Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Wedding vs. Marriage

perbedaan wedding dan marriage

Wedding vs. Marriage – Mengetahui berbagai vocabulary dalam bahasan inggris sangatlah penting. Pengetahuan ini akan membuat kita mampu menggunakan tiap kata sesuai dengan arti maupun penggunaannya. Perbedaan kata yang mirip ini bisa dari segi kelas katanya, asal muasalnya, maupun artinya. Seperti pada kasus yang sederhana seoerti perbedaan hear dan listen. Keduanya sama-sama berarti melihat. Namun, hear mendengar secara tidak sengaja atau tidak mendengarkan namun tidak secara serius, sedangkan listen berarti ada perhatian lebih saat mendengarkan. Keduanya harus kita ketahui maknanya sehingga penggunaan hear dan listen bisa sesuai. Banyak kata-kata dalam bahasa inggris yang memang membingungkan, atau yang biasa disebut confusing words. Namun jangan khawatir, dengan sering berkenalan, menggunakan dan megingat-ingat confusing words yang ada, tentunya lama kelamaan akan dengan mudah kita membedakannya.

Nah, untuk menambah khasanah vocab sahabat kampung inggris, maka kali ini kami akan kembali mengulas dua kata yang memiliki makna sama, namun ternyata memiliki perbedaan penggunaan. Yaitu perbedaan antara wedding dan marriage. Meskipun sekilas artinya sama-sama pernikahan, namun keduanya memiliki perbedaan. Wedding berasal dari bahasa inggris kuno, weddung sedangkan marriage berasal dari bahasa inggris jaman pertengahan. Untuk lebih detil, mari kita bagi pembahasannya menjadi dua bagian, yaitu wedding dan marriage. Let’s have a look!

Arti dan Penggunaan Wedding

Jika kita membuka kembali kamus bahasa inggris, kita akan mendapati pengertian wedding yaitu “ritual officially celebrating the beginning of marriage”.  A marriage ceremony, atau upacara pernikahan berarti sebuah event di mana terdapat sumpah sakral antara pengantin pria dan wanita. Atau, dalam bahasa kita disebut dengan ijab kabul / akad nikah dan resepsi. Maka itu, dalam collocation, kita tidak mendengar adanya broken wedding, karena yang ada hanyalah broken marriage. Karena wedding hanya berarti event / acara pernikahannya saja. Wedding termasuk dalam kelas kata noun (kata benda) dan countable. Yuk lihat beberapa contoh kalimat menggunakan wedding:

  • Should I attend my ex-boyfriend’s wedding? / Pakah saya sebaiknya menghadiri acara pernikahan mantan cowok saya?
  • This is the most gorgeous yet expensive wedding ceremony that I’ve ever seen / Ini adalah acara pernikahan paling bagus tapi paling mahal juga yang pernah saya lihat.

Arti dan Penggunaan Marriage

Sedangkan marriage, jika kita lihat dalam kamus oxford english dictionary, artinya adalah “the legally or formally recognized union of a man and a woman as partners in a relationship”. Atau simpelnya, adalah “the state of being married”. Bisa dijelaskan bahwa marriage berarti kehidupan pernikahan. Maka itu kita sering mendengar adanya happy marriage yang berarti kehidupan pernikahan yang bahagia dan sukses. Sedangkan broken atau unhappy marriage berarti kehidupan pernikahan yang tidak menyenangkan, atau malah mengalami kegagalan. Kaitannya dengan wedding, bahwa wedding adalah bagian dari marriage, karena wedding merupakan event yang menjadi awal bagi sebuah marriage. Marriage juga sebuah noun yang merupakan countable noun. Contoh:

  • How can you stand with that unhappy marriage? / Bagaimana bisa kamu bertahan dengan pernikahan yang tidak bahagia?
  • Everyone wishes for a happy marriage / Setiap orang mendambakan kehidupan pernikahan yang bahagia.

Nah, sahabat sudah tau kan perbedaan antara wedding dan marriage? Dengan begitu kita bisa menggunakannya sesuai makna wedding yang hanyalah event pernikahannya, dan marriage yang merupakan kehidupan pernikahan seutuhnya. Semoga bermanfaat 😀

Baca juga: Perbedaan Life dan Live.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *