dan menyenangkan belajar bahasa inggris bersama teman-teman dari seluruh Indonesia. Seru kan? Jadi, kapan waktu yang tepat untuk kamu belajar bahasa inggris? Jangan tunggu nanti ya, tentukan sekarang dan sedini mungkin ^_^

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

2 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *