Search

Sudah Tahukah Kamu Dasar-Dasar Pronunciation Bahasa Inggris? Simak Dan Kulik Informasi Ini!

Pronunciation adalah pengucapan bahasa Inggris, dimana pengucapan yang benar, tepat, dan jelas. Selain itu pronunciation bahasa Inggris juga dibutuhkan agar percakapan dengan turis atau native speaker menjadi lebih jelas, dan menghindari salah komunikasi yang dikarenakan salah sebut atau mispronoun. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberitahukan dasar-dasar dari pronunciation simak segera disini.

Kami juga akan menunjukkan cara untuk belajar dengan cepat dan benar untuk bisa menguasai pronunciation bahasa Inggris. Tidak mudah untuk menguasai pronunciation, dikarenakan kita bukanlah native speaker. Jika bukan native speaker bahasa Inggris, ada beberapa faktor penghambat lainnya, akan kami jelaskan nantinya disini.

Mungkin beberapa dari kalian sempat berpikir, mengapa kita memerlukan untuk pronunciation yang tepat? Mengapa harus bersusah payah untuk belajar pronunciation, dan asal sebut bahasa Inggris yang penting lawan bicara kita paham? Pronunciation yang tepat berguna agar kita bisa berkomunikasi dengan lebih baik dengan para turis, sehingga lebih mudah memahami, dan menghindari miskomunikasi.

Nah sangat penting bukan untuk manfaat, dan kegunaan dari pronunciation? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak detailnya pada artikel berikut ini.

Apa Itu Pronunciation?

Seperti yang sudah kami jelaskan tadi, pronunciation adalah cara pengucapan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris yang benar. Pronunciation yang benar haruslah tepat, jelas, dan juga mudah dipahami oleh pendengar. Pronunciation sangat penting, karena tanpa pronunciation yang benar, turis dan native speaker akan kesulitan memahami bahasa Inggris yang diucapkan, sehingga terjadi miskomunikasi.

Pronunciation adalah salah satu aspek dalam belajar speaking bahasa Inggris, dan aspek pronunciation bahasa Inggris adalah salah satu aspek yang paling sulit untuk dipelajari, terutama belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing, atau Foreign language. Meskipun sulit, tetapi tidaklah mustahil, karena pronunciation masih bisa diajarkan, dan dipelajari dengan beberapa metode.

Kesulitan dalam belajar pronunciation datang dari campuran dan efek oleh bahasa ibu, atau bahasa awal. Semisalkan bahasa awal kita adalah bahasa Indonesia, dan kita mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing, maka secara tidak sadar, pengucapan dan pronunciation kata bahasa Inggris yang kita lakukan akan tercampur dengan cara bicara, dan aksen bahasa Indonesia yang digunakan.

Hal ini yang menyebabkan aksen English yang unik dari setiap daerah dan negara, aksen unik bahasa Inggris, seperti Singaporean English, Indian English, Japanese English, dan lain sebagainya. Namun, jika ingin belajar pronunciation yang baik dan benar, untuk bisa berkomunikasi dengan turis dan native speaker, kami sarankan untuk mulai mempelajari pronunciation aksen British, atau American.

Manfaat Menguasai Pronunciation

Pronunciation Bahasa Inggris bermanfaat agar kita bisa tahu, paham, dan bisa mengucapkan kata atau kalimat bahasa Inggris yang baik dan benar. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, pronunciation berguna agar tidak terjadi miskomunikasi dengan native speaker, supaya kita bisa paham tentang tata cara pengucapan kata dan kalimat bahasa Inggris yang baik dan benar.

Tidak hanya itu, Pronunciation juga berguna agar kita terlihat lebih professional saat mengucapkan bahasa Inggris, dengan begitu native speaker bisa paham, dan menganggap bahwa kita bisa berkomunikasi bahasa Inggris dengan baik, karena pronunciation kita.

Jika Anda mencoba berkomunikasi bahasa Inggris dengan aksen Jawa, dan pronunciation English campuran dengan bahasa Jawa atau Indonesia, tentu turis asing akan bingung, dan mungkin bahkan tertawa mendengarnya. Karena itulah belajar Pronunciation Bahasa Inggris sangat penting, terutama jika tujuan utama Anda belajar bahasa Inggris adalah untuk bisa speaking, dan berkomunikasi dengan turis.

Apa Saja Materi Dasar Pronunciation?

Nah, sekarang akan kami ajari mengenai materi dasar pronunciation, apa saja yang perlu dipelajari sebagai dasar untuk belajar pronunciation agar bisa menguasainya dengan lebih cepat. Nah, simak di artikel kami berikut ini agar tidak ketinggalan materi, dan paham lebih jauh terkait dengan pronunciation.

Nah, untuk materi dasar dari pronunciation bahasa Inggris ada 5 dasar, yakni vowels, consonants, final sounds, popsounds, dan syllables. 5 dasar ini adalah yang paling simpel dari pengucapan dan pronunciation yang perlu dipelajari dalam speaking bahasa Inggris.

Vowels

Vowels adalah huruf vokal, yaitu A, I, U, E, O. Dalam bahasa Indonesia, huruf vokal akan diucapkan dengan simpel, namun dalam bahasa Inggris ada perbedaan dari beberapa pengucapan huruf vokal, sebagai contoh: “cat” dan “saw” sama-sama menggunakan huruf vokal a, namun pengucapannya berbeda.

Untuk bahasa Inggris ada total 22 perbedaan pengucapan vowel, dan mempelajari perbedaannya adalah salah satu kunci dasar untuk pronunciation. Lalu dari ke-22 vowel yang berbeda ini juga dibagi lagi menjadi 3 jenis yaitu Lax, Tense, dan Diphthong.

Consonants

Consonants, atau dalam bahasa Indonesia, Konsonan adalah huruf selain huruf vokal, namun dalam bahasa Inggris, consonants adalah suara pengucapan dari konsonan bahasa Inggris. Lalu consonants dalam pronunciation juga terbagi menjadi dua jenis yaitu, unvoiced dan voiced consonants, yang membedakannya adalah dibunyikan atau tidaknya.

Final sounds

Final sounds adalah suara akhir, atau yang bunyi akhir dalam satu kata bahasa Inggris. Semisalkan ketika kita mengucapkan “like” lalu apakah bunyi akhir itu “e” atau “k”? Kita perhatikan suaranya, bukan pada hurufnya, jadi tentu suara akhir atau final sounds dari kata like adalah K, karena pengucapan yang benar dari like adalah “Laik”.

Kita mempelajari final sounds untuk menghindari kesalah gunaan suara akhir dari suatu kata, karena terkadang suara akhir akan berbeda dari penulisannya. Untuk penulisan akhir, ada perbedaan dari penggunaan seperti vowels, baik itu tense, diphtong, dan voiced consonant, dan lain sebagainya.

Popsounds

Popsounds adalah suara letupan, atau suara pantulan ketika mengucapkan bahasa Inggris. Secara singkatnya, ada beberapa kata yang menggunakan pantulan, dan di akhir katanya akan terdengar memantul dan meletup.

Beberapa contoh kata bahasa Inggris yang menggunakan pop sound seperti: Cap, Lap, Lick, Wick, leak, got, seat, watch, catch, league, wig, cab, lab, god, seed, cadge, wadge.

Syllables

Syllabel adalah salah satu unit pronunciation yang dimana satu huruf vowel diapit oleh dua consonants, sehingga syllabel akan membentuk satu suara. Sebagai contoh seperti kata Closed, Open, Water, dan lain sebagainya.

Mempelajari syllabel penting, karena terdapat beberapa perbedaan pengucapan dari syllabel yang berbeda, dan bahkan aksen British, dan American juga memiliki perbedaan syllabel didalamnya.

Nah, itulah dia pembahasan lengkap mengenai materi dasar untuk mempelajari pronunciation dalam bahasa Inggris. Sangat penting untuk bisa mempelajari, dan mengetahui tentang pengucapan yang benar, sehingga kita bisa berlatih dengan tepat. Beberapa metode yang membantu dan efektif untuk belajar pronunciation seperti drilling, listen and repeat, serta tongue twister.

Nah itulah dia, materi dan artikel kami mengenai belajar materi dasar Pronunciation Bahasa Inggris sehingga kamu bisa belajar lebih lanjut dan menguasai pronunciation dengan lebih baik.

Bagikan Ke Semua Orang Untuk belajar bersama

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga lainya

Rasakan atmosfer belajar bahasa Inggris yang berbeda bareng ratusan siswa dari berbagai kota lainnya.

Ikuti Kami

Scroll to Top