Search

Comparative Degree: Pengertian, Aturan dan Contoh Kalimat Bahasa Inggris

Comparative degree merupakan istilah dalam bahasa inggris, terutama dalam materi grammar. Istilah ini berfungsi untuk membandingkan dua hal, seperti benda, manusia, atau juga binatang. Agar lebih mudah memahami, cobalah simak contoh comparative degree berikut:

  1. John is smart.
  2. John is smarter than me.
  3. John is the smartest.

Ketiga contoh kalimat di atas, kita bisa belajar bagaimana cara membandingkan objek dengan yang lain. Nah, kamu bisa menggunakan tiga bentuk di atas. Jadi, dalam bahasa inggris, tiga bentuk di atas disebut sebagai degrees of comparison.

Jenis-Jenis Comparison Degree

Berbicara tentang degrees of comparison, kamu bisa melihat tandanya dari bentuknya, seperti apa sih tingkatan intensitas kualitas berdasarkan pada adjective atau kata sifat yang muncul dalam kalimat tersebut.

Dari contoh kalimat pertama, yaitu John is smart, jika diterjemahkan maknanya adalah “John itu cerdas.” Ini disebut dengan Positive degree of comparison. Contoh kalimat tersebut merupakan bentuk yang paling sempurna dalam adjective. Kalimat seperti ini juga menggambarkan kualitas, namun tidak manyatakan adanya perbandingan.

Lantas, bagaimana dengan contoh kalimat ke dua, yaitu John is smarter than me yang bermakna “John itu lebih cerdas dibandingkan aku?

Nah, contoh kedua ini sebenarnya adalah comparative degree. Kata sifat ini terbentuk karena adanya tambahan imbuhan belakang –er pada tingkat yang positif. Sehingga, mampu menggambarkan kualitas objek yang ada lebih tinggi dibandingkan objek yang lain. Itulah mengapa comparative degree pada kata smart adalah smarter.

Contoh yang ketiga, yaitu John is the smartest yang artinya adalah “John adalah yang paling cerdas” dibentuk dengan menambahkan kata est dibelakang kata positive degree. Kalimat ini menunjukkan adanya kualitas yang muncul dalam tingkat yang paling tinggi pada objek tersebut.

Aturan Dalam Penggunaan Comparative Degree

1. Pada Kata Adjective Dengan Akhir Huruf E

Kata sifat atau adjective yang berakhiran dengan huruf e, maka akan diimbuhi dengan huruf –er.

Contoh:

Wise menjadi wiser

Pure menjadi purer

Handsome menjadi handsomer

2.Adjective Dengan Huruf Terakhir Y

Kata sifat atau adjective yang berakhiran dengan huruf y, maka huruf tersebut akan digantikan i sebelum kemudian diberi imbuhan dengan er di bagian akhirnya, sebagaimana berikut:

Silky menjadi silkier

Glossy menjadi glossier

Sorry menjadi sorrier

3. Peraturan Menggunakan More + Adjective

Beberapa kata adjective atau adverb dapat dibuat dengan menambahkan awalan “more”.  Hal ini dikarenakan terdapat lebih dari satu suku kata.

Misalnya:

Economical – More economical

Triumphant – More triumphant

Quickly – more quickly

Fluently – more fluently

Kendati demikian, beberapa kata sifat bisa ditambah dengan cara imbuhan –er, atau diawali dengan more. Misalnya, kata “Intense” bisa berubah menjadi “Intenser” atau “More intense”

4. Perhatikan Pada Penggunaan Less Bukan Comparative

Biasanya, juga terdapat tambahan kata “less” sebelum kata sifat. Seperti misalnya kata berikut:

Less strong

Namun, ungkapan tersebut nggak ada kaitannya dengan comparison of the adjective, atau perbandigan seperti contoh yang lainnya.

Jadi, sudah jelas ya, kalau comparative degree atau comparative adjectives itu memang digunakan untuk membedakan dua objek yang berbeda (smaller, taller, stronger, bigger). Kata-kata tersebut digunakan dalam sebuah kalimat dimana terdapat dua benda/ noun yang sedang dibandingkan.

Maka, aturan untuk menulisnya adalah sebagai berikut:

Subject + Verb + Comparative Adjective + Than + Object

5. Perubahan Adjective One Syllable Consonant-Vocal-Consonant

Perubahan dalam satu kata atau one syllable. Adjective atau adverb akan mendapatkan akhiran –er karena terdapat adanya huruf konsonan dobel di bagian ujung kata. Kata yang tersusun dengan pola consonant-vocal-consonant tak lain seperti big, fat, hard, smart, hot, dan lainnya.

Berikut contoh comparative adjective:

  • Big menjadi bigger
  • Fat menjadi fatter
  • Hard menjadi harder
  • Hot menjadi hotter

Contoh comparative adverbs:

  • Fast menjadi faster
  • Slow menjadi slower

Jadi, akan terjadi perubahan bentuk dalam comparative degree. Adjective (kata sifat) dan adverb (kata keterangan) akan berubah bentuk karena digunakan untuk membandingkan objek.

6. Perubahan Pada Bentuk Irregular

Pada bentuk regular, adjective dan adverb mengalami perubahan bentuk dengan mengikuti pola yang ada. Sedangkan pada bentuk irregular atau tidak beraturan, maka bentuk kata-kata tidak lagi mengikuti pola.

Kamu bisa lebih lanjut melihattabel berikut, dimana kata adjective dan adverb akan mengalami perubahan dalam comparative.

Contoh Comparative Degree

  1. My house is smaller than yours.- Rumahku lebih kecil dibandingkan rumahmu.
  2. This box is heavier than others. – Kotak ini lebih berat dibandingkan yang lain
  3. The dog runs faster than mine. – Anjing itu berlari lebih cepat dibandingkan anjingku.
  4. I am taller than Rianna. – Aku lebih tinggi dibandingkan Rianna.
  5. Looks like that worker is more tired than others – Tampaknya pekerja itu lebih capek dibandingkan yang lain.
  6. If you want to pass the exam, it is important to study harder than before.- Kalau kamu mau lulus ujian, sangat penting untuk terus belajar lebih keras lagi dibandingkan sebelumnya.
  7. If you want to buy a new car, it is good to work harder than ever. – Kalau kamu ingin beli mobil baru, akan bagus kalo kamu bekerja dengan sangat gigih dibandingkan sebelumnya.
  8. This little girl is quicker to learn Japanese than me – Anak kecil cewek ini loh lebih cepet belajar bahasa Jepangnya dibandingkan aku.
  9. I am easier to forgive someone than you are – Aku lebih mudah memaafkan seseorang dibandngkan kamu.
  10. My score is worse than yours – Nilaiku lebih buruk dibandingkan nilaimu.
  11. You are more polite than yesterday – Kamu lebih sopan dibandingkan kemarin.
  12. Learning Korean is more difficult than learning Japenese – Belajar bahasa Korea itu lebih sulit dibandingkan belajar bahasa Jepang.

Kesimpulan

Nah, gimana? Sekarang kalian jadi tahu apa saja comparative degree dan seperti apa sih cara mengetahui comparative degree, mulai dari aturan yang harus ditambahkan juga aturan menggunakan istilah perbandingan tersebut. Untuk kamu yang masih bingung mempelajari bagaimana penggunannya, nggak masalah kok. Emang nggak bisa belajar bahasa inggris sekali doang, langsung dipahami.

Cobalah untuk membaca penjelasan berikut berulang-ulang. Atau, cobalah untuk menulis contoh tulisan tentang comparative di rumah. Misalnya, kamu bisa membandingkan dua objek yang ada di kamarmu dengan ukuran yang berbeda. Mungkin satunya lebih kecil atau lebih pendek. Tulislah dalam bahasa Indonesia, lalu cobalah untuk terjemahkan ke dalam bahasa inggris.

Kalo pengen lebih mahir bahasa inggris, terutama dalam membandingkan objek, maka cobalah untuk praktek. Misalnya, ketika sedang ada teman di rumah atau ketika kamu bersama dengan keluarga, sekali-kali bicaralah bahasa inggris dengan topik comparative. Dengan demikian, kamu juga akan bisa memahami maksud kalimat tersebut secara langsung karena sudah langsung berlatih. Semoga bermanfaat!

Agar proses belajarmu makin seru dan efektif, kamu bisa bergabung bareng 1000 siswa lainnya di Kampung Inggris Pare. 

Tidak hanya belajar, di sini kamu juga bisa langsung mengimplementasikan bahasa Inggris pada kegiatan sehari-hari. Sangat suportif bukan? 

Tunggu apa lagi? Yuk manfaatkan kesempatan mahir bahasa Inggris dengan cepat dan menyenangkan dengan kursus bahasa Inggris di Language Center Kampung Inggris Pare

Di sini ada pilihan program menarik buat kamu baik online maupun offline loh! Segera daftar sekarang yuk untuk dapatkan promo spesialnya!

Bagikan Ke Semua Orang Untuk belajar bersama

1 komentar untuk “Comparative Degree: Pengertian, Aturan dan Contoh Kalimat Bahasa Inggris”

  1. penjelasannya membingungkan. kalimat yg dipake ga efektif. jadi bingung bacanya butuh waktu lama. writernya tolong belajar nulis lagi yah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga lainya

Rasakan atmosfer belajar bahasa Inggris yang berbeda bareng ratusan siswa dari berbagai kota lainnya.

Ikuti Kami

Scroll to Top