Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Yuk, Kenalan dengan 6 Idiom Keren ini

Yuk, Kenalan dengan 6 idiom Keren ini

Yuk, Kenalan dengan 6 idiom Keren ini – Bahasa memang alat komunikasi. Maka nggak salah kalau Bahasa Inggris juga mengikuti perkembangan jaman, seiring dengan semakin tingginya kualitas hidup manusia. Bahasa inggris juga ikut dinamis, buktinya sekarang ada kata kata gaul, atau yang biasa disebut slang, atau ada juga berbagai idiom untuk mengekspresikan perasaan atau pesan secara tersirat. Misalnya nih, kalau kamu selesai bekerja lalu mau istirahat, kamu gak bilang “let’s break” tapi justru menggunakan idiom “let’s call it a day”. Nah, kira-kira ada idiom apa lagi yang perlu kita tau? Ikuti ulasannya di bawah ini ya 🙂

1. Driving me up the wall – secara arti bahasa Indonesia, artinya membawa saya ke atas dinding. Namun maksudnya idiom ini adalah adanya sesuatu atau seseorang yang membuat kita terganggu. Karenanya, maka kita seakan-akan terpaksa memanjat dinding untuk menghindari gangguan itu, namun sebenarnya kita gak memanjat dinding. Contohnya “Those kids were driving me up the wall / anak-anak kecil itu benar-benar mengganggu”

2. Know the ropes – Jika seseorang know the ropes berarti ia berpengalaman atau expert dengan apa yang dilakukannya. “Showing someone the ropes” berarti menjelaskan kepada orang lain bagaimana mengerjakan sesuatu. Idiom ini populer sebagai ekspresi informal (gaul) di abad ke-19, dan bertahan hingga saat ini. Contoh: ” You should ask Denny how to do these works. He knows the ropes / kamu sebaiknya bertanya pada denny untuk mengerjakan tugas ini. Dia tau bagaimana caranya”

3. Barking up the wrong tree – Idiom yang satu ini berarti seseorang yang mempercayai sesuatu, padahal itu salah. Atau menyalahkan orang lain, padahal dia tidak melakukan salah. Misalnya, “She may get a punishment for what she did / dia akan mendapat hukuman untuk kesalahannya” “Don’t you realize that you are barking up the wrong tree? She didn’t do anything wrong. It must be someone else who stole the money / apakah kamu nggak sadar kalau kamu salah tuduh? Dia tidak melakukan kesalahan apapun. Pasti ada orang lain yang mencuri uangnya”

4. Blow one’s own trumpet – Idiom ini pertama digunakan pada tahun 1873 dalam karya Anthony Troloppe. Yang berarti, memamerkan atau membangga-banggakan prestasi yang diraih seseorang. Contohnya: “I don’t like Jenny. Since he got first rank in the class, she always blows her own trumpet in front of us / saya gak suka dengan Jenny. Sejak ia mendapat peringkat pertama di kelas, ia selalu menyebut-nyebut prestasinya itu”

5. Larger than life – Frasa idiomatik ini merujuk pada orang dengan gaya hidup, penampilan, atau sikapnya yang menonjol dan berbeda dengan kebanyakan orang, sehingga mereka bisa dikenal oleh masyarakat. Contoh: “Some artists in Indonesia used their larger-than-life outfit and hairstyle to reach people’s attention / beberapa artis di Indonesia menggunakan pakaian dan gaya rambut mereka untuk mencari perhatian banyak orang”

6. Head in the clouds – Berarti seseorang dengan angan-angan yang tinggi, tidak realistis, atau bisa juga untuk mereka yang punya gaya bicara atau gaya hidup melangit. Maka, lawan dari head in the clouds, adalah yang sering kita dengar: “down to the earth“. Contoh dari idiom head in the clouds: “Who wants to agree with John? He has his head in the clouds and always says such nonsense things / siapa yang akan setuju dengan John? Dia tidak realistis dan selalu bicara tidak jelas”

Bagi native speaker akan sangat mudah menghafal berbagai idiom. Namun untuk kita-kita yang bukan native english speaker, harus sering-sering membaca idiom dan menggunakannya dong! So, baca juga idiom ngetren yang satu ini: 10 Idiom Populer

Well sahabat Kampung Inggris, itu dia ulasan tentang 6 idiom keren kali ini. Semoga bermanfaat, dan nantukan ulasan selanjutnya ya 🙂

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *