Jika jaman dulu, banyak orang yang melamar kerja dengan mengirim surat lamaran mereka melalui jasa pengiriman seperti kantor pos atau diantarkan langsung ke perusahaan atau kantor yang ingin dilamar. Namun sekarang orang-orang mengirimkan surat lamaran pekerjaan mereka melalui e-mail atau surat elektronik.
Dengan menggunakan e-mail atau surat elektronik, kamu bisa lebih mudah dan hemat dalam mengirimkan surat lamaran pekerjaan yang ingin dikirim karena kamu tak perlu lagi menggunakan amplop dan perangko, tentu saja kamu tidak perlu mengirimnya secara langsung ke perusahaan atau kantor yang dituju.
Bagi pihak perusahaan pun dirasa lebih praktis jika surat lamaran dikirimkan melalui e-mail. Proses seleksi berkas yang dilakukan secara online akan mempermudah administrasi dan tentunya dapat mengurangi sampah kertas.
Ada beberapa syarat yang memang pelamar harus persiapkan sebelum mengirim surat lamaran melalui via email:
- Surat lamaran kerja, bisa dalam bentuk microsoft word maupun pdf
- Persiapkan daftar riwayat pekerjaan (cv)
- Scan KTP
- Scan ijazah, transkrip nilai
- Scan sertifikat
- Pas foto
- Surat lampiran lainnya
Bagaimana Cara Mengirimkan Surat Lamaran Kerja Via Email?
- Kamu bisa mulai dengan mengumpulkan lampiran atau berkas yang diperlukan sebagai persyaratan dalam satu folder yang kapasitasnya tidak melebihi 25 mb
- Gunakan email khusus atau dengan nama resmi untuk mengirimkan dokumen serta surat lamaran. Hal ini dimaksudkan untuk menampilkan citra diri yang profesional dan menghargai instansi yang dilamar.
- Teliti kembali nama email yang dituju. Jangan sampai mengandung typo, karena kalau hal itu terjadi maka tentunya email tidak akan terkirim di tujuan yang tepat.
- Tulislah subject email sebagaimana persyaratan dalam pengumuman lamaran kerja. Namun, bila tidak ada subject khusus maka bisa dituliskan nama dari pelamar
- Klik attachment untuk memasukkan dokumen-dokumen persyaratan secara lengkap.
- Jangan lupa untuk mengeklik tombol kirim apabila semua proses tersebut telah selesai
Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja
Berikut ini tips mengirim surat lamaran kerja:
1. Sebelum melamar kerja, pastikan kamu tahu potensimu terlebih dahulu
Sama halnya ketika memulai sebuah usaha, membuat surat lamaran kerja juga tidak boleh asal jika memang kamu ingin diterima sebagai staff atau pegawai di perusahaan atau kantor tersebut. Jika kamu generasi milenial atau gen-z yang sibuk mencari pekerjaan di berbagai perusahaan atau lembaga maka kamu tentunya harus rajin membuat surat lamaran kerja dengan baik dan benar.
Kesalahan yang dilakukan banyak orang saat melamar kerja adalah kurangnya pengetahuan maupun pemahaman yang berkaitan dengan potensi yang mereka punyai. Hal tersebut mengakibatkan banyak orang yang kurang maksimal dalam melakukan pekerjaan dan menyebabkan hasil yang kurang berkualitas.
Oleh karena itu, sebelum melamar pekerjaan akan lebih baik jika kamu bisa memahami tentang potensi dan passion yang kamu miliki. Jika potensi yang kamu miliki sudah berkembang dengan baik, maka kamu bisa mulai cari pekerjaan yang beriringan dengan passion yang anda punya. Potensi bisa kamu buktikan dengan sertifikat, maka akan lebih menguntungkan jika kamu bisa menambahkan lampiran dokumen dalam cv.
2. Langkah cermat dalam menulis cover letter atau surat lamaran kerja
Jadi bagaimana anda bisa menulis surat lamaran pekerjaan yang mampu menarik minat perusahaan yang dituju?
Ada banyak referensi atau contoh email Bahasa Inggris yang bisa anda gunakan. Supaya hasil yang didapatkan semakin maksimal dalam menulis surat lamaran pekerjaan, anda bisa ikuti beberapa langkah cermat di bawah ini supaya cv anda bisa dilirik oleh perusahan yang kamu minati.
3. Gunakan format yang baik dan benar
Mungkin banyak kesalahan yang sudah dilakukan para pelamar saat menulis cover letter atau surat lamaran yang berkaitan dengan format penulisan. Penggunaan simple present tense untuk mejelaskan maksud dan tujuan surat musti diperhatikan.
Hal tersebut harus dilakukan dengan maksimal saat menulis surat lamaran via email. Terdapat berbagai aturan formal penulisan yang biasanya ditentukan oleh perusahaan atau kantor yang dituju, misal penulisan pada subjek dan badan teks yang ada pada email tersebut. Kamu bisa perhatikan terlebih dahulu tentang aturan dan syarat yang dikeluarkan perusahaan saat mengungumkan lowongan kerja tersebut.
4. Hindari typo dalam surat lamaran
Salah satu kesalahan yang harus sangat diperhatikan saat menulis surat lamaran kerja adalah typo atau kesalahan penulisan kata. Faktor tersebut sangat mempengaruhi perusahaan berkaitan dalam melakukan penilaian karakter terutama pada tingkat ketelitiannya.
Jika terdapat typo, reputasi kamu mungkin bisa dinilai negatif bahkan mungkin dinilai sebagai pribadi yang kurang disiplin. Kamu bisa hindari hal tersebut terutama jika kamu mengirimkan surat lamaran via email.
Supaya kamu bisa lebih teliti, surat lamaran yang ingin kamu kirim akan lebih baik dicek berulang kali untuk menemukan typo di dalam surat.
5. Gunakan bahasa yang simpel dan jelas
Saat kamu mulai menceritakan ketertarikan di dalam surat lamaran, akan lebih baik jika jangan terlalu panjang dan ambisius – kamu bisa tampilkan sikap lebih elegan di dalam tulisan. Kamu bisa gunakan bahasa dan kalimat yang lebih simpel dan to the point, tidak berputar-putar dan mudah dipahami oleh pembaca.
Kamu bisa jelaskan secara singkat terkait diri sendiri dengan kecocokan posisi yang ingin kamu lamar. Format penulisan yang terdapat dalam kalimat pembuka ada harusnya berisi tentang kalimat sapa menggunakan pilihan kata simpel dan lebih elegan.
Pastikan jika kamu menuliskan darimana kamu mendapatkan informasi tentang lowongan kerja tersebut. Jangan lupa untuk disebutkan pihak yang kamu tuju secara jelas terkait jabatan atau divisi apa yang ingin kamu lamar. Sisipkan kata-kata seperti warm regard maupun sincerely untuk menunjukkan rasa hormat.
Informasi yang berkaitan dengan kemampuan dan pengalaman harusnya sesuai dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar bisa dicantumkan di dalam isi surat. Jangan lupa pada bagian terakhir/ penutup beri salam serta permohonan agar bisa diterima bergabung dalam perusahaan tersebut.
6. Jangan asal ambil tulisan dari internet
Satu hal yang bisa jadi langkah berbahaya adalah copy-paste tulisan atau isi surat lamaran yang anda dapatkan dari internet. Hal ini menjadi penting untuk menulis surat lamaranmu sendiri karena juga dokumen yang dibutuhkan merupakan representasi diri. Jika kamu lakukan pencarian yang berkaitan dengan penulisan surat lamaran kerja yang tepat, maka tidak ada salahnya.
Kamu bisa mengutip beberapa frasa yang dibutuhkan namun jangan menjiplaknya. Kamu bisa tulis sesuai dengan gaya bahasa yang baik, baku dan tepat. Bahkan anda juga bisa cari contoh email bahasa inggris.
7. Jelaskan kemampuan dan kelebihan kamu
Beberapa orang mungkin pernah mengalami fase rendah diri ketika sedang melamar pekerjaan, terutama jika terus mengalami penolakan. Hal tersebut bisa membuat rasa kurang percaya diri jika malah memberi kesan sombong. Kamu bisa mulai hilangkan ketakutan tersebut dan pastikan anda selalu merasa percaya diri.
Contoh Email Surat Lamaran Kerja Dalam Bahasa Inggris
Subject: Management Position
To Head of Human Resource Division
Gelas Merdeka
Jl. Soekarno-Hatta 20
Bulukumba
Dear Mr./ Mrs./ Ms.
Based on announcement from @BulukumbaNews Instagram, I know that PT. Gelas Merdeka is hiring for management position.
My name is Riska Elianor S.M. I interest and want to apply for this position.
I have bachelor degree for the qualification and also 2 years experience at the same position.
I am a hard worker, easy to adaptation, and ready for some preasure.
Please kindly check my curricullum vitae and portofolio in the attachment file bellow.
Warm Regard
Riska Elianor
Nah gimana, sudah bisa kan menulis surat lamaran kerja di email?