Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Writing tips: Rajin Membaca

writing tips kampung inggris

Writing tips: Rajin Membaca – Salah satu cara memahami proses manusia mempelajari bahasa yang baru adalah dengan melihat balita. Mereka, pada mulanya hanya bisa mendengar dan akhirnya memahami apa yang diucapkan oleh orang di sekitarnya. Selanjutnya, balita sudah mampu berbicara. Setelah melewati pelajaran dan kebiasaan di keluarga, anak akan mampu membaca dan terakhir bisa menulis. Sama halnya dengan orang dewasa yang sedang belajar bahasa baru, pasti akan melewati proses belajar tersebut. Sebut saja belajar bahasa inggris, untuk bisa lancar bicara seperti para native speakers, kita perlu memulai belajar vocab, grammar, belajar speaking, hingga bisa menulis dengan baik.

Menulis dalam bahasa inggris sangatlah banyak manfaatnya, salah satunya adalah bisa mengasah kemampuan grammar dan vocab kita. Lalu bagaimana kalau salah dalam writing? Tentu saja kesalahan itu wajar dalam proses belajar, makanya hal yang penting dalam menulis bahasa inggris adalah: LATIHAN, LATIHAN dan LATIHAN. Semakin sering latihan, kita akan semakin terbiasa dan menguasai bahasa inggris tulis. Salah satu tips agar jago writing bahasa inggris adalah dengan rajin membaca. People said, Every writer was a reader first.

Bukan sekedar membaca tulisan berbahasa Indonesia untuk menambah wawasan, namun semakin sering kita membaca tulisan bahasa inggris, sama saja kita sedang memperkaya vocab bahasa inggris. Pola pembuatan kalimat, idiom, phrasal verb dan lain sebagainya pun perlahan akan kita pahami saat membaca. Berikut ini ada beberapa tips tentang membaca untuk meningkatkan skill writing kita. Check this out!

1. Membaca Tulisan Terpercaya Secara Gramatikal

Siapa yang tidak kenal Wall Street Journal? atau majalah TIMES? National Geographic? Atau The Jakarta Post. Beberapa media tersebut menyediakan banyak sekali tulisan berbahasa inggris yang bersifat formal karena merupakan kanal berita. Media semacam itu sudah memiliki proofreader dan editor tersendiri, sehingga semua tulisan tersebut pasti benar secara gramatikal. Dan sekali lagi, bersifat formal.

Kamu juga bisa membaca novel-novel atau buku berbahasa inggris yang terkenal “enak dibaca” dengan bahasa yang apik dan tidak terlalu informal. Biasanya, buku tersebut digemari oleh banyak pembacanya. Dari tulisan semacam ini, kamu bisa mengambil pelajaran bagaimana pola penulisan, diksi, dan vocab yang digunakan oleh para penulis. Tentu saja antara bahasa koran (liputan pers) dengan bahasa buku motivasi atau novel akan ada beberapa perbedaan. Dari sanalah kamu akan mengerti saat akan menulis. Apakah akan menulis cerpen bahasa inggris? press release? dan lainnya, kamu akan bisa menulis dengan baik.

2. Membaca Tulisan Informal

Kalau tulisan formal banyak kita temukan pada koran atau jurnal, tulisan informal (sehari-hari) lebih mudah didapatkan di blog dan social media. Salah satu contoh yang mudah dijangkau via PC maupun smartphone adalah tumblr. Para native speaker lebih banyak update di media tumblr ini. Di kanal sosmed ini kamu bisa follow orang-orang yang sekirang native speaker. Mereka akan sering sekali update kegiatan sehari-hari. Nah, di sinilah kita bisa memahami bahasa tulisan sehari-hari, ekspresi informal, curhatan-curhatan para native, bahkan kita bisa berkomunikasi langsung dengan mereka dan mempraktikan teknik menulis percakapan kita.

Selain tumblr, tidak ada salahnya juga kalau kamu blogwalking di blog-blog berbahasa inggris. Mungkin pada awalnya akan sulit memahami, namun dengan modal semangat dan kamus pasti akan terbiasa dengan tulisan english.

3. Mencatat/Highlight Vocab yang Sulit dan Mengartikannya

Alon-alon asal kelakon, begitu motto asal tanah jawa yang artinya pelan-pelan asal dilakukan. Biarpun membaca tulisan berbahasa inggris awalnya susah (karena memang beda bahasa, pasti awalnya blank) namun lama kelamaan jika kita rajin membaca pasti akan semakin mudah dimengerti. Namun, jangan hanya dibaca lalu lewat begitu saja. Kamu juga perlu mentranslate ke bahasa Indonesia, atau minimal mencari kata sulit dalam tulisan tersebut, mencatatnya dan mengartikannya ke dalam bahasa Indonesia.

Bagi kamu yang masih galau dan bingung bagaimana caranya menulis dalam bahasa inggris? Nanti kalau salah bagaimana, tidak ada yang mengoreksi. Salah satu solusi bagi kamu yang merasakan kegalauan tersebut, carilah partner sebanyak-banyaknya untuk belajar! Contohnya di Kampung Inggris Pare. Selain banyak partner, di sini juga banyak pilihan lembaga kursus yang menawarkan program khusus writing, khusus grammar, khusus spekaing, dan banyak juga yang menyediakan paket belajar lengkap. Try it deh! Nah sekian dulu Writing tips: Rajin Membaca, bisa kamu praktikkan sendiri nih di rumah, atau bersama teman-teman di kampung inggris pare.  semoga bermanfaat ^_^

Baca juga tips yang gak kalah penting: Tips Mudah Menghadapi Confusing Words

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

2 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *