Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Yuk, Belajar Bahasa Inggris lewat Lirik lagu

Belajar Bahasa Inggris lewat Lirik lagu

Yuk, Belajar Bahasa Inggris Lewat Lirik Lagu – Mempelajari bahasa asing memang tidaklah semudah membalikkan tangan, namun bukan juga hal yang mustahil untuk bisa menguasai bahasa asing, termasuk bahasa Inggris. Mempelajari bahasa baru sebaiknya tidak hanya dari textbook di sekolah, namun di luar itu, ada banyak cara asik belajar bahasa inggris. Dengan begitu, belajar serasa lebih menyenangkan, tidak membosankan dan justru materi bahasa inggris lebih cepat dipahami. Karena sebetulnya, kunci agar jago berbahasa inggris bukanlah warisan ortu sejak lahir, atau hanya sekadar belajar serius sepanjang jaman, namun kuncinya adalah dengan belajar secara menyenangkan dan menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari. Immerse yourself in English!

Salah satu cara menyenangkan lainnya untuk belajar bahasa inggris adalah melalui lirik lagu. Seperti apa ya, belajar bahasa inggris dengan lagu? Yuk kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengapa Belajar Bahasa Inggris Lewat Lirik Lagu?

Setidaknya, inilah beberapa alasan mengapa lagu bahasa inggris bisa dijadikan alat belajar. Let’s have a look on it.

1. Musik Mengenalkan Kebudayaan – Lewat musik, kita akan mengetahui apa kebiasaan orang-orang bule, alias english native speaker, budaya mereka, apa yang mereka pikirkan, apa yang lagi ngetren di sana. Sehingga, ketika kita chatting dengan native speaker, kita nggak kudet -kurang update- dan ada bahan pembicaraan dengan mereka. Sehingga, kita bisa semakin gaul dengan bahasa Inggris.

2. Musik itu Mudah – Siapa sih yang nggak bisa nyanyi? Siapa juga yang nggak suka musik? Hampir semua orang di dunia ini suka dengan lantunan musik. Semua orang tidak pernah bosan dengan musik. Jika belajar bahasa inggris dengan serius tanpa henti akan membosankan, maka belajar bahasa inggris dengan lagu akan lebih mengasikkan. Kita bisa meyetel lagu bahasa inggris di perjalanan, di mobil, di rumah. Seberapapun seringnya, kita juga tidak bosan dengan lagu bahasa inggris. Semakin sering mendengarnya, maka semakin kita terbiasa dengan bahasa internasional tersebut.

3. Musik itu Menyentuh Emosional Kita – Ada lagu yang sedih, senang, semangat.  Semakin lagu itu kita resapi, maka akan semakin mudah untuk diingat vocabnya, cara pengucapannya, dan maknanya.

4. Menghafal Lebih Mudah Melalui Musik – Seberapa besar usaha kamu untuk menghafal vocab dalam bahasa Inggris? Jika menghafal dengan cara biasa agak susah, maka dengan lagu bahasa Inggris yang diputar berulang-ulang, secara otomatis vocab dan frasa dalam lagu akan bisa kita hafal dengan mudah. Apalagi, dalam satu lagu biasanya ada vocab yang terus diulang-ulang. Dan pastinya, vocab dan frasa yang dihafal melalui lagu tidak mudah dilupakan, kalau lupa, tinggal nyanyikan lagi aja lagunya 🙂

5. Membiasakan Diri dengan Bahasa Inggris – Semakin sering berinteraksi dengan bahasa Inggris, maka akan semakin mudah menguasainya. Dengan lagu bahasa inggris, kita akan terbiasa dengan vocab, frasa, dan pronunciationnya.

Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Lirik Lagu

Berikut ini 6 tips bagi kamu yang akan memulai belajar bahasa inggris dengan lirik lagu!

1. Pilih Lagu yang Tepat

Sebelum memulai belajar melalui lagu, maka hal penting pertama yaitu memilih lagu dengan tepat. Karena ada beberapa lagu yang bisa bikin sulit untuk belajar, misalnya lagu yang menggunakan bahasa inggris yang sulit, anti-mainstream, dan tidak biasa digunakan sehari-hari, lagu yang terlalu cepat sehingga sulit dimengerti vocab, grammar, frasa dan pronunciationnya, atau lagu yang tidak tersedia liriknya sehingga kamu tidak tau isi lagu tersebut.

Untuk memilih lagu yang tepat, kamu bisa memulai dengan memilih lagu yang kamu sukai. Biasanya, lagu yang mudah untuk dipelajari sekaligus banyak disukai adalah lagu pop. Lagu pop ini, umumnya terdiri dari lagu persahabatan, dan lagu romantis yang vocabnya banyak diulang-ulang dalam satu lagu. Kalau lagu pop sudah ‘aman’, kamu bisa mulai belajar genre lain seperti hip hop yang banyak rap-nya atau lagu rock yang cepat. Jika kamu ingin belajar dari lagu yang ‘bercerita’ dan mudah untuk divisualisasikan, apalagi jika kamu adalah seorang pemula dalam english learning, kamu bisa mulai medengarkan lagu-lagu anak atau lagu disney. Intinya, cari lagu yang mudah didengarkan vocab dan pronunciationnya, yang jelas jangan memulai belajar dengan lagu heavy metal ya, yang ada bisa pusing dengan cara pronunciation penyanyinya.

2. Dimana Kamu Dapatkan Lagunya?

Ada banyak channel yang memungkinkan kamu untuk streaming sambil melihat liriknya ataupun mendownload lagu sekaligus lirik dan mendengarkan secara offline. Youtube dan Vimeo adalah salah dua kanal video yang bisa kamu gunakan untuk streaming video dan melihat liriknya. Selain itu, ada spotify yang sangat populer dengan lagu-lagu terkini dengan pilihan lagu yang sangaaaat banyak. Spotify di smartphone juga langsung terhubung dengan musixmatch untuk menampilkan floating lyrics saat lagu berjalan. Sedangkan software untuk menampilkan lyric saat lagu diputar, yang terkenal adalah minilyric. Try it guys!

3. Jangan Lupa Liriknya!

Setelah mendownload atau streaming lagu, melihat lirik akan sangat membantu kita mengetaui isi lagu, vocab dan pronunciationnya, daripada harus mendengarkan dan mengira-ngira sendiri liriknya. Di youtube, ada fasilitas caption untuk melihat lirik lagu, atau kamu bisa search video yang ada lirik lagunya. Selain itu, ada Lyrics.com dan Smartlyrics.com yang punya banyak sekali koleksi lirik lagu.

4. Resume Vocab

Setelah mendengar lagu plus melihat liriknya, kamu bisa meresume vocab yang kamu temui dalam lagu tersebut, lalu kuasai vocabnya. Selanjutnya, gunakan vocab tersebut untuk latihan menulis kalimat dan tulisan bahasa inggris.

5. Ikut Menyanyi

Bukan untuk menyanyi di depan umum, apalagi konser. Tidak masalah jika suara kamu tidak semerdu Justin Bieber atau Adelle, tapi menyanyikan lagu yang kamu pilih untuk belajar bahasa inggris, bisa membantu kamu belajar speaking dengan pronunciation yang pas.

6. Kuasai Lagunya

Cobalah untuk menghafal lagunya. Dengan begitu, kamu bisa menyanyi tanpa harus melihat lirik, dengan pronunciation dan vocab yag tepat sesuai lirik lagu asli. Setelah menguasai atau enjoy dengan satu lagu, kamu bisa pindah ke lagu lainnya. Lalu, kamu bisa pindah lagi ke lagu awal untuk repetisi, agar tidak lupa dengan lagu sebelumnya.

Nah, sahabat kampung inggris, itu dia 6 tips untuk Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu. Kuasai dan nikmati lagunya, kamu gak akan berasa bahwa ternyata sudah banyak vocab dan pronunciation yang sudah dikuasai. Menyenangkan bukan?

Baca juga tips belajar bahasa inggris lainnya, di: Cara Mudah Menghafal Vocab

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

4 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *