Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Writing tips: Kuasai Grammar

writing tips

Writing tips: Kuasai Grammar – Dalam dunia tulis menulis, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Selain menguasai vocab dan pemilihan kata, kita juga perlu merangkai kata demi kata untuk mejadi kalimat-kalimat yang sempurna. Kesalahan dalam merangkai kata bisa menyebabkan perbedaan makna. Peraturan ini disebut dengan grammar. Grammar adalah tata bahasa inggris yang mengatur susunan kata, kalimat, frase, dan klausa. Selain memperhatikan grammar, tanda baca (punctuation) juga perlu diperhatikan. Salah menempatkan punctuation, maka arti kalimat bisa saja menjadi berbeda. Contohnya pada dua kalimat bahasa Indonesia berikut: Ayah dandy pergi ke kota. bandingkan dengan Ayah, dandy pergi ke kota. Dalam kesempatan ini mari kita bahas tips grammar yang bisa berguna untuk kamu. Let’s check this out!

Tips Grammar for Writing

Struktur grammar memang tidak  mudah untuk langsung diaplikasikan, apalagi bagi mereka yang baru memulai belajar bahasa inggris. Namun, jika kita memulai dari mengetahui, memahami lalu mempraktikkan grammar dan latiha setiap hari tentu akan menjadi sangat mudah. Apalagi untuk menulis. Untuk mengetahui cara belajar grammar yang efektif, kamu bisa baca selengkapnya di: Tips Mudah Belajar Grammar

Ada beberapa tips untuk membuat tulisan kamu menjadi sempurna secara gramatikal sekaigus menyenangkan untuk dibaca:

1. Menggunaan kalimat yang konkrit

Contoh: The weather was of an extreme nature on the West Coast / Cuaca di sana merupakan cuaca ekstrim di daerah pantai barat. merupakan kalimat yang tidak merujuk langsung pada inti masalah. Sebaiknya diganti dengan: California had unusually cold weather last week / California mengalami cuaca yang tidak biasanya pekan lalu. Kaimat kedua lebih konkrit dari yang pertama.

2. Tidak  melakukan pengulangan there is, there are, it is, it was, dsb.

Pengulangan kata-kata itu bisa mengurangi efisiensi dan estetika kalimat. Sebaiknya, there is, there are, it is, it was dan sebagainya diganti dengan pilihan kata alternatifnya, contoh:

There is a case of meningitis that was reported in the newspaper / Ada kasus meningtis yang dilaporkan di koran

Alternatif: A case of meningitis was reported in the newspaper

Atau: The newspaper reported a case of meningitis. (Active voice)

3. Hindari menggunakan dua kata negatif

Kalimat positif bisa dibentuk dengan menggunakan dua kata negatif, namun sifatnya menjadi membingungkan. Lebih baik, kita menggunakan saja kalimat positif agar lebih lugas, kecuali jika memang dibutuhkan menggunakan dua kata negatif. Misalnya:

He is not unwilling to help (megandung is not dan unwilling) / Dia ingin membantu

Alternatif: He is willing to help

4. Konsisten secara gramatikal

Dalam menunjukkan ide atau pernyataan secara paralel, kita perlu memperhaitikan konsistensi dalam penulisannya. Kalimat paralel biasaya menggunakan and atau or atau koma. Nah, untuk menggunakan kalimat paralel ini kita harus konsisten, misalnya kalau di depan adala menggunakan noun maka selanjutnya juga menggunakan noun, dan sebagainya. Contoh:

Benar: You should check your spelling, grammar, and punctuation / kamu harus memeriksa pengejaan, grammar, dan tanda baca mu

Salah: You should check your spelling, grammar, and punctuate properly (punctuate properly tidak cocok dengan spelling dan grammar)

Nah itu dia tips grammar for writing kali ini. Semoga bisa membantu sobat sekalian yang hendak belajar menulis. Kalau masih bingung, gampang kok! dateng aja langsung ke Kampung Inggris Pare. Tempat yang tepat banget buat kamu meningkatkan skill menulis dan menguasai grammar. Selain lengkap, atmosfer belajar di kampung inggris bisa bikin kamu tambah jago berbahasa inggris. Gak percaya, try this!

 

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *