Mei 2022

Mengapa Biaya Les Bahasa Inggris Di Kampung Inggris Berbeda-beda

Mengapa Biaya Les Bahasa Inggris Di Kampung Inggris Berbeda-beda

Bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan yang berharga, Anda bisa gabung dengan les Bahasa Inggris di Kampung Inggris. Masalah biaya les bahasa Inggris tidak perlu khawatir kami akan memberi harga yang sesuai dengan apa yang Anda dapat.

Salah satu upaya dalam memahami Bahasa Inggris yaitu dengan belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare Kediri. Tempat tersebut tidak hanya belajar materi namun mengaplikasikan Bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari sehingga akan terbiasa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan baik.

Alasan Perbedaan Biaya Les Bahasa Inggris di Kampung Inggris

Bagi Anda yang berminat les di Kampung Inggris ada perbedaan biaya les bahasa Inggris tergantung dari paket yang Anda ambil. Berikut akan kami jelaskan :

  • Paket Holiday

Hanya bisa diikuti ketika liburan sekolah tiba. Anda bisa mengisi waktu liburan dengan belajar yang menyenangkan. Bila Anda mengikuti paket ini, Anda akan mendapatkan program belajar, modul, transportasi hingga makanan.

  • Paket Full Service

Bagi Anda yang mempunyai niat untuk belajar bahasa Inggris bisa menggunakan paket full service selama 2 minggu hingga 1 bulan. Anda akan mendapatkan semua class mulai dari camp program, program kelas dan ekstra program. Dengan sekali bayar Anda bisa menikmati semua program dan kebutuhan kamu sudah disiapkan sehingga Anda hanya fokus belajar.

  • Paket TOEFL

Bagi Anda yang hanya menginginkan nilai skor TOEFL yang bagus untuk melanjutkan sekolah di luar negeri bisa pilih paket ini.

  • Paket Intensif

Bagi Anda yang memiliki mimpi untuk bisa berkomunikasi bahasa Inggris secara lancar bisa pilih paket intensif. Pada paket ini Anda akan diberi tiga level untuk bisa menguasai bahasa Inggris, dengan harapan Anda bisa lancar dalam berkomunikasi.

  • Paket IELTS

Paket ini juga bisa digunakan bagi Anda yang akan melanjutkan sekolah di luar negeri. Dengan paket ini Anda akan mendapatkan pelatihan mulai dari speaking, listening, reading sehingga nilai IELTS menjadi bagus.

  • Paket English Master

Bagi Anda yang benar-benar tidak menguasai bahasa Inggris bisa pilih paket ini. Anda akan belajar mulai dari speaking, grammar, pronunciation, dan TOEFL.

  • Paket Master Plus

Bagi Anda yang ingin membuat essay atau paper yang baik untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri bisa pilih paket ini.

Tips Menentukan Tempat Kursus yang Tepat

Pilihlah les bahasa Inggris di Kampung Inggris, sebab kami memiliki :

  • Memiliki reputasi baik

Tempat les bahasa Inggris di Kampung Inggris menjadi pilihan yang pas karena memiliki reputasi yang baik. Begitu banyak alumni yang menjadi orang sukses dan hebat.

  • Pengajar yang profesional

Memiliki pengajar yang berkompeten dibidangnya yang berpengalaman bertahun-tahun.

  • Metode pembelajaran yang mudah dipahami

Memberi suasana seru ketika di kelas sehingga tidak merasa bosan saat belajar dan mudah memahaminya.

  • Menguji kemampuan secara langsung

Kalian diwajibkan menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari dengan begitu Anda akan terlatih dalam berkomunikasi tanpa berpikir bahasa Inggrisnya.

Kampung Inggris LC Pilihan Pertamamu?

Begitu banyak manfaat dalam belajar Bahasa Inggris. Tidak perlu khawatir masalah biaya les bahasa Inggris karena di Kampung Inggris harga sesuai apa yang didapat untuk Anda. Pilihlah Kampung Inggris karena ada beberapa hal yang didapat :

  • Bebas berbahasa Inggris

Anda bisa menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi sehari-hari di tempat ini. Anda akan percaya diri sebab Anda berkomunikasi dengan teman yang memiliki keinginan untuk lancar dalam bahasa Inggris. Di tempat ini Anda tidak akan diledek karena berbahasa Inggris.

  • Akan berhasil lancar bahasa Inggris

Dari tempat ini terbukti banyak orang berhasil dalam berbahasa Inggris dengan lancar. Dari yang awalnya tidak mengerti sama sekali sampai yang membenci bahasa Inggris. Di tempat ini Anda bisa memilih kapan akan belajar bahasa Inggris dan banyak pilihan paket sesuai kelas yang Anda inginkan.

  • Biaya terjangkau

Masalah biaya les bahasa Inggris tidak perlu khawatir karena biaya yang diperlukan tidak cukup mahal. Kalian akan mendapatkan ilmu yang sebanding dengan biaya yang Anda keluarkan.

Mengapa Harus Kampung Inggris LC?

Kampung Inggris memiliki banyak metode untuk memudahkan bagi yang ingin belajar bahasa Inggris. Berikut terdapat beberapa alasan mengapa harus pilih Kampung Inggris:

  • Metode belajar berkualitas internasional

Kampung Inggris memiliki program intensive program. Dalam arti bahwa pelajaran dari pronunciation, grammar dan speaking bersifat intensive. Pembelajaran mulai dari pagi hari hingga malam hari. Sehingga setiap hari waktu yang dimiliki dimanfaatkan dengan maksimal dalam belajar bahasa Inggris.

  • Support english area

Kampung Inggris juga dikenal sebagai tempat les yang mewajibkan penggunaan Bahasa Inggris dalam berkomunikasi. Sehingga Anda akan terlatih dalam menggunakan bahasa Inggris.

  • Suasana fun

Suasana yang fun membuat betah belajar. Pengajar Kampung Inggris akan memberikan suasana kelas yang tidak membosankan dengan tujuan memudahkan dalam pemahaman.

  • Pengajar profesional

Dalam memilih pengajar, Kampung Inggris melakukan seleksi yang ketat sehingga menghasilkan pengajar profesional dengan pengalaman bertahun-tahun. Pengajar akan memberikan materi setiap hari untuk Anda.

  • Jadwal belajar

Setiap harinya jadwal tersusun dengan rapi dan jelas. Dengan tujuan agar disiplin dan konsisten dalam menjalani semua sesinya.

  • Keluarga baru

Tidak perlu takut karena jauh dari rumah. Kalian akan bertemu teman dari berbagai kota sehingga memberikan kenangan indah untuk Anda.

Berapa Biaya Kursus Kampung Inggris LC?

Masalah biaya les bahasa Inggris tidak perlu khawatir karena biaya yang dikeluarkan tergantung dari paket yang Anda pilih.

Paket Intensive

  • 2 minggu : Rp 950.000
  • 1 bulan : Rp 1.600.000
  • 2 bulan : Rp 2.975.000
  • 3 bulan : Rp 4.200.000

Paket English Master dan Liburan Ke Bali

  • 4 bulan : Rp 6.500.000
  • 6 bulan : Rp 9.500.000

Paket kursus TOEFL

  • 1 bulan : Rp 1.750.000

Keunggulan Kampung Inggris LC

Memiliki metode pembelajaran yang memudahkan dalam memahami bahasa Inggris

  • Confidence booster

Tempat kami akan membantu Anda meningkatkan percaya diri dengan public speaking di depan teman kelas sehingga Anda terbiasa tampil di depan umum.

  • Critical thinking

Kami memiliki game dalam kelas seperti random question, english debate yang membuat Anda berpikir kritis, berinovasi dan berargumen sehingga Anda berani mengeluarkan pendapat dengan menggunakan bahasa Inggris.

  • Grammar hack

Kami juga akan memberikan cara untuk memudahkan dalam aplikasi grammar yaitu dengan metode translation dan story telling.

  • Speak properly

Kami akan melatih mengungkapkan kosa kata yang baik seperti native speaker.

  • Speaking without thinking

Mewajibkan berkomunikasi dalam beraktivitas dengan tujuan terbiasa menggunakan bahasa Inggris tanpa berpikir.

  • Conceptual mapping skills

Kami akan memberikan tips cara merangkum artikel dan pelajaran sehingga Anda mampu mempresentasikan kembali.

  • English for specific purpose

Kami akan memberikan bekal mengenai bahasa Inggris yang berkaitan dengan pekerjaan.

Biaya les bahasa Inggris di Kampung Inggris tidak begitu mahal. Sesuai dengan apa yang Anda dapatkan. Apalagi bila Anda belajar di Kampung Inggris di jamin setelah lulus Anda akan lancar dalam berbahasa Inggris.

Kampung Inggris memiliki banyak metode pembelajaran dengan tujuan memudahkan dalam pemahaman. Salah satu yang terkenal dari Kampung Inggris yaitu diwajibkan untuk menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi.

Mengapa Biaya Les Bahasa Inggris Di Kampung Inggris Berbeda-beda Read More »

Mengenal Semantik dalam Bahasa Inggris_ Definisi, Fungsi dan Contohnya

Mengenal Semantik dalam Bahasa Inggris: Definisi, Fungsi dan Contohnya

Tiap kali berkomunikasi kita tidak sadar telah menggunakan ilmu terapan dalam hal kebahasaan. Sama halnya dengan ilmu yang berhubungan dengan linguistics pada penggunaan bahasa Inggris secara khusus dalam kehidupan sehari-hari.

Linguistik ini punya beberapa cabang, dari banyak cabang linguistik, atau ilmu mengenai kebahasaan, ada cabang linguistic yang seringkali disandingkan, yaitu adalah cabang linguistics subjek Pragmatics dan subjek Semantics. Kali ini kita akan membahas cabang linguistik Semantik dalam Bahasa Inggris.

Definisi Semantik dalam Bahasa Inggris

Semantics asalnya dari bahasa Yunani Sema atau Nomina ‘tanda’; atau asalnya verba samaino berarti ‘menandai’ atau ‘berarti’. Istilah itu digunakan para ahli bahasa untuk menyebutkan bagian dari ilmu bahasa yang mempelajari tentang makna.

Semantik atau semantics merupakan cabang linguistik yang meneliti makna atau arti. Makna yang masuk dalam lingkup penelitian semantik ini adalah makna yang bebas konteks. Makna tersebut ada yang sifatnya leksikal dan ada juga yang gramatikal.

Fungsi Semantik dalam Bahasa Inggris

Ada beberapa jenis Semantik dalam Bahasa Inggris beserta fungsinya yang akan kita bahas antara lain:

1. Semantik Behavioris

Orang yang menggunakan aliran semantic jenis behavioris ini memiliki sifat umum, antara lain: penganut teori behavioris tidak terlalu banyak menggunakan istilah yang sifatnya mentalistik seperti concept, mind, dan idea; tingkah laku hewan dan manusia tidak memiliki perbedaan secara esensial; factor untuk pembelajaran lebih banyak ditekankan daripada factor bawaan; dan determinasinya atau mekanismenya.

Menurut kerangka tersebut, maka pemahaman maknanya ada pada rentangan diantara stimulus dan respons, atau dengan kata lain antara rangsangan dan juga jawaban. Situasi yang ditentukan oleh lingkungan akan menentukan jawabannya.

Maka dari itu, makna hanya bisa dipahami bila ada data yang bisa diamati dan berada di lingkungan pengalaman manusia. Misal: seorang ibu yang menyuap makanan pada bayi.

2. Semantik Deskriptif

Semantik deskriptif adalah subjek Semantik dalam Bahasa Inggris yang secara khusus memperlihatkan makna yang sedang berlaku. Makna kata pada saat kata itu muncul pertama kalinya tidak diperhatikan.

Misal dalam bahasa Indonesia terdapat kata juara artinya orang yang mendapatkan peringkat teratas pada pertandingan tanpa melihat makna sebelumnya, yaitu seorang pelerai atau pengatur di persabungan ayam. Maka, semantik deskriptif cuma memperhatikan makna yang sekarang.

3. Semantik Generatif

Konsep yang terkenal pada aliran ini adalah: kompetensi atau competence, yaitu suatu kemampuan maupun pengetahuan bahasa yang dimengerti dalam komunikasi; struktur luar adalah unsur bahasa berbentuk kata maupun kalimat yang seperti terdengar; dan struktur dalam adalah makna yang ada dalam struktur luar. Semantik ini jadi terkenal dengan keluarnya buku Chomsky di tahun 1957 dan kemudian diperbarui.

4. Semantik Gramatikal

Semantik gramatikal merupakan studi semantik yang khusus mengkaji makna yang ada dalam satuan kalimat. Verhaar menyebutkan Semantik gramatikal akan lebih sulit dianalisis.
Dalam menganalisis kalimat “masih terduduk” dan “kakak telah tidur” tidak cuma ditafsirkan berdasar kata-kata yang menyusunnya. Anda harus menafsirkan semua isi kalimat itu dan sesuatu yang ada dibalik kalimat tersebut. Suatu kata akan bergeser makna bila diletakkan atau digabung dengan kata lain.

5. Semantik Leksikal

Semantik leksikal merupakan kajian Semantik dalam Bahasa Inggris yang lebih condong pada pembahasan sebuah sistem makna yang ada pada kata. Semantik leksikal tidaklah terlalu sulit. Buku kamus adalah contoh yang cocok untuk semantik leksikal: makna tiap kata telah diuraikan di sana. Maka, semantik leksikal melihat makna yang ada di dalam kata sebagai satuan yang mandiri.

6. Semantik Historis

Semantik historis merupakan studi semantik yang meneliti sistem makna pada rangkaian waktu. Studi semantik historis tersebut menekankan studi makna pada rentangan waktu, bukanlah perubahan bentuk kata. Suatu perubahan bentuk kata akan lebih banyak dikaji pada linguistic historis. Asal-usul sebuah kata jadi bagian dalam studi etimologi.

Semantik tersebut membandingkan kata-kata berdasar periode maupun antara kata di masa tertentu terhadap kata dalam bahasa yang lain. Misal dalam BI ada kata padi dan di dalam bahasa Jawa ada kata pari. Phonem/ d/ dan/ r/ terjadi korespondensi.

7. Semantik Logika

Sematik logika merupakan cabang dari logika modern yang terkait dengan konsep dan juga notasi simbolik di analisis bahasa.

Semantik logika ini mengkaji sistem makna dilihat pada logikanya, seperti yang telah berlaku di matematika dan mengacu pada kata pengkajian makna maupun penafsiran ajaran, utamanya yang dibentuk pada sistem logika yang disebut semantik.

Pada semantik logika ada bahasan makna proporsi yang berbeda dengan kalimat, karena kalimat yang beda pada bahasa yang sama bisa diujarkan pada proporsi yang sama. Namun, sebaliknya, suatu kalimat bisa diujarkan di dua maupun lebih proporsi. Proporsi bisa benar bisa salah, dan hal itu disebut variabel proporsional pada semantik logika.

8. Semantik Struktural

Semantik struktural berawal dari pandangan para linguis struktural yang diprakarsai oleh Saussure. Para penganut strukturalisme memiliki pendapat bahwa tiap bahasa merupakan sebuah sistem, dan sebuah hubungan struktur yang sangat unik dan terdiri dari satuan-satuan disebut struktur.

Struktur itu terbentuk dalam unsur seperti phoneme, morpheme, kata, frasa, clause, sentence, dan wacana dan membaginya jadi kajian phonology, morphology, syntaxis, dan wacana.

Ciri-ciri Semantik

  • Semantik dalam Bahasa Inggris merupakan kajian tentang hubungan antara tanda atau lambang dengan objek yang diacukan oleh tanda tersebut
  • Semantik merupakan kajian tentang makna

Contoh Semantik dalam Bahasa Inggris

1. Multiple Meanings atau Bermakna banyak

Salah satu hal dari belajar bahasa yaitu mengetahui banyak makna dalam kata. Berikut ini adalah contoh kata yang punya lebih dari satu arti:

  • “A water pill” sekilas bisa jadi pil dengan air di dalamnya; tetapi, itu dipahami sebagai diuretik yang menyebabkan seseorang kehilangan air dari tubuhnya.
  • “Crash” bisa juga berarti untuk kecelakaan mobil, ombak laut menghantam pantai, penurunan drastis di Pasar Saham, menghadiri pesta atau party tanpa diundang, atau bisa juga suara simbal dipukul bersama.
  • “A child’s alphabet block” dapat digambarkan sebagai kubus kayu, alat bantu belajar, mainan atau balok.
  • Ada yang melihat gelas setengah kosong dan ada yang melihat gelas setengah penuh.
  • “A flowering plant” bisa disebut sebagai rumput liar atau bunga taman.
  • Sampah satu orang adalah harta orang lain.
  • Beberapa mungkin menganggap pornografi buku berperingkat X dan yang lain mungkin menganggapnya sebagai foto bertema dewasa.
  • Membayar anak untuk tugas-tugas dapat dianggap sebagai suap atau hanya insentif.
  • “A human” dapat berarti sebagai laki-laki, anak, perempuan, dewasa, bujangan, bayi, ibu atau ayah.

2. Words Without Meanings atau kata tanpa makna

  • Cleans like a white tornado
  • Do you have tired blood?
  • Go for the gusto
  • At Birdseye we’ve got quality in our corner
  • Goodyear radials: made for American cars

Itulah penjelasan dan contoh Semantik dalam Bahasa Inggris, semoga bisa membantu Anda untuk lebih memahami tentang kajian bahasa Inggris.

 

Mengenal Semantik dalam Bahasa Inggris: Definisi, Fungsi dan Contohnya Read More »

Ketahui 10 Grammatical Error yang Harus Kamu Hindari Agar Sempurna

Apakah Grammarmu Sudah Benar? Ketahui 10 Grammatical Error yang Harus Kamu Hindari Agar Sempurna!

Saat ini untuk memastikan grammarmu sudah benar atau belum, tidak lagi sulit untuk dilakukan. Untuk kamu yang sering membuat tulisan dalam bahasa inggris kini bisa dengan mudah mengecek grammatical error hanya dengan aplikasi. Tentunya kesalahan penulisan bahasa inggris ini sangatlah umum ditemukan, bahkan bagi mereka yang sudah beberapa tahun belajar bahasa inggris.

Terkadang penggunaan tata bahasa inggris tidak tepat, karena masih menggunakan tata bahasa Indonesia. Namun, hal ini tidak bisa dianggap remeh terutama bagi kamu yang memang memiliki profesi sebagai author atau penulis. Terlebih lagi jika kamu merupakan penulis sekaligus editor, maka kesalahan kecil seperti ini bisa mengurangi kredibilitasmu sebagai seorang penulis.

Nah, untuk menghindari kesalahan umum menggunakan bahasa inggris dalam penulisan buku, artikel, ataupun jurnal, kami akan membantu untuk merangkum grammatical error yang harus kamu hindari.

Apa itu Grammatical Error?

Grammatical error merupakan istilah yang biasa digunakan apabila ada penggunaan pola atau tata bahasa yang salah di satu kalimat dan dipakai dalam suatu grammar. Sederhananya adalah ketika kamu menulis kalimat dalam bahasa inggris tapi ada penempatan kata atau bentuk kata kerja yang kurang tepat. Nah, kesalahan seperti inilah yang dimaksud dengan grammatical error atau kesalahan dalam tata bahasa.

Seberapa Besar Pengaruh Grammatical Error?

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, penemuan grammatical error di dalam tulisan ini bisa sangat berpengaruh jika kamu merupakan seorang penulis. Oleh karena itu, mengecek atau memastikan tulisan kamu bebas dari kesalahan tata bahasa inggris merupakan hal yang sangat penting.

Penggunaan grammar yang tepat akan menghasilkan kalimat serta paragraf yang rapi dan terstruktur. Pastinya dengan tata bahasa yang tertstruktur dan tulisan yang rapi, akan menunjang kredibilitas tulisanmu, kan?

10 Grammatical Error yang Harus Kamu Hindari

Dalam melatih kemampuan bahasa Inggris yang baik dan benar tentu saja memerlukan sertifikasi atau pelatihan yang tidak jarang. Kamu juga bisa melakukannya dengan sharing atau berlatih percakapan dengan rekan kerja atau teman untuk mengetahui kesalahan-kesalahan, baik dalam penulisan maupun pengucapan kalimat. Sehingga kamu akan tahu tata bahasa seperti apa yang salah dan juga benar, agar kamu bisa meminimalisir terjadinya kesalahan tersebut.

Apabila kamu ingin menghasilkan tulisan yang terstruktur, ada beberapa kesalahan tata bahasa yang perlu kamu hindari. Berikut ulasannya.

1. Penggunaan kata keterangan yang berlebihan

Adverbs dalam bahasa Indonesia bisa diartikan dengan kata keterangan. Kata keterangan di dalam bahasa Indonesia biasanya diakhiri dengan penambahan ‘ly’ bisa memodifikasi kata kerja. Sebagai contoh penggunaan kata ‘really fast’ merupakan pengganti dari kata ‘ran’. Namun, apakah penggunaan ‘really fast’ menggambarkah kata kerja yang jelas untuk pembaca? Tentu tidak. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan kata kerja lebih enak untuk dibaca seperti ‘sprinted’ atau dalam bahasa Indonesia artinya berlari secepatnya.

Berikut akan kami berikan contoh kalimat yang benar dan salah.

  • Kalimat yang salah: The girl ran really fast to catch the bus.
  • Kalimat yang benar: The girl sprinted to catch the bus.
    (Artinya: Perempuan itu berlari sangat kencang untuk mengejar bis)

2. Penggabungan Subject-Verb yang salah

Penggunaan subjek dan kata kerja dalam suatu kalimat haruslah sesuai, baik dalam kalimat tunggal ataupun jamak. Apabila subjek berbentuk kalimat yang tunggal, maka kata kerja yang digunakan juga harus berbentuk tunggal, begitu pula sebaliknya.

Berikut contoh kalimat yang benar dan salah.

  • Kalimat yang salah: The two best things about our last holiday was the view and the food.
  • Kalimat yang benar: The two best things about our last holiday were the view and the food.

3. Kesalahan dalam penempatan tanda baca koma

Umumnya penggunaan dan penemparan tanda baca koma itu di awal kalimat, setelah kata pengantar agar tidak menimbulkan kebingungan bagi pembacanya.

Berikut contoh kalimat yang benar dan salah.

  • Kalimat yang salah: ‘You’re going to love Yogyakarta I heard their tourist attraction is the best.’
  • Kalimat yang benar: ‘You’re going to love Yogyakarta, I heard their tourist attraction is the best..’

Nah, kalo kalimat seperti ini jadi mudah dibaca bukan?

4. Penggunaan kata ganti yang ambigu

Penggunaan kata ganti seperti ‘Him’ atau ‘Her’ harus membuat pembaca memahami kata ganti tersebut ditujukan kepada siapa. Penggunaan pronouns atau tanpa ganti yang jelas akan memberikan kesan yang ambigu.

Berikut akan kami berikan contoh penggunaan kata ganti yang salah dan benar.

  • Kalimat yang salah: Tania had a gift for Johnny but couldn’t deliver it because she was in his way.
  • Kalimat yang benar: Tania had a gift for Johnny, but couldn’t deliver it because Gina was in Johnny’s way.
    (Artinya: Tania memiliki hadiah untuk Johnny, tapi tidak bisa memberikannya kepada Johnny karena Gina menghalanginya)

5. Kalimat gabungan yang tidak tepat

Kalimat gabungan biasa disebut juga sebagai ‘Run-on sentences’, dimana terdapat dua kalimat lengkap yang disatukan tanpa menggunakan tanda baca yang tepat, seperti penggunaan titik koma, atau titik. Kalimat ini bisa berupa kalimat yang pendek ataupun panjang.

Berikut contoh yang salah dan benar.

  • Kalimat yang salah: Naila enjoyed the bouquet of pink roses Daniel gave her on party however she prefers white roses.
  • Kalimat yang benar: Naila enjoyed the bouquet of pink roses Daniel gave her on party; however, she prefers white roses.

6. Penggunaan kata ‘Could of’ seharusnya ‘Could have’

Berikut contoh yang salah dan benar.

  • Kalimat yang salah : Jennie could of received an A on his exam, but she made too many mistakes today.
  • Kalimat yang benar: Jennie could have received an A on his exam, but she made too many mistakes today.
    (Artinya: Jennie bisa saja mendapatkan nilai A pada ujian, tapi dia membuat banyak kesalahan hari ini)

7. Kalimat pengulangan yang tidak berguna

Berikut contoh yang salah dan benar.

  • Kalimat yang salah: Tania made a pillow bag with her own hands for Dean.
  • Kalimat yang benar: Tania made a pillow bag for Dean.

8. Penggunaan kata homofon yang membingungkan

Homofon yang dimaksud adalah penggunaan kata yang pengucapannya sama namun memiliki tatanan huruf dan arti yang berbeda. Seperti Their, There, They’re.

Contoh kalimat:

  • The boys forgot to pack their lunches.
  • Tania and Gina are coming, but they’re running late.

9. Penggunaan kata yang salah dari ‘lie’ dan ‘lay’

Kamu harus berhati-hati dalam menggunakan kata-kata ini.

Berikut contoh yang salah dan benar.

  • Kalimat yang salah: She was laying on the bed
  • Kalimat yang benar: She was lying on the bed

10. Terlalu banyak kalimat prepositional

Kalimat preposisi sebaiknya perlu diperhatikan dalam penulisan berbahasa Inggris.

Berikut contoh yang salah dan benar.

  • Kalimat yang salah: The caravan came over the top of the hill.
  • Kalimat yang benar: The caravan crested the hill.

Itulah beberapa grammatical error yang harus kamu hindari apabila ingin menghasilkan tulisan yang sempurna. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu.

Apakah Grammarmu Sudah Benar? Ketahui 10 Grammatical Error yang Harus Kamu Hindari Agar Sempurna! Read More »

Kosakata bahasa inggris yang jarang digunakan

Coba Praktikan! Inilah Kumpulan Kosakata Bahasa Inggris dengan Pronunciation yang Sulit!

Dalam materi bahasa Inggris itu ada cukup banyak lho penjelasan mengenai kosakata bahasa Inggris yang sulit untuk diucapkan. Pronunciation yang sulit itu memang harus dipelajari dengan baik, supaya nantinya kalian bisa mengucapkannya itu dengan baik dan benar.

Pada kesempatan kali ini kami akan coba jelaskan beberapa kosakata yang sulit diucapkan, supaya kalian bisa mengucapkannya dengan baik.

Anemone

Pertama ada Anemone, ini adalah kosa kata dengan arti Anemon yang pengucapannya mungkin sulit dan banyak orang melakukan kesalahan. Anemon itu adalah sejenis bunga atau botani yang memiliki sinonim yakni adalah Windflower. Pengucapan dari kosa kata ini adalah enemeni yang artinya adalah anemon atau sejenis bunga atau botani semacam itu.

Ada beberapa contoh kalimat yang mempergunakan kata-kata ini, berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Like a clown fish and a sea anemone artinya adalah seperti ikan badut dan anemon laut
  2. Look who’s out of the Anemone artinya adalah lihat siapa yang keluar dari anemon

Worcestershire

Kata berikutnya adalah Worcestershire yang merupakan semacam kecap atau sauce yang bisa dicampurkan ke dalam makanan. Untuk membaca kosakata ini sendiri memang tidak mudah, karena itulah kalian harus mengerti dulu bagaimana cara untuk mengucapkannya. Pengucapan dari kata itu adalah wursteshie, mungkin memang sedikit sulit untuk diucapkan dan harus banyak dilatih.

Ada beberapa contoh kalimat dari kosakata bahasa Inggris yang sulit untuk diucapkan ini, berikut ini beberapa contohnya.

  1. And you said you used a secret sauce, but it was just Worcestershire yang artinya dan kamu bilang Anda menggunakan saus rahasia, tapi itu hanya Worcestershire.
  2. You break an egg on it, add some salted anchovies, tabasco, and worcestershire sauce yang artinya pecahkan telur di atasnya, tambahkan ikan teri asin, tabasco, dan worcestershire.

Draught

Berikutnya ada juga kata-kata draught yang cara pengucapannya itu sama saja dengan draft atau rancangan atau rencana. Kata-kata ini memang memiliki arti rancangan atau juga rencana yang sedang dibuat atau bisa juga berarti rumusan sesuatu. Ada arti lainnya juga seperti meneguk, menganggit, ventilasi, ambilan, dan pengeluaran.

Berikut ini beberapa contoh kalimat yang mempergunakan kata-kata Draught ini yang mungkin bisa membantu untuk memahaminya.

  1. I filled these with a simple sleeping draught yang artinya aku sudah mengisi ini dengan mantera penidur.
  2. I’m going to draught wheeler, make him pull me around yang artinya aku akan mengatur wheeler supaya bisa menarikku masuk ke lintasannya.

Onomatopoeia

Berikutnya Onomatopoeia yang merupakan kosakata bahasa Inggris yang sulit untuk diucapkan, dan artinya itu adalah bentuk kata menirukan suatu bunyi. Bisa juga arti dari kata itu adalah pembentukan kata yang meniru suara tertentu. Kata-kata ini memiliki pengucapan yang sedikit sulit ya, cara bacanya adalah änəˌmadəˈpēə.

Salah satu contoh kalimat dengan kata onomatopoeia adalah “sound effect or onomatopoeia are words without bubbles that mimic sound”. Artinya adalah efek suara atau onomatopoeia adalah kata-kata tanpa gelembung yang meniru suara.

Quinoa

Berikutnya ada kata Quinoa yang juga bisa dibilang cukup sulit juga untuk diucapkan, dan arti dari kata ini adalah biji gandum. Cara untuk membaca kata Quinoa itu adalah Ki nwa, dan berikut ini kami akan berikan beberapa contoh kalimat dengan menggunakan Quinoa ini.

  1. I made that quinoa casserole you two like yang artinya adalah aku membuat casserole quinoa yang kalian berdua suka.

Colonel

Kata berikutnya yang juga mungkin sulit untuk diucapkan itu adalah Colonel yang memiliki arti satu pangkat kolonel dalam satuan militer. Cara bacanya itu adalah ˈkərnl, jadi sebenarnya masih cukup sama dengan tulisan dari kata-kata tersebut.

Scissors

Kata berikutnya yang juga mungkin bingung saat akan diucapkan itu adalah scissors yang artinya itu adalah gunting yakni alat untuk memotong. Cara baca kata-kata itu adalah Si Zuhz, jadi memang cara bacanya itu memang sedikit unik dan juga rumit.

Mischievous

Kata selanjutnya adalah Mischievous adalah kosakata bahasa inggris yang sulit untuk diucapkan, banyak yang bingung pengucapannya. Cara membacanya itu adalah Mischievous itu adalah mis chuh vuhs. Arti dari kata-kata itu adalah adjective menunjukkan keinginan suka bermain-main yang menyebabkan masalah.

Sixth

Kata berikutnya adalah Sixth yang merupakan kata dalam bahasa Inggris untuk menyebutkan satu urutan angka atau bilangan. Arti kata dari Sixth ini adalah 6 atau keenam dan cara untuk membacanya itu adalah Sikst.

Otorhinolaryngologist

Kata selanjutnya adalah otorhinolaryngologist, ini adalah salah satu kata yang bisa dibilang sangat sulit untuk diucapkan lho. Cara pengucapan dari kata ini adalah ow tuh rai now la ruhng go luh juhst. Arti dari kata ini adalah suatu keilmuan dalam bidang kedokteran yakni THT.

Phenomenon

Kata berikutnya dalam bahasa Inggris yang juga cukup sulit diucapkan itu adalah Phenomenon yang artinya itu adalah fenomena alam. Cara untuk membaca kata ini adalah fuh no muh nuhn.

Squirrel

Berikutnya ada juga kata Squirrel yang mungkin banyak orang tidak tahu pengucapannya itu seperti apa. Squirrel itu pengucapannya adalah Skwi ruhl dan merupakan salah satu nama hewan.

Isthmus

Ada juga kata Isthmus yang kami sangat yakni masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara untuk membacanya. Cara membaca dari kata-kata ini adalah i smuhs yang memiliki arti tanah genting.

Specific

Kata berikutnya sebenarnya sederhana, akan tetapi cukup banyak juga orang yang melakukan kesalahan pada pengucapannya yakni Specific. Cara pengucapan kata specific itu adalah Spuh si fuhk yang memiliki arti spesifik atau jelas atau menunjukkan satu benda dengan jelas.

Successful

Kosakata bahasa Inggris yang sulit untuk diucapkan berikutnya dan kebanyakan orang salah dalam mengucapkannya itu adalah Successful. Pengucapan dari kata Successful itu adalah Suhk ses ful yang artinya adalah keberhasilan atau berhasil melakukan sesuatu.

Rural

Kata yang berikutnya adalah Rural yang cara pengucapannya itu adalah ruor ruhl dan memiliki arti desa atau pedesaan atau bisa juga kawasan pedesaan.

Ignominious

Kata selanjutnya adalah Ignominious yang pengucapannya itu ig nuh mi nee uhs. Kata ini memiliki arti memalukan, atau tindakan tercela atau juga mungkin tindakan jahat.

Temperature

Kata berikutnya ada Temperature yang cara pengucapannya itu tem puh ruh chuh yang artinya penunjuk suhu dari suatu benda.

Synecdoche

Kata selanjutnya adalah Synechoche yang juga kosakata bahasa Inggris yang sulit untuk diucapkan. Cara pengucapannya səˈnekdəkē yang artinya itu sinekdot

Often

Terakhir ada kata Often yang juga sering banyak orang salah ucap, pengucapannya adalah o fn. Yang artinya itu adalah sering dilakukan. Atau bisa juga berarti menjadi kebiasaan.

Coba Praktikan! Inilah Kumpulan Kosakata Bahasa Inggris dengan Pronunciation yang Sulit! Read More »

Cara Implementasi Would Rather dan Would Prefer Yang Harus Kamu Tahu

Cara Penerapan Would Rather dan Would Prefer dalam Bahasa Inggris

Preferensi merupakan sebuah ungkapan yang biasa digunakan untuk menunjukkan sebuah pilihan terhadap kesukaan, yaitu sebuah fakta untuk menyukai sesuatu atau seseorang. Untuk menyatakan beberapa ungkapan pilihan tersebut tentu terdapat cara yang pas, yakni menggunakan prefer, would prefer, dan juga would rather artinya lebih memilih dan lebih suka.

Would rather, would prefer dan prefer terkadang sekilas memiliki arti yang sangat mirip, sehingga banyak yang beranggapan bahwa ketiganya memiliki arti yang sama persis. Ungkapan tersebut merupakan sebuah pendapat yang berasal dari seorang pemula yang masih belajar bahasa inggris. Oleh karena itu mereka belum tahu would rather artinya apa, would prefer penggunaannya bagaimana.

Berawal dari perbedaan pengertian tersebut, pada kesempatan kali ini akan dibagikan beberapa ulasan singkat mengenai pengertian dari would rather, would prefer, prefer dan juga it’s time to test. Oleh karena itu tak perlu berlama – lama lagi, perhatikan beberapa ulasan berikut ini.

Would Rather

Would rather merupakan sebuah kata untuk mengungkapkan suatu hal atau kegiatan yang lebih disukai. Dengan adanya hal yang lebih disukai tersebut, artinya sebelumnya terdapat lebih dari dua opsi yang menjadi pilihannya. Would rather artinya lebih memilih, sehingga would rather ini biasa digunakan untuk mengungkapkan satu pilihan yang lebih disukai di antara pilihan yang lainnya.

Dalam penggunaan would rather ini biasanya digunakan sebagai kata kerja, yakni kata kerja bantu atau modal auxiliary verbs. Dalam pemakaian would rather ini biasanya memakai kata kerja dalam bentuk ke 1, yaitu untuk menyatakan pilihan pertamanya, sedangkan dengan pilihan yang lainnya dapat berupa sebuah kata kerja yang lebih dasar atau kata benda yakni noun.

Selain sebagai ungkapan untuk memilih, would rather juga bisa digunakan sebagai subjunctive yakni apabila diikuti dengan subjek dan juga predikat dalam bentuk past tense. Subjunctive ini memiliki fungsi untuk menyatakan suatu keinginan atau juga keadaan yang tidak terpenuhi oleh situasi yang bisa bertentangan dengan sebuah fakta, oleh karena itu would rather mempunyai rumus sebagai berikut.

  • Subject + would rather + verb 1 + noun + than + verb 1 + noun
  • Subject + would rather + verb 1 + than + noun

Dengan adanya rumus tersebut akan mendapatkan sebuah kalimat seperti contoh berikut ini:

  • Sinta would rather to read story books compared to magazines (Sinta lebih suka membaca buku cerita dibandingkan dengan majalah)
  • My father would rather to use a ride motorbike than a green one (bapak ku lebih suka menggunakan motor warna merah dari pada motor warna hijau)
  • Azam would rather to play robotic than play handphone (azam lebih suka bermain robot dari pada bermain hand phone)
  • My sister would rather playing with dolls than car toys (adiku lebih suka bermain boneka dari pada bermain mobil)
  • My mother would rather to cook meat than to cook vegetables (ibuku lebih suka masak daging dari pada memasak sayuran)

Would Prefer

Would prefer memiliki arti yang sama dengan would rather artinya, yakni sama – sama memiliki arti lebih suka atau lebih memilih. Ketika membahas mengenai preference yang lebih spesifik, maka would rather dan juga would prefer bisa digunakan salah satu dan dapat digunakan pula dalam paragraf yang sama dan saling menggantikan.

Dalam penggunaannya atau implementasinya biasanya menggunakan kata kerja bentuk pertama atau verb 1 yang diawali dengan subjek dan diakhiri dengan kata keterangan. Kata keterangan yang dimaksud bisa meliputi benda, kata kerja dan lain sebagainya, sehingga dapat memperoleh rumus would prefer sebagai berikut ini:

  • S + would prefer + to infinitive/noun + rather than + infinitive tanpa to/noun.
  • Subject + would prefer + to + Verb 1 + rather than / instead of + Verb 2

Contoh kalimat would prefer sebagai berikut:

  • He would prefer go tomorrow than go today (dia lebih memilih pergi besok dibandingkan dengan pergi pada hari ini)
  • I would prefer you over him (saya lebih memilih kamu dari pada dia)
  • My sister would prefer to eat bread than eat rice (adiku lebih memilih makan roti dari pada makan nasi)
  • My teacher would prefer to rest first rather than go straight home (ibu guruku lebih memilih istirahat terlebih dahulu dari pada langsung pulang)
  • He would prefer to walk rather than ride his bike (dia lebih memilih untuk berjalan kaki dari pada menaiki sepedanya)

Prefer

Prefer juga memiliki arti yang sama seperti would rather artinya yaitu lebih suka atau lebih menyukai. Kata ini memiliki penggunaan yang sama dengan would prefer yakni sebagai ungkapan untuk memilih antara dua pilihan.

Prefer sendiri sering kali dipasangkan dengan to untuk sebuah perbandingan, sehingga memperoleh sebuah rumus sebagai berikut ini:

  • S + prefer + to invinitive/gerund/to + invinitive tanpa to/gerund/noun

Dari rumus tersebut dapat memperoleh sebuah contoh kalimat seperti berikut ini:

  • My dad prefers burger king over regular burgers (ayahku lebih suka burger king dari pada burger biasa)
  • My friend prefers to ride a public car rather than a private car (temanku lebih suka menaiki mobil umum dari pada mobil pribadi)
  • My lecturer prefers students who are active in discussions than those who like to be silent (dosenku lebih suka dengan mahasiswa yang aktif dalam diskusi dari pada yang suka diam)
  • My parents prefer an honest child than a child who likes to lie (kedua orang tuaku lebih suka dengan anak yang jujur dari pada anak yang suka bohong)
  • I prefer to drink coffee than tea (saya lebih suka minum kopi dari pada teh)

It’s Time to Test

Berikut ini akan kami berikan contoh soal mengenai would rather, would prefer dan juga prefer. Cara pengerjaannya adalah, kamu hanya mengisi pada kolom yang disediakan dengan menggunakan kata would rather atau would prefer atau juga dengan prefer saja agar kalimat soal tersebut menjadi sempurna.

  1. I …. sleeping at night than sleeping during the day
  2. I …. old cellphones to new cellphones
  3. My boyfriend …. a vacation on the beach than climbing the mountain
  4. He …. me over you
  5. I …. to eat dry snacks than wet snacks

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan jika would prefer dan prefer mempunyai arti lebih memilih sedangkan would rather artinya lebih suka.

Jika kamu sedang belajar bahasa inggris, maka kamu perlu mempelajari rumus ini dengan benar agar tidak ada kesalahan dalam pemilihan dan penyusunan kalimatnya. Nah, itu saja penjelasan mengenai materi bahasa inggris kali ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Menawarkan Sesuatu Dalam Bahasa Inggris Dengan “Would You Like”

Cara Penerapan Would Rather dan Would Prefer dalam Bahasa Inggris Read More »

Scroll to Top