Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Weekly Meeting: Sarana Melatih Speaking Bahasa Inggris

weekly meeting kampung inggris LC

Setiap seminggu sekali, LC Kampung Inggris mengadakan weekly meeting. Agenda ini diadakan pada hari sabtu pagi setiap minggu, dengan kegiatan yang sudah berjalan yaitu speech atau pidato dalam bahasa inggris. Kegiatan dilakukan di camp putri atau di Kusuma Bagus yang saat ini menjadi camp putra LC. Setiap pekan, speaker untuk speech di weekly meeting ini berganti sesuai periode belajar sehingga setiap siswa dari tiap angkatan merasakan bagaimana menjadi speaker dalam pidato bahasa inggris. Acara ini berlangsung dari sekitar pukul 8.00 pagi. Namun karena sifatnya fleksibel, weekly meeting bisa dilaksanakan jumat pukul 16.00 sampai selesai. Dalam agenda weekly meeting, ada lima hingga delapan speaker dan satu moderator yang berasal dari siswa. Diharapkan, materi bahasa inggris yang telah dipelajari selama satu minggu dapat diaplikasikan oleh siswa dalam pidato di weekly meeting ini.

Topik yang diambil para pembicara ini beragam, karena topik pidato diserahkan kepada masing-masing pembicara. Misalnya tentang kesehatan, kebersihan, polusi lingkungan, kebudayaan dan sebagainya. Kebebasan menentukan topik ini bertujuan agar para siswa bisa mengukur diri, tema sepeti apa yang mereka kuasai. Bisa diambil dari latar belakang pekerjaan, tempat tinggal, komunitas asal mereka, atau sesuatu yang memang mereka sukai. Dengan penguasaan materi, pidato jadi lebih berisi dan siswa yang menjadi speaker pun bisa all out dalam presentasi. Selain itu, para siswa dituntut untuk lebih kreatif dalam membuat topik yang sekiranya menarik untuk para penonton.

Untuk membuat pidato lebih menarik, para peserta juga dituntut bisa menghidupkan suasana forum. Caranya gimana? salah satu cara menghidupkan suasana forum yaitu dengan membuat komunikasi dua arah (bukan diskusi tanya jawab ya) antara speaker dan audience. Misalnya, di awal pembukaan, para speaker bisa membuat sapaan ringan untuk para hadirin “Good morning, How are you today? Have you had breakfast?”  dan itu akan membuat kamu yang berbicara di depan umum lebih percaya diri karena seluruh hadirin akan memusatkan fokus pada orang yang sedang berbicara di depan. Peserta weekly meeting yang lain juga membuat beberapa guyonan untuk mencairkan suasana forum.

Weekly meeting ini juga disispi hiburan dengan permainan gitar dan penampilan vokal oleh siswa LC yang memang jago-jago nyanyi dan jago main gitar. Bukan hanya itu, tak jarang mereka mengadakan rujak party atau sekadar small talk dengan siswa lain setelah acara weekly meeting selesai. Jadi, bukan hanya latihan pidato, tapi juga have fun bersama teman-teman sekelas.

nyanyi bareng di weekly meeting kampung inggris LC

Dengan adanya weekly meeting ini, diharapkan siswa LC Kampung Inggris bisa melatih kemampuan pidato mereka di depan orang banyak. Karena salah satu cara agar jago public speaking dengan bahasa inggris yaitu dengan latihan, latihan, dan latihan. Semakin sering siswa tampil di depan kelas maka akan semakin banyak mereka mengoreksi pidato mereka dan semakin jago speech juga pastinya 🙂

Baca lengkap tips cara speaking english di: Hal Penting dalam Belajar Bicara Bahasa Inggris

So, tunggu apalagi? Let’s join LC and speak more! semoga liputan Weekly Meeting untuk Melatih Speaking Bahasa Inggris ini semakin bikin kamu bersemangat belajar inggris. Yuk, belajar di Kampung Inggris ^_^

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *