GIF image
Search

Biodata Bahasa Inggris untuk Anak SD: Struktur dan Contohnya!

Biodata adalah sebuah teks yang berisi serangkaian informasi tentang diri. Pembuatan biodata ini biasanya menjadi pelajaran khusus di tingkat Sekolah dasar (SD). Tentu pembuatannya akan mudah jika menggunakan Bahasa Indonesia. Namun, bagaimana jadinya jika penulisan biodata harus ditulis dalam bahasa inggris?

Penulisan biodata bahasa Inggris juga bukan hal yang sulit dilakukan. Pasalnya kini terdapat berbagai Contoh Biodata Siswa dalam Bahasa Inggris yang bisa Anda pelajari. Mempelajari berdasarkan contoh akan membuat Anda lebih memahami dan mengerti serta akhirnya dapat mengaplikasikan terhadap pembuatan informasi diri.

Apa Itu Biodata?

Biodata merupakan serangkaian informasi yang berisikan identitas diri seseorang. Biodata terdiri atas fakta dalam kehidupan seseorang dan bukan bersifat opini. Biodata ini digunakan pada saat akan memperkenalkan diri kepada orang lain.

Biodata secara singkat berisikan nama, tempat, tanggal lahir, tempat tinggal atau alamat, agama, kebangsaan, nama orang tua, dan lain sebagainya. Penjelasan mengenai biodata ini diajarkan sejak pendidikan dasar yang akan digunakan hingga nantinya anak menempuh kegiatan profesional lain layaknya mendaftar pekerjaan atau pun mengikuti hal-hal lain.

Biodata dapat dituliskan menggunakan beberapa konsep layaknya narasi atau pun poin-poin. Tujuannya adalah sama yaitu menjelaskan dan memberi informasi kepada pembaca mengenai identitas diri seorang penulis.

Biasanya biodata akan lebih banyak dituliskan dalam bentuk narasi. Selain mudah dalam memberikan pemahaman biodata narasi dapat dikreasikan sesuai dengan suasana hati dan keinginan orang masing-masing. Hal ini nantinya dapat menimbulkan rasa ketertarikan dan penasaran bagi pembaca dalam menebak siapa yang menuliskan biodata tersebut.

Seberapa Penting Biodata?

Biodata digunakan seseorang untuk menuliskan keterangan-keterangan yang telah dibuat. Hal ini membuat biodata dapat menjelaskan kepada pembaca mengenai informasi apa yang dimiliki sebagai identitas seseorang. Tentu saja biodata juga dapat digunakan sebagai langkah untuk memperkenalkan diri kepada orang lain.

Tidak hanya hal tersebut, biodata ini akan selalu berguna dalam jenjang kehidupan selanjutnya. Dalam berbagai hal misalnya Anda harus menuliskan biodata untuk mengisi atau mendaftar sesuatu seperti pekerjaan, sekolah lanjutan, atau bahkan saat akan mengikuti beberapa event-event tertentu layaknya konser dan jenis event lainnya.

Biodata narasi misalnya, biodata ini memiliki serangkaian fungsi penting jika dibandingkan dengan penulisan biodata biasa. Bagaimana tidak, biodata narasi biasa digunakan untuk keperluan lomba menulis layaknya cerpen, puisi, atau jenis tulisan lain yang membuat biodata sebagai syarat utama mengikuti sebuah kepenulisan. Jika tidak menyertakan biodata maka peserta dapat dianggap gugur dan tidak boleh mengikuti tahapan perlombaan selanjutnya.

Biodata juga akan digunakan untuk keperluan penerbitan buku, pembuatan skripsi, dan juga beberapa karya yang telah dibuat. Kehadiran biodata ini adalah sebagai identitas pemilik karya tersebut dan jika ada pembaca yang menyukai sebuah karya maka dapat mengenal sosok penulis dan mengetahui bagaimana identitas penulis tersebut.

Selain itu, biodata juga biasa digunakan untuk keperluan pengiriman naskah ke media jika Anda ingin mengirimkan sebuah karya. Biasanya media meminta penulisan biara lengkap dengan segala macam informasi di dalamnya. Bentuk yang diminta sangat beragam mulai dari biodata narasi, biodata poin, hingga biodata yang telah disediakan template dan contoh biodata siswa dalam Bahasa Inggris sehingga Anda cukup mengisinya saja.

Apa Saja Biodata Dalam Bahasa Inggris?

Penulisan biodata dapat dilakukan dengan berbagai hal mulai dari memperhatikan isi yang ditulis hingga gaya penyampaian biodata. Biasanya orang akan mencantumkan dengan lengkap beberapa data seperti identitas diri (mencakup nama, tempat, tanggal lahir, alamat, nama orang tua, kebangsaan), sesuatu yang disukai (hoby, hal-hal favorit, dan juga hiburan), riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, prestasi, penghargaan, dan juga beberapa pengalaman hidup.

Penulisan biodata tersebut biasanya diperlukan dalam tingkat lanjutan untuk membuat pembaca lebih semangat dalam membaca karya yang Anda tuliskan. Penulisan biodata akan membuat orang mengenal latar belakang Anda yang sesungguhnya sehingga dapat digunakan sebagai ciri khas yang Anda miliki.

Penulisan biodata harus diperhatikan khususnya jika Anda ingin menuliskan dalam bentuk narasi di mana Anda harus menuliskan dalam bentuk sudut pandang orang ketiga. Sudut pandang orang ketiga adalah sudut pandang yang digunakan dengan menggantikan kata saya menjadi kata dia. Hal ini bertujuan untuk membuat kesan tidak sombong atas apa yang telah Anda tuliskan.

Penggunaan sudut pandang dalam penulisan biodata sebenarnya dikembalikan kepada masing-masing pengguna jika fungsinya hanya sebatas perkenalan diri. Namun, jika digunakan untuk tujuan profesionalitas seperti skripsi atau buku, maka Anda diwajibkan menuliskan biodata menggunakan sudut pandang orang ketiga.

Setelah menentukan jenis sudut pandang yang digunakan maka Anda bisa mulai menuliskan informasi dalam biodata. Satu hal yang harus diketahui dalam penulisan adalah ringkas, padat, singkat, dan juga jelas. Artinya, tuliskan hal-hal yang memang penting dalam diri Anda jangan bertele-tele. Pasalnya, biodata yang terlalu panjang hanya akan membuat pembaca atau pendengar bosan sehingga pesan utama justru menjadi tidak tersampaikan.

Sebagai panduan, Anda dapat menuliskan beberapa informasi penting seperti di bawah ini untuk memulai menulis biodata:

(a)   Nama asli, nama sapaan, atau nama panggilan

(b)   Tempat dan tanggal lahir

(c)   Kota asal atau alamat

(d)   Motto hidup

(e)   Nama orang tua

(f)    Hobi atau kegemaran

(g)   Cita-cita

(h)   Kontak yang dapat dihubungi

Contoh Biodata Siswa dalam Bahasa Inggris

Penulisan biodata tentunya begitu mudah dilakukan. Namun, saat dituntut untuk menggunakan Bahasa inggris basanya orang akan ketakutan dalam menyajikan informasi yang salah. Berikut merupakan contoh biodata siswa dalam Bahasa Inggris yang bisa Anda jadikan bahan pembelajaran:

Gambar contoh biodata siswa dalam bahasa Inggris

Selain menggunakan bentuk poin-poin seperti di atas, Anda juga dapat menggunakan bentuk narasi dalam pengisian biodata. Berikut contoh biodata siswa dalam Bahasa Inggris dalam bentuk narasi:

Berikut contoh biodata siswa dalam Bahasa Inggris dalam bentuk narasi

Berikut merupakan serangkaian hal yang harus diperhatikan dalam penulisan biodata. Belajar menggunakan Contoh Biodata Siswa dalam Bahasa Inggris akan membuat Anda lebih memahami setiap poin-poin yang harus dituliskan. Terus berlatih membuat biodata hingga akhirnya memahami dan lancar dalam pembuatannya.

Buat yang ingin buah hati tersayang Anda lancar bahasa Inggris, Kampung Inggris LC Pare sekarang menyediakan program unggulan baru English Smart Kids and Teens!

Program ini cocok buat anak SD hingga SMA yang mau memperdalam bahasa Inggris sejak awal, untuk menunjang kepentingan belajar atau berkarirnya di masa depan!

Kapan lagi kalau bukan sekarang? Yuk gabung English Smart Kids and Teens, Kampung Inggris LC Pare!

 

Bagikan Ke Semua Orang Untuk belajar bersama

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga lainya

Rasakan atmosfer belajar bahasa Inggris yang berbeda bareng ratusan siswa dari berbagai kota lainnya.

Ikuti Kami

Scroll to Top